Cara Membuat Odading Sunda

Cara Membuat Odading Khas Sunda

Cara Membuat Odading Sunda

Halo teman teman semua udah berapa lama nih dirumah? kita buat cemilan  aja yuk buat ngemil dirumah. nah pada kesempatan ini kita akan membahas Cara Membuat Odading Sunda. pasti sudah gak asing dong kalian dengan yang namanya Odading? Ya, Odading Mang Oleh yang viral karena video promosinya yang kocak dan menghibur di media sosial membuat Odading ini sangat dicari banyak orang.

Cara membuat dan bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan-bahan :

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 buah telur
  • 60 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 60 gram susu full cream
  • 100-200 ml air

Cara Membuat Odading :

1. Pertama, larutkan ragi instan ke dalam air hangat. biarkan sampai berbuih.

2. Langkah selanjutnya, campurkan semua adoan kering, lalu sisihkan.

3. Kemudian kocok telur dan gula sampai gula larut. masukkan ke dalam adonan kering dan campur rata. tambahkan larutan air, ragi instan, serta full cream. aduk sampai kalis.

4. Istirahatkan adonan dan tutup dengan kain lembap atau plastik selama 20 menit.

5. Setelah itu, potong adonan dan goreng dengan api sedang. goreng sampai coklat keemasan. Setelah itu sajikan selagi hangat.

Pelajaran Bisnis dari Cara Membuat Odading Sunda

1. Memanfaatkan Teknologi

Viral adalah sebuah fenomena yang terjadi dalam dunia internet. Ada banyak penjual kue odading dan kue sejenisnya di Bandung dan di luar Bandung. Namun, tidak semua penjual tersebut mencoba memanfaatkan teknologi seperti yang dilakukan oleh Ade Londok.

Dalam mempromosikan kue odadingnya tersebut, Ade Londok menggunakan teknologi berupa handphone yang dapat merekam video serta menyebarkannya di media sosial. Keunikan video itu kemudian mendapatkan tanggapan dari para pengguna media sosial lainnya.

2. Pemasaran Tidak Selalu Mahal

Apa yang dilakukan oleh Ade Londok dapat dikategorikan sebagai aktivitas pemasaran. Ridwan Kamil menjulukinya dengan sebutan “S3 Marketing Indonesia”.

Ade Londok menunjukkan bahwa kegiatan promosi tidak selalu mahal atau mengeluarkan biaya untuk memasang iklan hingga membayar food vlogger. Dengan kreativitasnya mengolah kata-kata, Ade Londok melakukan promosi dengan ongkos yang efisien.

3. Peluang Usaha Mikro/Kecil

Dalam persaingan mendapatkan pelanggan makanan, peluang tidak hanya dimiliki oleh usaha berskala menengah atau besar. Usaha mikro atau kecil seperti kue odading Mang Oleh juga memiliki peluang untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Dalam skala apapun, sebuah usaha atau bisnis memiliki harapan untuk berkembang dan mendapatkan momentum bisnisnya. Berbagai laporan media menyatakan bahwa kue odading Mang Oleh itu sudah ada sejak 20 tahun lalu.

4. Proses ATM

Video kue odading Mang Oleh bukanlah video promosi makanan yang pertama yang ada di internet. Sebelumnya, sudah ada banyak sekali video promosi makanan yang dilakukan oleh food vlogger profesional atau amatir.

Proses yang dilakukan oleh Ade Londok ini sebenarnya adalah proses “amati, tiru dan modifikasi” (ATM). Bukan tidak mungkin, secara tidak sadar, Ade Londok mengamati dan meniru video-video serupa yang sudah beredar terlebih dulu.

Ade Londok kemudian memodifikasinya dengan mengolah kata-kata dengan meramu Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda bahkan bahasa Inggris. Ditambah dengan faktor keberuntungan, video kue odading “Iron Man” menjadi viral dan mengundang orang untuk membeli produk itu.

Gimana teman-teman menarik kan membahas odading khas sunda yang sedang viral ini? dari sejarah sampai macam-macam sebutan odading di indonesia ternyata banyak banget ya, apalagi ada penjelasan untuk kesehatan juga jadi kita bpleh saja mengkonsumsi odading namun jangan berlebihan ya semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua.