Cara Membuat Lupis Ketan Betawi

lupis ketan betawi

Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara membuat lupis ketan betawi yang lezat dan sederhana untuk dihidangkan bersama keluarga anda dirumah. Makanan tradisional khas betawi ini memiliki rasa manis dan lezat, rasa manis dihasilkan oleh kuah gula merah serta kue ini terbuat dari bahan dasar ketan yang jika dimakan akan sangat legit apalagi ditambah dengan parutan kelapa.

Kue yang satu ini sangat wangi karena saat dikukus menggunakan daun pisang. Kue lupis betawi satu ini termasuk aneka kue basah yang banyak digemari masyarakat luas. Bentuknya juga bervariasi ada yang berbentuk bulat maupun bentuk segitiga tergantung kreativitas pembuatnya. Tapi, ada juga yang dikukus dengan plastik mungkin dibuatnya dengan seperti modern kali ya?.

Jenis kue lupis ada 4 jenis warna alami, diantaranya ada kue lupis ketan putih warna putih, kue lupis ketan hijau pandan berwarna ijo, kue lupis ketan hitam berwarna hitam atau ireng dan kue lupis warna-warni pelangi  yang telah di modifikasi dengan pewarna makanan. Jika anda tertarik ingin mencoba dan menikmatinya, mari kita simak artikel berikut ini.

Resep Cara Membuat Lupis Ketan Betawi

lupis ketan betawi

1. Lupis Ketan Putih

Bahan-Bahan

  • 150 gram beras ketan putih, rendam 1 jam, tiriskan
  • 1/4 butir kelapa setengah tua, kupas, parut kasar
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt air kapur sirih bisa juga buat kue lupis tanpa kapur sirih
  • Daun pisang dan tali bambu, untuk mengikat dan membungkus
  • 1/8 sdt garam

Bahan Kuah

  • 125 ml air bersih
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 1 lbr daun pandan wangi

Cara Membuat Lupis Ketan Putih

  1. Masukkanlah air kapur sirih ke dalam beras ketan, aduk rata. Siapkan satu lembar daun pisang, lalu bentuklah contong dan masukan ke dalamnya beras ketan.
  2. Kemudian, lilit satu helai daun menutupi contong dan lapisi dengan helai yang lainnya lalu ikat dengan tali bambu.
  3. Dalam waktu 5 jam, rebuslah di air mendidih sampai matang.
  4. Cara membuat kuah lupis yang enak : rebuslah air, daun pandan, dan gula merah sampai menjadi kental, angkat dan saringlah.
  5. Cara membuat kelapa parut yang gurih : Kelapa parut, garam, dan daun pandan kukuslah selama 1/4 jam saja. Lalu, gulingkan lupis di atas kelapa.
  6. Sajikan kue lupis dengan kuah gula merah. Mantap.

2. Lupis Ketan Hitam

Bahan-Bahan

  • 1/2 kg ketan hitam, dicuci bersih
  • 1/2 butir kelapa, diparut kasar
  • 1/4 kg gula merah
  • Daun pisang secukupnya, dipotong-potong selebar 7 cm
  • Air secukupnya, untuk merebus
  • 2 lembar daun pandan, dicuci bersih, dipotong kecil

Cara Membuat Lupis Ketan Hitam

  1. Gula merah direbus dengan air, lalu disaring dan simpan ke dalam wadah cantik dan bersih.
  2. Daun pisang yang sudah dipotong-potong lalu satu persatu dibakar-sambil-lewat, sebentar saja di atas api. Setelah itu di-lap dengan kain bersih.
  3. Satu persatu ujung daun pisang dibentuk corong berbentuk segitiga, diisi dengan ketan hitam yang sudah dicuci tadi. Banyaknya ketan hitam tiap daun pisang adalah 1 sendok makan saja. Lalu dilipat, rapat, jangan sampai ada celah sedikit pun dan terakhir dipatenkan dengan tusuk gigi atau lidi yang bersih.
  4. Rebus air di dandang bersama daun pandan, setelah mendidih baru masukkan lupis ketan hitam yang sudah dibungkus daun pisang tadi.
  5. Masak hingga lupis matang kira-kira selama 1 jam. Tiriskan dan sisihkan.
  6. Kelapa yang sudah diparut kasar tadi dikukus terlebih dahulu. Simpan di dalam mangkuk bersih.
  7. Buka lupis dari bungkusnya, lalu gulingkan di atas kelapa parut tadi hingga terbalur rata.
  8. Sajikan Lupis Ketan Hitam di atas piring cantik, ditata rapi dan hidangkan bersama gula merah saat akan dihidangkan.

 

Cara membuat Lupis ketan ini sama aja seperti membuat lupis ketan pada umumnya, tetapi lupis ini menggunakan ketan putih dan ketan hitam. Lupis ini sering kita jumpai didaerah Jakarta dan umumnya didaerah betawi sendiri. Demikianlah artikel ini jika anda ingin menikmatinya, anda dapat mencobanya dirumah bersama keluarga. Selamat mencoba semoga bermanfaat!!!