Cara Membuat Kolak Ubi Takjil Berbuka Puasa

cara membuat kolak ubi

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat kolak ubi yang cocok dihidangkan saat berbuka puasa untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa sehari penuh.

Kolak merupakan salah satu menu makanan favorit yang tidak akan ketinggalan saat berbuka puasa. Makanan yang bisa menghilangkan dahaga dan sekaligus bisa membuat rasa kenyang bertahan lama ini banyak diburu oleh masyarakat saat mereka ngabuburit.

Namun ada sebagian orang yang tidak mau pergi jauh – jauh atau keluar rumah untuk membeli kolak ini, karena kolak bisa dibuat di rumah sendiri dengan rasa yang enak dan menghemat biaya. Jika kamu ingin membuat kolak tapi tidak tahu caranya simak cara membuat kolak ubi berikut ini dijamin tidak akan gagal. Berikut cara membuat kolak ubi :

Cara Membuat Kolak Ubi

cara membuat kolak ubi

1. Kolak Ubi dengan Santan

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg ubi ( bisa ubi ungu, ubi kuning, atau ubi putih )
  • 400 ml santan kental
  • 1/4 kg gula pasir
  • 1 sdt vanilli bubuk
  • Garam secukupnya
  • 1 lembar daun pandan

Langkah – Langkah :

  1. Kupas ubi lalu cuci bersih ubi tersebut, kemudian potong ubi sesuai selera.
  2. Rebus santan, gula pasir, pandan, dan garam dengan menggunakan panci. Tunggu sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih kemudian masukan ubi lalu tambahkan vanilli bubuk.
  4. Masak sampai ubi matang dan santan sedikit menyusut.
  5. Kolak ubi siap disajikan.

2. Kolak Ubi tanpa Santan

Bahan – Bahan :

  • 4 buah ubi
  • 2 lembar daun pandan
  • Gula pasir sesuai selera
  • 500 ml air
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 300 gram gula merah, sisir
  • Garam secukupnya
  • Vanilli secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Kupas ubi kemudian potong sesuai selera, rendam dalam air kurang lebih 5 menit.
  2. Panaskan air dengan menggunakan panci, tunggu sampai mendidih.
  3. Masukkan ubi, jahe, gula pasir, gula merah, dan daun pandan masak hingga ubi matang atau empuk.
  4. Tambahkan vanilli dan garam lalu aduk rata.
  5. Aduk rata kemudian matikan api.
  6. Kolak ubi tanpa santan siap untuk disajikan.

Mudah bukan untuk membuat kolak ubi di rumah bahan – bahannya pun tidak sulit untuk dicari bahkan mungkin di pasar dekat rumah anda banyak yang menjualnya.  Tidak banyak menggunakan bahan dan tidak banyak menguras energi dan mungkin jika kamu sudah pandai membuatnya bisa juga untuk menjadi peluang bisnis saat bulan puasa.

Banyak yang akan mencari kolak saat bulan puasa jadi jika kamu mau bisnis jualan kolak pasti tidak akan sia – sia dan bisa membuahkan keuntungan yang banyak. Kamu juga bisa membuat kolak dari berbagai varian topping agar pembeli tertarik pada kolak yang kamu jual.

Ubi yang menjadi bahan utama untuk pembuatan kolak ubi ini sejak zaman dahulu kerap dijadikan hidangan untuk keluarga atau tamu yang berkunjung ke rumah. Ini dipengaruhi karena menurut nenek moyang zaman dahulu mengatakan bahwa dengan memakan ubi bisa menguatkan tubuh saat beraktifitas.

Selain itu ada juga hasil dari berbagai penelitian mengatakan bahwa rajin mengkonsumsi ubi dapat mencegah berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita. Adapun dari hasil penelitian selain baik untuk kesehatan ubi juga bermanfaat untuk merawat tubuh atau kecantikan dan dapat menjadi salah satu cara untuk diet sehat.

Jangan lupa untuk mencoba membuat kolak ubi ini untuk keluarga anda di rumah atau juga bisa anda buat saat hendak berbuka puasa. Selamat mencoba dijamin tidak akan gagal karena cara membuatnya sangat mudah dan tidak banyak menguras energi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman – teman semua. Terimakasih.