Cara Membuat Kerupuk Ubi Kayu Yang Renyah Dan Enak

Cara Membuat Kerupuk Ubi Kayu Yang Renyah Dan Enak

Hai kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat kerupuk ubi kayu kepada kalian. Adakah yang belum pernah mencobanya? Jika belum mari simak artikel berikut ini dengan seksama.

Kerupuk Ubi

Kerupuk Ubi

Adalah makanan yang terbuat dari ubi jalar yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

Cara Membuat Kerupuk Ubi Kayu Yang Renyah Dan Enak

Cara Membuat Kerupuk Ubi Kayu Yang Renyah Dan Enak

Bahan-bahan:

  • 1 kg Singkong Parut
  • Garam Secukupnya
  • 200 gr Tepung Tapioka
  • Siapkan Plastik lontong
  • Pewarna Makanan Merah secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Ubi Kayu Yang Renyah Dan Enak:

  1. Kupas, cuci bersih lalu di parut, tiriskan agar kandungan air berkurang. Tambahkan garam, tepung tapioka aduk rata. Masukkan dalam plastik lontong lalu ikat bagian ujungnya ataubisa juga adonan dibentuk bulat lonjong ukuran sedang. Lakukan hingga adonan habis lalu kukus, sampai matang. Angkat kemudian dinginkan.
  2. Larutkan pewarna Makanan dalam piring dengan beberapa sendok makan air aduk rata.
  3. Setelah dingin buka plastik pembungkus parutan singkong. Kemudian masukkan dalam cairan pewarna Makanan, gulingkan hingga merata dipermukaannya. Keringkan/ angin²kan seharian atau simpan dalam kulkas.
  4. Potong tipis² dengan pisau yang tajam adonan Kerupuk. Jemur sampai kering dibawah terik matahari.
  5. Goreng dan siap untuk pendamping hidangan.
Baca Juga: Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Balado

Manfaat Ubi

1.Mengendalikan Gula Darah

Termasuk salah satu bahan makanan yang memiliki skala indeks glikemik yang tergolong rendah. Ini artinya, kecepatan ubi jalar menjadi gula darah tidak terlalu tinggi yang berarti baik untuk kesehatan. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan adanya penurunan resistensi gula darah terhadap insulin pada penderita diabetes.

Para ahli menyarankan orang dewasa yang sudah menginjak usia lebih dari 19 tahun untuk mengonsumsi 22.4-33.6 gram serat setiap hari. Dengan mengonsumsi ubi jalar, Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan serat untuk mengatasi penyakit kencing manis ini.

2.Mengontrol Tekanan Darah

mengonsumsi makanan tinggi kalium dapat memberikan manfaat dalam mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, mengonsumsi ubi jalar memiliki manfaat untuk membantu Anda mengontrol kadar gula darah. Pasalnya, ubi jalar yang berukuran sedang saja memiliki kandungan 542 miligram (mg) kalium. Dengan begitu, mengonsumsinya dapat membantu Anda memenuhi 5% dari kebutuhan asupan kalium harian.

3.Mengurangi Risiko Kanker

Yaitu salah satu nutrisi yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2018 menyatakan bahwa antosianin, salah satu jenis antioksidan yang dapat Anda temukan pada ubi jalar, dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Tak heran jika mengonsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko Anda mengalami kanker prostat, kanker usus, hingga kanker payudara. Selain itu, ekstrak kulit ubi jalar juga memiliki sifat antikanker yang semakin memperkaya manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsinya.

4.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak heran jika mengonsumsi ubi jalar memberikan manfaat untuk mengurangi risiko peradangan dan obesitas. Selain itu, kandungan vitamin A dan E pada bahan makanan ini juga mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga menguatkan kemampuan tubuh melawan penyakit.

5.Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan antioksidan pada ubi jalar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buktinya, tak hanya melindungi tubuh dari risiko kanker dan mencegah peradangan, antioksidan pada ubi jalar juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan.

Hal ini disebabkan sebuah penelitian tahun 2018 membuktikan banyak antioksidan yang terdapat pada ubi jalar meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menyehatkan usus. Semakin banyak jumlah bakteri ini pada usus, semakin rendah risiko Anda mengalami irritable bowel syndrome (IBS) dan diare.

Itulah cara nembuat kerupuk ubi kayu. Mudah untuk di tiru dan pahami juga manfaatnya. Silahkan mencoba tapi hati-hati semoga berhasil dan semoga membntu. Terimakasih banyak.