Cara Membuat Nugget Udang Sedap dan Menyehatkan

cara membuat nugget udang

Cara membuat nugget udang merupakan pendamping makan nasi atau camilan yang bisa dengan mudah kita temukan di mana saja. Akan tetapi, jika kita sendiri yang membuat rolade pastinya akan mendatangkan kebanggaan karena keberhasilan.

Apalagi, kalau rasanya yang dihasilkan sangat enak dan sesuai dengan apa yang kita harapkan akan menjadikan kita percaya diri untuk dihidangkan palagi pada keluarga. Nugget ayam kukus juga sangatlah higienis dan juga sehat karena sangat terjamin semua bahan dan proses saat pembuatannya

Berikut Cara Membuat Nugget Udang yang Telah Menjadi Primadona

Bahan

  • 250 gram udang (kupas, haluskan)
  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang (cincang halus)
  • 2 lembar roti tawar (hancurkan)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu Halus

  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 lada bubuk
  • Gula (secukupnya)
  • Penyedap rasa (secukupnya)
  • 3 siung bawang putih (haluskan)

Bahan Lapisan Luar

  • 1 butir telur
  • Tepung roti (secukupnya)

Cara Membuat Nugget Udang :

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Kemudian campurkan udang, tepung terigu, tepung sagu, dan roti tawar yang telah dihancurkan, telur dan daun bawang.
  3. Aduk bahan hingga merata yang telah tercampur lalu tambahkan bumbu halus ke dalamnya.
  4. Aduk rata dan pastikan bumbu telah tercampur rata.
  5. Kemudian masukkan adonan nugget yang telah jadi ke dalam loyang kemudian kukus kira-kira selama 30 menit.
  6. Setelah itu kemudian angkat adonan nugget yang telah matang lalu masukkan ke dalam lemari pendingin supaya teksturnya semakin padat atau keras.
  7. Potong nugget sesuai dengan keinginan atau selera kemudian celupkan ke dalam telur yang telah dikocok lepas.
  8. Gulingkan adonanan nugget yang telah dicelupkan ke telur ke atas tepung roti.
  9. Setelah itu kemudian panaskan minyak lalu goreng nugget hingga matang berwarna kuning keemasan.
  10. Nugget telah matang dan siap untuk disajikan.

Sumber Serat yang Terdapat Pada Udang

1. Kaya Sumber Omega-3

Udang telah dikenal sebagai penghasil sumber asam lemak omega-3 yang memiliki kandungan eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). DHA asam lemak begitu sangatlah penting bagi janin yang sedang tumbuh sebab membantu perkembangan otak, sistem saraf pusat, dan mata.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan laut melahirkan anak-anak dengan keterampilan kognitif dan perkembangan saraf yang lebih baik.

2. Asam Amino yang Berlebih dan Protein

kurang lebih sekitar 75 persen bagian dalam udang yang dapat dimakan adalah air. Sekitar 25 persen sisanya, 80 persennya merupakan protein. 100 gram udang segar memiliki protein sekitar 19,4 g.

Udang juga kaya akan kandungan asam amino, yang harus dikonsumsi dari sumber makanan eksternal. Asam amino berfungsi bagi tubuh kita membentuk massa otot yang buat Anda jadi lebih kuat saat mengandung.

3. Vitamin Esensial dan Mineral yang Melimpah

Udang memiliki serat Kalsium, potassium, sodium, dan magnesium merupakan mineral penting selama kehamilan. Serat tersebut berfunsi sebagai kesehatan tulang, mengatur produksi enzim, dan menjaga keseimbangan cairan. 100 gram udang segar memberi sekitar 100 miligram kalsium, 300miligram fosfor, dan 40μg selenium.

4.Astaxanthin

Astaxanthin adalah salah satu karotenoid yang berperan sebagai antioksidan dan anti peradangan. Udang merupakan salah satu sumber terbaik dari astaxanthin yang juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus dan diabetes serta meningkatkan sistem imun tubuh.

5.Selenium

Udang merupakan salah satu sumber alami terbaik dari mineral yang bernama selenium. Dalam tiap 4 ons udang memiliki kandungan kurang lebih 56 mcg selenium. Kekurangan selenium juga mampu menambah resiko gangguan penyakit jantung, serangan jantung, hingga diabetes tipe 2.

Mungkin sekian artikel yang saya berikan saat ini mungkin jika ingin melihat artikel lebih jelasnya bisa membaca artikel cara membuat nugget ayam jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih