Cara Membuat Nugget Tempe Lembut, Enak, Sederhana

cara membuat nugget tempe

Kali ini kita akan mengulas gimana sih cara membuat nugget tempe yang lembut, enak, namun simple alias sederhana. oke let’s go..

Kamu Bosan dengan olahan masakan tempe yang digoreng biasa? apalagi punya banyak stok tempe tapi bingung mau dioalh menjadi apa,nah di artikel ini kita mengulas cara membuat nugget tempe, ya dengan bahan tempe, lembut dan enak pastinya.

Nugget tempe berbeda dengan nugget yang biasanya, nugget biasanya menggunakan bahan dasar daging yang di potong menggunakan mesin pemotong daging dan di haluskan, berbeda dengan nugget tempe yang menggunakan bahan dasar tempe untuk membuatnnya.

Membuat nugget tempe itu cuku mudah. tapi terkadang permasalahannya itu pada nugget yang dihasilkan kurang padat dan lembut karena tekstur tempe yang tidak benar-benar halus. Nah disini kita bisa membuat nugget tempe yang lembut dan padat.

cara membuat nugget tempe

Cara Membuat Nugget Tempe Lembut dan Enak

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 250 gr tempe
  • 2 batang wortel
  • 2 batang seledri rajang halus
  • 1 btr telur
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 btg daun bawang rajang halus
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam, atau secukupnya
  • 1 sdt gula pasir
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada bubuk

Bahan Pelapis

  • secukupnya Tepung panir kasar
  • 1 btr telur

Langkah-langkanya

Siapkan:

  1. Langkah persiapan yang pertama yang penting dilakukan adalah dengan mengolah tempenya terlebih dahulu. Silahkan siapkan sebuah tatakan, wadah dan sebuah pisau. Kemudian potong tempe dengan bentuk dadu dengan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan potongan tempe sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
  2. Kemudian untuk bahan wortel dapat kamu potong dengan berbentuk dadu sebagai campuran dari sajian nugget tempe nantinya. Selesai dipotong dadu silahkan cuci terlebih dahulu sampai bersih dan merata.

Nah, setelah persiapan diatas sudah dilakuakn maka langkah berikutnya kamu sudah siap untuk membuat sajian tempe nugget ini. Berikut cara membuat nugget tempe :

Cara Membuat Nugget Tempe

  1. Untuk membuat olahan nugget tempe kali ini dengan menyiapkan sebuah ulekan. Kemudian haluskan terlebih dahulu bawang putih bersama dengan garam.
  2. Kemudian aduk dengan merata.
  3. Masukkan potongan tempe kedalamnya dan ulek kembali oalahn ini hingga tempe hancur dan berubah menjadi halus secara merata.
  4. Aduk lagi dengan menggunakan sendok lidah atau juga bisa dengan sendok biasa agar bumbu halus tercampur dengan tempe secara merata.
  5. Siapkan wadah, kemudian masukkan tempe yang sudah dihaluskan kedalam wadah tersebut.
  6. Kemudian masukan tepung terigu kedalamnya dan tambahkan dengan gula pasir, telur, lada bubuk, kaldu bubuk dan ketumbar bubuk. Kemudian aduk semua sajian ini dengan merata.
  7. Masukan wortel yang sudah dicincang dengan merata serta masukkan juga potongan daun bawang dan seledri kedalamnya. Setelah itu, aduk-aduk semua hidangan ini dengan merata.
  8. Siapkan loyang/wadah dan masukkan adonan tempe nugget kedalamnya. Kemudian kukus dalam panci kurang lebih selama  20-30 menit hingga matang dan merata.
  9. Angkat nugget dan diamkan selama beberapa saat. Setelah dingin, silahkan potong dengan ukuran sesuai selera anda.
  10. Masukkan dalam bahan pelapis yaitu telur dan gulingkan sajian ini dalam tepung panir sampai semua bagian permukaannya terbaluti dengan tepung panir.
  11. Bekukan terlebih dahulu nugget tempe dalam Freezer.Kemudian goreng dalam minyak panas sampai sajian ini matang dengan merata.
  12. Nugget Tempe siap disajikan.
  13. Sajikan nugget tempe bersama dengan Cabe,Saus sambal atau dengan mayones.

TIPS

Sedikit tips dari kami agar olahan nugget tempe lembut yaitu Haluskan bahan tempe secara halus dan merata, agar supaya nantinya nugget tempe ini menjadi lembut dan tidak terasa keras.

Nah Sekian artikel cara membuat nugget tempe lembut nan enak yang bisa anda coba sendiri di rumah, semoga berhasil dan selamat mencoba…