Cara Membuat Nastar Sederhana dan Mudah Untuk Keluarga!

cara membuat nastar Sederhana

Cara Membuat Nastar Sederhana Dan mudah Tambah Kandungan Gizi Nastar

Cara membuat nastar sederhana dan mudah-Dalam kesempatan ini saya akan memberitahu cara membuat nastar.Mari kita lihat dibawah ini.

Membuat Nastar Sederhana Dan mudah

Bahan-bahan

  • 800 gr tepung terigu Kunci Biru (bisa ditambah sampai Kalis)
  • 300 gr filma butter
  • 200 gr BOS
  • 150 gr gula halus
  • 50 gr tepung maizena
  • 8 kuning telur
  • 1 sendok teh baking soda
  • 50 gr susu bubuk boleh lebih
  • secukupnya selai nanas bulatkan

Bahan olesan

  • 2 kuning telur
  • 2 sendok minyak goreng
  • 1 sendok kental manis

Langkah

  1. Pastikan semua peralatan bersih dan kering.
  2. Campur butter dan gula halus dengan mixer kecepatan sedang hingga pucat dan sedikit mengembang.
  3. Masukkan telur satu per satu sambil terus dimixer dengan kecepatan rendah.
  4. Perlahan masukkan campuran tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking soda, sambil diaduk dengan spatula sampai kalis.
  5. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.Bentuk selai nanas menjadi bulatan kecil.
  6. Hal ini membantu saat pembentukan adonan agar rapi dan rapat (selai tidak merembes keluar bulatan)
  7. Tata rapi di loyang yang sudah diolesi tipis mentega atau dilapisi kertas baking. (saya merekomendasikan kertas baking karena akan mudah dicopot saat adonan matang.
  8. Oven pada suhu 150º api bawah selama 20 menit api atas 10 menit dan api atas bawah 20 menit.
  9. Keluarkan adonan dan tunggu dingin sebentar baru beri olesan. Saya beri tipis-tipis 2 sampai 3 kali olesan.. Setelah olesan pertama biarkan sedikit kering baru beri olesan kedua dan selanjutnya. Ini bertujuan agar warna nastar anda mengkilat.
  10. Masukan kembali ke dalam oven lalu panggang pada suhu 120º api atas bawah selama 10menit atau sampai olesan mengering.
  11. Keluarkan loyang dari oven, biarkan setengah dingin baru angkat nastar dari loyang agar nastar tidak remuk atau lengket yang bisa merusak bentuk nastar.
  12. Nastar siap disajikan.

Cara Membuat Selai Nanas

Bahan-bahan

  • 2 buah nanas ukuran besar
  • 250 gr gula pasir (kalau nanas nya manis bisa dikurangi ya)
  • 1 sendok teh vanilla
  • Sejumput garam

Langkah

  1. Langkah pertama so pasti kupas nanas nya ya mami, bersihkan nanas nya, potong2 lalu parut nanas tsb, atau kalo ga mau ribet boleh di blander ya, jangan sampe halus blander nya, blander asal hancur saja supaya si nanas masih ada serat2 nya.
  2. Panaskan wajan, atau panci, (api sedang) masukan nanas yg sudah di parut tadi, masukan gula, garam, & vanilla.
  3. Aduk2 sampai adonan selai mulai surut air nya dan mulai mengeluarkan oil.
  4. Kalau selai nya sudah berwarna kecoklatan dan agak berminyak matikan kompor, dinginkan, lalu masukan kedalam wadah, selai nanas siap di pakai.

Kandungan Gizi Kue Nastar – Cara Membuat Nastar

Berdasarkan Fatsecret, situs yang menghitung kandungan makanan, dalam satu buah potongan kue nastar mengandung kurang lebih:

Kalori: 75 kalori.
Lemak: 2,14 gram.
Karbohidrat: 12,66 gram.
Protein: 1,4 gram protein.

Jika dihitung dengan secara keseluruhan, sebagian besar kue nastar mengandung 68 persen karbohidrat, 26 persen lemak, dan 6 persen protein.Dengan kandungan ini, hanya dengan mengonsumsi 14 buah kue nastar kamu sudah mendapatkan 1.000 kalori.

Jumlah tersebut sudah sepertiga dari jumlah kalori kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang dewasa.Untuk beraktivitas normal selama sehari, yaitu sekitar 3.000 kalori.

Kalori Nastar Cukup Tinggi.

Selain bahan utamanya yang berupa tepung, nastar juga diolah dengan menggunakan bahan-bahan tinggi kalori lainnya.Seperti gula, telur, mentega, serta selai nanas. Bahan-bahan ini cenderung memiliki kadar kalori yang sangat tinggi.

Memang, kita juga bisa menemukan kandungan nutrisi lain seperti protein, vitamin, dan mineral.Namun keberadaan kalori yang tinggi inilah yang bisa membuat nastar kurang baik bagi kesehatan.

Sebagai informasi, jika kita mengonsumsi tiga buah kue nastar, maka kita sudah mengonsumsi sekitar 120-140 kalori.Jumlah kalori ini setara dengan satu piring nasi. Hal ini berarti, jika kita makan roti nastar dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang singkat.Risiko terkena kenaikan berat badan pun meningkat.

Selain itu, sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi kalori dan gula berlebihan juga bisa meningkatkan risiko diabetes.Padahal, diabetes bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, termasuk yang bisa menyebabkan kematian dini.