Cara Membuat Lupis Lontong Makanan Zaman Dulu

cara membuat lupis lontong

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat lupis lontong makanan zaman dulu yang sekarang mungkin sudah jarang ditemui atau bisa ditemui hanya di pasar – pasar tradisional saja.

Lupis merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, makanan ini dibuat dari beras ketan dan biasanya ditaburi dengan parutan kelapa atau dengan gula jawa yang sudah dicairkan ini menjadikan lupis mempunyai rasa yang manis.

Cara Membuat Lupis Lontong

cara membuat lupis lontong

Bahan – Bahan :

  • 500 gram beras ketan
  • 1 sdt garam
  • Daun pisang secukupnya
  • Cetakan lontong ukuran kecil
  • Air secukupnya untuk merebus

Bahan Pelengkap :

  • Kelapa parut
  • 300 gram gula jawa
  • 100 cc air

Langkah – Langkah :

  1. Rendam beras ketan selama 1 jam dengan menggunakan air, sisihkan.
  2. Sambil menunggu beras ketan rebus gula jawa menggunakan air, rebus sampai gula mengental.
  3. Potong daun pisang seukuran dengan cetakan lontongnya.
  4. Kemudia isi penuh cetakan yang sudah diberi daun dengan beras ketan hingga penuh. Setelah selesai kukus beras ketan tersebut selama kurang lebih 30 menit.
  5. Angkat dan keluarkan lupis dari cetakan. Lalu potong lupis kemudia sajikan dengan taburan kelapa parut dan gula jawa yang sudah dicairkan tadi.
  6. Lupis lontong siap untuk disajikan. Jangan lupa untuk menyajikannya disaat panas.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk membuat lupis lontong di rumah. Bahan – bahannya pun mudah untuk dicari di warung ataupun juga di pasar sekitar rumah anda. Jangan lupa untuk menyajikan lupis lontong untuk keluarga anda.

Mengenal Beras Ketan

Selain rasa manis yang didapatkan dari lupis ini tidak ketinggalan dengan manfaat yang terkandung didalam lupis yang berbahan utama beras ketan ini. Beras ketan merupakan jenis beras yang memiliki warna lebih putih dibanding dengan beras yang lain, tekstur yang dimiliki beras ketan keras dan memiliki ukuran lebih besar dari beras putih biasanya.

Beras ini masih termasuk kedalam jenis padi – padian namun jenis beras ini berbeda dengan yang lain karena jika dimasak beras ketan memiliki tekstur yang lengket. Maka dari itu banyak yang memanfaatkan beras ketan untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat makanan tradisional seperti kue lupis ini.

Manfaat Beras Ketan

Dalam 200 gram beras ketan mengandung 169 kalori, ukuran ini sesuai dengan asupan kalo yang sudah direkomendasikan. Selain itu beras ketan juga banyak dikonsumsi karena kandungan karbohidratnya yang lebih rendah jadi bagus untuk makanan saat melakukan diet.

Jika anda mengkonsumsi beras ketan secara rutin maka anda akan mendapatkan manfaat yang banyak setelah mengkonsumsi beras ketan ini . Manfaat beras ketan bagi kesehatan ialah membantu mengurangi resiko penyakit jantung, sebagai sumber energi, membantu menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, membantu menyeimbangkan proses metabolisme dalam tubuh, menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat, dan juga dapat membantu mencegah penyakit anemia.

Selain mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah beras ketan juga mengandung nutrisi seperti vitamin B6 dan tembaga yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan otak agar tetap sehat. Untuk itu konsumsilah beras ketan agar otak kita tetap sehat karena otak merupakan bagian terpenting dalam kehidupan.

Bagaimana ? Tidak sia – sia bukan mengkonsumsi beras ketan secara teratur. Tidak perlu khawatir bosan untuk mengkonsumsinya karena beras ketan ini dapat di olah menjadi berbagai menu makanan tradisional ataupun makanan modern yang tidak akan membuat bosan namun akan membuat anda menjadi suka dengan beras ketan.

Jangan lupa untuk mencoba membuat lupis di rumah dan anda juga bisa mencoba resep soto ayam kuning santan yang bisa anda sajikan bagi keluarga anda. Selamat mencoba.