Cara Membuat Kue Bawang Ubi Ungu Yang Enak Dan Praktis

Hai kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat kue bawang ubi ungu. Semua orang pasti menyukai kue ini karena mudah dibuat dan yang pasti enak. Maka dari itu perhatikan kalimat dibawah ini sampai selesai.

Ubi Ungu

Ubi ungu merupakan jenis ubi jalar yang sering ditemui. Memiliki warna ungu gelap dengan rasanya yang manis dan gurih. Mengandung pigmen antosianin yang lebih tinggi daripada ubi jalar jenis lain. Pigmennya lebih stabil
bila dibandingkan antosianin dari sumber lain seperti kubis merah, elderberries, blueberries, dan jagung merah (Kumalaningsih, 2007).

Mulai dikenal menyebar ke seluruh dunia terutama negara-negara yang beriklim tropis. Pada abad ke-16 diperkirakan ubi jalar ungu pertama kali di Spanyol melalui Tahiti, Kepulauan Guam, Fiji dan Selandia Baru.

Cara Membuat Kue Bawang Ubi Ungu Yang Enak Dan Praktis

Cara Membuat Kue Bawang Ubi Ungu Yang Enak Dan Praktis

Bahan-bahan:

  • 500 Gram Ubi Ungu, direbus
  • 2 sdm Garam
  • 100 gr Bawang Putih
  • 1 sdm royco
  • 1 bungkus lada
  • 2 butir telur
  • 1 sdm margarine
  • 1/2 Sdm Baking Powder
  • 1 Kg Tepung Kanji
  • 100 gram Bawang merah
  • 1 Kg Tepung Segitiga Biru

Cara Membuat Kue Bawang Ubi Ungu Yang Enak Dan Praktis:

  1. Adonan Kue Bawang, Rebus hingga matang, lalu hancurkan hingga lembut, masukan bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, garam, lada, royco, margarine masak dengan api kecil hingga mendidih atau matang, lalu dinginkan, setelah adonan dingin masuka telur aduk hingga tercampur rata.
  2. Ayak tepung kanji, baking powdedan tepung terigu dalam satu wadah, Masukan adonan Kue bawang yang telah dingin ulenin hingga tercampur rata hingga tidak lengket.
  3. Tipiskan adonan menggunakan ampia, bentuk sesuai selera hingga adonan habis.
  4. Panaskan Minyak goreng, lalu goreng Adonan kue bawang yang telah di bentuk hingga matang, angkat dan tiriskan.
  5. Setelah dingin, masukan kue bawang kedalam toples agar tidak masuk angin, dan siap di santap.
Baca Juga: Cara Membuat Keripik Ubi Ungu

Manfaat Ubi Ungu

1.Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsinya dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Manfaat tersebut berasal dari kandungan kalium di dalamnya. Juga mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan antiinflamasi pada ubi ungu juga diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

2.Menjaga Berat Badan

Selain menurunkan kadar kolesterol, kandungan serat dalam ubi ungu juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga tepat untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau menjaga berat badan. Manfaat ini juga didukung oleh kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya.

3.Mencegah Kanker

Mengandung antosianin, yaitu zat pemberi warna ungu pada ubi dan bersifat antioksidan. Senyawa ini mampu melawan paparan radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker, terutama di ginjal, usus besar, dan payudara.

4.Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ubi ungu lainnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini berasal dari kandungan beta karoten yang tinggi di dalamnya. Tak hanya itu, kandungan vitamin C, zinc, dan tembaga pada ubi ungu juga dapat mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula.

5.Mengurangi Risiko Terjadinya Peradangan

Mengonsumsi ubi ungu diduga mampu mengurangi risiko terjadinya peradangan atau inflamasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

Kelebihan Lain Dari Ubi Jalar

Kandungan vitamin B yaitu B6 dan asam folat yang cukup mengesankan. Kedua vitamin ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan kerja otak sehingga daya ingat dapat dipertahankan. Kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, dan rendah kalori.Hal ini sangat menguntungkan bagi penderita diabetes karena bisa mengontrol atau memperlambat peningkatan kadar gula darah.

Sebagian besar serat ubi jalar merah merupakan serat larut, yang bekerja serupa busa spon. Serat menyerap kelebihan lemak/kolesterol darah, sehingga kadar lemak/ kolesterol dalam darah tetap aman terkendali. Oligosakarida yang tersimpan dalam ubi jalar ungu menjadi komoditas bernilai dalam pemerkayaan produk pangan olahan, seperti susu.

Demikian itulah cara membuat kue bawang ubi ungu. Dan juga beberapa manfaat dan kelebihan dari ubi jalar. Jika kalian berminat membuatnya semoga berhasil dan bermanfaat. Mohon maaf jika resep di atas tidak memenuhi kriteria yang anda cari. Terimakasih.

 

By WENING WULANDARI

Dalam kapasitas saya sebagai penulis di poskan.com, saya selalu memantau perkembangan teknologi, terutama di bidang teknologi informasi. Saya juga senang untuk terus belajar dan dengan gairah berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terkini kepada para pembaca.