Cara Membuat Kopi yang Enak dan Mudah

Kopi adalah salah satu minuman favorit banyak orang dari remaja sampai orang tua meski rasanya terkesan pahit, orang yang sudah terbiasa meminum kopi sehari-hari akan bisa menemukan kenikmatan dan kelezatan dari kopi. cara membuat kopi yang enak dan Resep kopi yang enak.

Tetapi tidak semua orang dapat membuat minuman kopi dengan hanya mencampurkan bubuk kopi dengan air panas ternyata ada cara spesial untuk menyeduh dan meracik kopi yang benar.

Kopi yang didibuat dengan benar tentu akan menciptakan aroma dan kenikmatan yang luar biasa Selain memilih kopi yang berkualitas, ada juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

Sejarah awal mula Kopi

cara membuat kopi yang enak dan nikmat

Pada tahun 800 SM untuk pertama kali di biji kopi temukan  ilmuan lain berpendapat bahwa Pada saat itu, banyak masyarakat di Benua Afrika mengolah biji kopi yang dicampurkan dengan lemak hewan dan anggur untuk melengkapi kebutuhan protein dan energi untuk tubuh.

kopi sendiri ditemukan secara tidak sengaja, ketika seorang gembala bernama Khalid yang mengamati sekumpulan kambing gembalaannya yang tetap terjaga bahkan sampai matahari terbenam, setelah memakan buah seperti buah beri.

Ia pun mencoba mengolah dengan memasaknya dan memakannya.Kebiasaan ini kemudian terus berlanjut dan berkembang sampai menyebar ke berbagai negara di Afrika namun metode penyajiannya masih menggunakan metode manual.

Barulah beberapa ratus tahun kemudian, biji kopi ini dibawa ke Arab dengan melewati Laut Merah dan tiba di daratan Arab dengan metode penyajian yang lebih maju dan berkembang.

Baca Juga : Cara Buat Karamel Gula Pasir dan Tips Anti Gagal

Cara Membuat Kopi yang enak

1.Cara Membuat Kopi hitam yang enak

Bahan:

  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kopi hitam (memuncak)
  • Air panas secukupnya

Cara membuat Kopi Hitam :

  1. Pertama pertama yang harus dilakukan untuk membuat secangkir kopi  hitam yang enak adalah dengan memanaskan air sebanyak dua cangkir sampai mendidih.Sebaiknya mengunakan air mineral supaya terhindar dari perubahan rasa pada kopi yang disebabkan oleh kandungan dalam air yang digunakan.
  2. Saat mulai menyeduh kopi, cukup gunakan api dengan ukuran sedang setelah itu, sebelum airnya mendidih tambahkan bubuk kopi segar ke dalam panci yang sedang digunakan. Lalu, aduk secara perlahan. Jika sudah mendidih, mematikan api.
  3. Bila anda ingin menyaring ampas kopi, anda dapat gunakanlah mug dengan filter dan tuangkan kopi secara pelan-pelan. Untuk mengeluarkan aroma kopi, angkat tinggi mug yang dituangkan kopi saat disaring.
  4. Gunakanlah cangkir berbahan dasar keramik untuk menjaga suhu kopi agar bertahan lebih lamaBerikutnya jika Anda  penikmat kopi hitam manis, masukkan gula ke dalam cangkir terlebih dahulu sebelum kopi dituang.
  5. Untuk cara yang terakhir membuat kopi yang nikmat, aduk aduk kopi yang telah dicampur gula. Namun, jika anda tidak  menambahkan gula , Anda dapat segera meminum kopi tanpa perlu mengaduknya lagi.

2.Cara Membuat Es Kopi susu yang enak

Minuman es kopi susu belakangan ini sering kita di jumpai di berbagai tempat.Anda dapat menemukan beragam macam es kopi susu dengan sangat mudah di berbagai tempat dan harganya pun sangat terjangkau.

Saking terkenalnya minuman ini, banyak yang awalnya gak suka minum kopi jadi ketagihan  minum Kopi. Ternyata cara membuat es kopi susu yang enak mirip dengan yang di caffe gak begitu sulit.

Bahan:

  • 100 ml air100 ml
  • susu full cream
  • 10 gram bubuk kopi
  • gula merah cair 5 sdm
  • 2 sachet krimer
  • es batu secukupnya

Cara mebuat Es kopi susu :

  1. Tuang bubuk kopi dan krimer ke dalam gelas tambahkan air mendidih dan aduk sampai merata.
  2. Tambahkan gula merah cair ke dalam gelas secara perlahan-lahan tambahkan susu ke dalam gelas sesuai selera dan aduk sampai merata.
  3. Cicipi sampai rasanya sesuai seleramu.
  4. Jika sudah sesuai selera, tambahkan es batu secukupnya.

3.Cara Membuat Es kopi susu keju yang enak

Bahan:

  • 100 ml air panas
  • susu cair 100 ml
  • 1 sachet kopi instan
  • gula aren cair 3 sdm
  • 2 sdm krimer bubuk
  • cream cheese secukupnya
  • 3 sdm bubuk cream cheese
  • 100 ml susu segar full cream
  • 3 sdm gula pasir
  • garam secukupnya
  • es batu secukupnya

4.Cara membuat Es kopi susu keju:

  1. Campurkan beberapa bahan seperi kopi, gula aren cair, creamer bubuk, dan air panas. Aduk sampai merata dan tambahkan susu sesuai selera.
  2. Tambahkancream cheese, bubuk cream cheese, dan susu segar dan kocok hingga mengentalan. Kemudian tambahkan gula dan sedikit garam.
  3. Tambahkan es batu ke kopi yang di buat tadi, tambahkan cream cheese di atasnya.

5.Cara Membuat Kopi Espresso yang enak

Espresso merupakan konsentrasi dari biji kopi yang berkualitas, untuk porsinya dibagi menjadi single  dan double shot suhu air yang digunakan untuk membuat kopi espresso adalah 93 derajat celsius.

Mesin espresso mempunyai pengatur waktu dan suhu, pastikan anda selalu buang sisa air dari mesin setiap membuat kopi espresso baru sampai tidak ada air tersisa.

Anda bisa menggunakan rok presso jika tidak mempunyai mesin kopi. Ada banyak cara alternatif untuk membuat kopi yang enak seperti yang dijual di cafe tanpa membutuhkan alat-alat yang mahal.

Alat dan bahan:

  • Cangkir untuk espresso
  • Rok presso
  • 12 gram kopi yang sudah digiling fine
  • Air Panas

Cara mebuat kopi espresso :

  1. Turunkan tuas rok presso.
  2. Rebus air hingga mendidih.
  3. Masukkan kopi ke rok presso.
  4. Tuangkan air ke rok presso.
  5. Perlahan angkat tuas rok presso ke atas, jangan terlalu cepat.
  6. Taruh cangkir untuk espresso di bawah portafilter.
  7. Tekan tuas rok presso sampai tidak ada air tersisa.
  8. Kopi Espresso siap disajikan .

6.Cara Membuat Kopi Americano yang enak

Kopi Americano merupakan salah satu minuman kopi hitam yang terkenal di Amerika. Aromanya harum seperti espresso, tetapi rasanya tidak terlalu pahit dan secara tampilan  crema pada kopi americano tidak banyak sebab sebagian besar terurai saat ditambahkan air panas.

Cara membuat Kopi Americano mudah karena tidak memerlukan banyak bahan dan alat yang dibutuhkan.

bahan:

  • Cangkir
  • Mesin espresso
  • 12 gram kopi yang sudah digiling fine
  • Air panas

Cara membuat kopi americano:

  1. Masukkan kopi ke dalam mesin espresso.
  2. Nyalakan mesin espresso.
  3. Rebus air hingga mendidih.
  4. Panaskan cangkir.
  5. Tuangkan espresso ke cangkir .
  6. Tambahkan air panas secukupnya.

Cara Membuat Kopi Capuccino yang enak

Kopi Capuccino merupakan kopi yang berasal dari Italia. Bahan dasar Capuccino adalah double shot espresso dan susu yang sudah di-steam.

bahan:

  • Cangkir kopi
  • Mesin espresso
  • 12 gram kopi yang sudah dihaluskan
  • Air panas
  • Susu
  • Steam pitcher

Cara membuat kopi capuccino yang enak:

  1. Masukkan kopi ke mesin espresso.
  2. Hidupkan mesin espresso.
  3. Siapkan susu ke dalam steam pitcher,isi separuh pitcher.
  4. Panaskan susu hingga kurang lebih 90 derajat celcius.
  5. Kocok susu menggunakan french press. Jika bisa menggunakan mesin espresso, gunakan frother hingga berbusa.
  6. Masukkan ujung frother dari permukaan susu.
  7. Hentikan saat busa sudah memenuhi pitcher.
  8. Tuang espresso ke cangkir .
  9. Beri beberapa jarak antara pitcher dan cangkir.
  10. Tuang susu yang sudah di-steam dan berbusa ke tengah.
  11. Saat menuang, perdekat jarak sambil mempercepat penuangan agar foam berada di atas dan terlihat cerah.

Manfaat Minum Kopi untuk Tubuh

cara membuat kopi yang enak dan nikmat

kopi hitam memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita. Kopi termasuk juga salah satu minuman paling disukai di dunia, salah satunya di negara kita yaitu Indonesia.

Bahkan Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini menyebabkan kopi tidak bisa terlepas dari budaya minum kopi masyarakat di Indonesia.

Kopi hitam tanpa gula terasa pahit. Tetapi, kopi hitam memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Untuk para penikmat kopi,kenikmatan kopi yang banyak dicari dan disukai ialah kenikmatan cita rasa sejati dari kopi. Ternyata, kopi hitam memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita.

1. Mengurangi stres dan depresi

Stres merupakan masalah serius untuk tubuh dan pikiran kita. Karena, stres merupakan salah satu penyumbang banyak masalah kesehatan yang serius.

Tetapi dengan minum kopi ketika anda sedang tegang atau resah kopi dapat meningkatkan suasana hati dan membuat segalanya menjadi lebih baik dan santai.

Kopi dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi serotonin, dopamin, dan noradrenalin, neurotransmiter yang sangat penting untuk meningkatkan suasana hati.

2. Membantu membakar lemak

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu membakar lemak dengan merangsang sistem saraf dan mengirim sinyal kepada sel lemak supaya segera memecah lemak didalam tubuh.

Penelitian tentang kopi menunjukkan bahwa dengan meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang berperan dalam membakar lemak.

Beberapa penelitian berpendapat  bahwa efek kafein dalam kopi dapat membantu membakar lemak lebih efektif pada orang yang memiliki lemak sedikit daripada orang yang memiliki lemak banyak.

Namun, ada kemungkinan efek ini kurang efektif bagi peminum kopi jangka panjang.

3.Meningkatkan fungsi otak

Manfaat minum kopi di pagi hari adalah meningkatkan fungsi otak selain itu Kopi mengandung kafein yang bersifat stimultan yang artinya, kafein langsung terserap ke aliran darah dan bergerak ke otak sesaat setelah seseorang minum kopi.

Karena itu, meminum kopi dapat meningkatkan fungsi kerja otak, termasuk daya ingat,dan fokus.

4.Meningkatkan kapasitas kinerja fisik

Manfaat minum kopi di pagi hari yaitu meningkatkan kapasitas kinerja fisik hingga 12 persen selain itu minuman berkafein seperti kopi dapat meningkatkan adrenalin dalam darah kita.

Sehingga, tubuh lebih siap beraktivitas fisik hal ini dipengaruhi efek kafein yang dapat memecah lemak di tubuh akibatnya, tubuh memiliki bahan bakar ekstra dari metabolisme lemak.

Jika anda yang ingin berolahraga atau melakukan aktivitas sebaiknya minum kopi hitam sekitar setengah jam sebelumnya.

5.Meningkatkan Efektivitas dalam Berolahraga

Kafein yang dikonsumsi dalam kadar sedang dapat meningkatkan performa Anda saat berolahraga.

Kafein mempunya manfaat baik untuk tubuh kita seperti melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekuatan otot, kebugaran, kekuatan, dan mengurangi rasa nyeri. Dengan manfaat kafein dalam minuman kopi anda dapat berolahraga  menjadi lebih semangat dan efektif.

6.Hidup Lebih Lama

Beberapa peneliti mengatakan bahwa orang yang minum kopi secara teratur memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami beberapa penyakit yang banyak ditemukan pada wanita.

Penyakit tersebut seperti diabetes, stroke, dan penyakit ginjal. Ketika kita terhindar dari beberapa penyakit tersebut, secara tak langsung kita memiliki hidup yang sehat dan juga umur yang panjang.

 

Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas

1.Mencium Aroma Biji Kopi

Cara pertama untuk memilih biji kopi yang baik yaitu dengan dengan cara mencium aroma dari biji kopi yang akan Kamu beli. Dengan cara ini, Kamu bisa mengetahui apakah biji kopi mana yangmemiliki kualitas yang baik.

Jika biji kopi memiliki aroma yang tebal, maka memiliki kualitas yang  bisa dipastikan baik. Bila sebaliknya,biji kopi tidak tercium wanginya, maka bisa dipastikan kualitasnya kurang baik.

2.Bandingkan Dengan Biji Kopi Lain

Meskipun anda telah mencoba dan merasakan dan cocok dengan salah satu jenis kopi dengan cita rasa tertentu, ada baiknya dan sangat disarankan untuk anda tetap mencoba biji kopi dengan jenis dan cita rasa yang berbeda.

Mengapa? Selain dapat menambah pengetahuan dan pengalam anda,karena hal ini dapat membuat anda lebih peka terhadap cita rasa dari kopi yang berkulalitas dan dapat membedakan mana kopi yang memiliki kualitas baik dan mana biji kopi yang memiliki kualitas yang buruk.

Untuk bisa mengetahui biji kopi mana yang berkualitas dan cita rasa yang bagus untuk anda beli dari agen kopi, maka seduhlah kopi tersebut tanpa menggunakan gula atau susu.

3.Cek tanggal roasting untuk biji kopi jenis roasted

Biji kopi yang segar akan menghasilkan cita rasa dan aroma yang enak dan biji kopi yang segar juga mengeluarkan  rasa yang khas. Untuk mendapatkan biji kopi yang berkualitas baik dan segar, sebaiknya biji kopi dikonsumsi dalam waktu 3 minggu dari tanggal roastingnya.

Biji kopi yang sudah melewati 3 minggu biasanya akan memiliki tampilan yang pudar, datar, menciut, dan bertepung dan kualitas dan cita rasa yang dihasilkan dari biji kopi yang tampilan yang pudar dan datar tidak sebaik biji kopi yang masih segar dan harum.

4.Biji kopi berkualitas dilihat dari warnanya

Ciri ciri pada biji kopi yang meiliki kualitas dan cita rasa yang bagus bisa diketahui dari warna bijinya.

Biji kopi yang tidak disangrai dan memiliki bintik hitam atau coklat agak gelap merupakan salah satu ciri-ciri adanya kerusakan pada biji kopi tersebut dan memiliki kualitas yang buruk.

Bintik hitam yang terdapat pada biji kopi yang berkualitas buruk adalah tanda adanya  jamur dan bisa menghasilkan racun aflatoksin.

5.Melakukan Pembelian Dengan Jumlah Kecil

Cara memilih biji kopi yang baik dan berkualitas yaitu dengan Melakukan Pembelian Dengan Jumlah Kecil cara berikut ini tentunya berlaku juga untuk mengukur anggaranmu.

Jika Kamu ingin memilih jenis kopi yang baru pertama kali Kamu temui, sebaiknya beli dalam jumlah kecil yaitu  2,5kg.

Jika Kamu sudah merasakan dan mencoba dan merasa cocok dengan bji kopi tersebut, maka Kamu dapat membeli dalam jumlah sesuai dengan yang Kamu perlukan.

6.Biji kopi berkualitas berasal dari pemanenan

Buah kopi yang sudah matang akan dipanen dan harus dilakukan pemilihan terhadap kualitasnya. Buah kopi yang baik akan menghasilkan cita rasa dan biji kopi yang berkualitas baik.

Ciri buah kopi yang berkualitas baik adalah mempunyai warna merah tanpa cacat,Biji kopi yang memiliki bintik hitam atau coklat agak gelap, isi buah tidak kosong,biji tidak terserang hama dan serangga.kopi yang berwarna hijau disortir dari buah kopi berwarna merah.

Selanjutnya, buah kopi yang sudah dipilih dikeringkan dengan alat pengering. Proses pengeringan memiliki tujuan untuk mengurangi kadar air dalam biji sehingga dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme atau serangga.

Buah kopi yang sudah kering dengan rata selanjutnya dikupas untuk memisahkan pulp dan kulit tanduknya. Proses pengupasan dilakukan dengan menumbuk dengan cara tradisional atau menggunakan mesin.

Nah, itulah beberapa cara membuat kopi dan resep kopi yang enak dan mudah yang dapat anda jual dan beberapa informasi mengenai manfaat biji kopi. Selamat berkreasi dan mencoba.