Cara Membuat Mie Sendiri Dirumah yang Lebih Sehat dan Nikmat

Cara Membuat Mie – Selain nasi, mie juga menjadi sumber karbohidrat yang sering kita konsumsi sehari-hari. Baik itu dalam bentuk mie instan, mie kering, hingga mie basah. Tidak semua jenis mie sehat untuk dikonsumsi sehari-hari, terutama adalah mie kemasan.

Membuat mie sendiri di rumah menjadi salah satu alternatif yang dapat kamu ambil. Tidak sekedar lebih sehat, kalian juga dapat lebih menghemat, sebab mie dapat bertahan hingga beberapa hari.

Mie merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer dan sangat digemari. Selain bisa digunakan untuk pelengkap bebebarapa jenis makanan, mie juga bisa diolah menjadi bahan utama makanan.

Enaknya Mie Goreng maupun Mie Kuah dengan dipadukan racikan bumbu-bumbu yang tentunya pas akan sangat memanjakan lidah untuk penikmatnya. Berikut resep dasar pembuatan mie dan tips pembuatannya.

Cara Membuat Mie Sendiri Dirumah yang Lebih Sehat dan Nikmat

cara membuat mie

Bahan Bahan Cara Membuat Mie

  • 100 gram tepung mocaf
  • 100 gram tepung terigu protein tinggi
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt CMC (pengikat dari pati2an)
  • ¼ sendok teh natrium karbonat
  • 68 ml air
  • minyak goreng secukupnya

Peralatan yang Perlu Digunakan :

  • Markatto (alat pencetak dan pemotong mie)
  • Baskom /wadah plastik
  • Panci
  • Kompor
  • Ayakan
  • Timbangan

Langkah Langkah Cara Membuat Mie

  1. Campurkan tepung terigu protein tinggi, mocaf, garam, CMC, serta Natrium karbohidrat didalam wadah plastik.
  2. Tambahkan dengan air, aduk rata lalu gumpalkan.
    Giling adonan tersebut dengan gilingan mie dari ukuran terbesar sampai ukuran terkecil tiap ukuran gilingan, digiling hingga 2-3 kali sampai licin.
  3. Potong potong menggunakan gilingan mie yang telah disediakan.
  4. Rebus kedalam air mendidih hingga matang, lalu angkat dan lumuri minyak goreng, aduk hingga rata dan mie siap untuk dapat diolah.

Beberapa Tips yang Perlu Kalian Ketahui

  1. Ciri mie yang baik yaitu kenyal, warna mie rata, tidak mudah lembek apabila di rebus dan rasa mienya yang lembut :
  2. Sebelum digiling, diamkan adonan selama 15 menit supaya adonan tidak mudah putus, masukkan hasil mie yang telah digiling ke dalam plastik, suoaya warna tidak cepat berubah. Jika pada saat membuat adonan jangan terlalu kalis, sebab saat diroll adonan jadi akan bertambah kalis.
  3. Apabila terlalu kalis pada saat menguleni akan dapat menyebabkan mie menjadi liat, terlalu kenyal dan digigit tidak mudah putus.
  4. Membuat mie yang menggunakan tepung terigu dengan protein rendah memerlukan waktu perebusan yang singkat dibandingkan dengan mie yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu dengan protein yang lebih tinggi. Mie yang dibuat dengan tepung terigu berprotein rendah lebih cepat lembek apabila direbus sedikit lama.
  5. Pemberian natrium karbonat yang lebih banyak pada tepung terigu berprotein rendah dibandingkan dengan tepung terigu yang berprotein tinggi.
  6. Telur juga bisa ditambahkan ke dalam adonan mie sehingga citarasa mie menjadi lebih gurih, enak dan warnanya menjadi lebih kuning.
  7. Tutup adonan mie dengan plastik atau lap lembab supaya mie tidak kering dan putus saat digiling hal ini dilakukan lebih sering ya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda dan jangan lupa untuk mengunjungi mesin penepung diskmilk serbaguna