Cara Membuat Omelet Telur Untuk Diet Agar Tidak Menambah Kalori

cara-membuat-omelet-telur-untuk-diet

Artikel ini akan membahas tentang Cara Membuat Omelet Telur Untuk Diet yang cocok sekali bagi kalian yang sedang diet namun bingung hidangan apa yang harus di santap saat diet.

Apa itu Diet?

Umumnya, diet dianggap sebagai salah satu cara untuk meraih kualitas kesehatan yang lebih baik, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan atau berkiatan dengan tindakan medis, maupun hanya sekedar memperbaiki penampilan.

Namun pada dasarnya, selain alasan kesehatan, upaya untuk menurunkan berat badan menjadi alasanya yang kerap banyak diutarakan orang. Kebanyakan diet yang dipilih kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan ini pun terbilang sulit atau berat.

Pada masa kini jenis diet ada beragam karena sudah menjadi tradisi beberapa orang melakukan diet untuk hidup sehat. Beram pula cara diet yang bisa dikenal secara luas. Orang yang melakukan program diet pun tidak sedikit terutama masyrakat yang terbilang sangat popular dan dijalankan oleh masyarakat yang memang selalu menjadi pusat perhatian.

Semakin hari, metode diet terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan juga teknologi. Cara diet pun juga berubah menjadi lebih modern.

Nah karena artikel ini membagikan tentang cara membuat omelet telur untuk diet, simak dulu tips membuat omelet telur pada masa diet. Jika ingin masakan lain selain telur bisa mencoba dimsum kukus yang juga bisa dinikmati untuk diet  karena cara membuat dimsum ayam kukus tidak menggunakan minyak

Tips Cara Membuat Omelet Telur Untuk Diet

cara-membuat-omelet-telur-untuk-diet

1. Gunakan Putih Telur

Biasanya cara membuat omelet telur dengan menggunakan satu butir telur utuh. Agar kalorinya berkurang, bisa memilih putih telurnya saja. Dengan cara ini kalian bisa mengurangi kalori yang terkandung dalam telur

Putih telur juga tinggi protein dan sangat berperan penting dalam membangun otot, tulang, kulit dan darah. Putih telur juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Dan yang terpenting, putih telur tidak mengandung kolesterol.

2. Pilih Isian Omelet yang Sehat

Omelet Telur memakai isian keju,daging, sosis pada kebanyakan orang. Agar kalori pada omelet tidak berlebihan sebaiknya kurangi menggunakan isian daging ataupun daging olahan kedalam omelete, seperti sosis, daging asap, dll.

3. Tambahkan sayuran pada omelet telur

Sayuran mengandung mineral, vitamin dan juga serat. Beberapa sayuran seperti bayam merah, jamur shitake, brokoli, wortel, kembang kol, kol dan seledri cocok dipadukan dengan omelet. Serat yang terkandung di dalam sayuran dapat membantu tekan nafsu makan diantara jam makan siang.

4. Gunakan minyak/mentega untuk membuat omelet telur versi diet

Keduanya sama-sama mengandung lemak yang dapat menambah kalori. Mentega lebih rendah kalori ketimbang minyak kelapa sawit. 100 gram mentega mengandung 742 Kkal sedangkan 100 gram minyak kelapa sawit mengandung 884 Kkal.

3. Gunakan telfon

Jika sama sekali tidak ingin menambah kalori yang dihasilkan dari minyak dan mentega untuk menggoreng, satu-satunya cara adalah menggunakan teflon anti lengket untuk menggoreng omelet. Meskipun Anda tak menambahkan minyak sedikit pun, omelet tidak akan menempel di teflon ketika dibalik.

Cara Membuat Omelet Telur Untuk Diet

Bahan-Bahan

  • 2 butir telur
  • 2 bh jamur shitake (iris)
  • 1 Batang daun bawang (iris)
  • 3 Batang seledri (iris)
  • 1/2 bh wortel organic (parut dgn parutan keju)
  • 3 sdm minyak sunflower
  • Bumbu halus :
  • 3 bh bawang putih
  • 6 bh rawit merah

Cara Membuat Omelet Telur Untuk Diet

  1. Kocok Telur dalam wadah dan garam sedikit saja
  2. Tumis Bawang putih, cabai rawit, Jamur,dan Wortel sampai matang. setelah matang sisihkan
  3. Masak Telur diatas teflon anti lengket atau beri minyak sedikit agar telur tidak menempel. masak seperti memasak telur dadar biasa. Jika sudah matang letakan diatas piring dan taruh isian yang sudah ditumis tadi keatas telur. Lipat dua telur agar isian tertutup dan siap disajikan. Jika telur ingin lebih tebal bisa mencoba digulung telurnya dan bisa liat artikel cara membuat telur dadar gulung