cara membuat pangsit ayam

Pada kali ini saya akan memberikan beberapa cara membuat pangsit ayam. Yang mana makanan pangsit ini selain rasanya gurih, enak, mudah untuk kita buat, dan juga mudah untuk kita temukan. Makanan ini juga sangat digemari banyak orang karena cocok juga untuk dijadikan cemilan yang disantap bareng keluarga ataupun rame-rame bersama teman sambil duduk santai.

Sekilas Tentang Pangsit

Pangsit adalah salah satu makanan yang berupa daging cincang dan dibungkus dengan lembaran tepung terigu. Kemudian direbus sebentar, dan pangsit pada umumnya dihidangkan di dalam kuah sup. Tapi selain direbus, pangsit juga bisa digoreng dengan minyak goreng yang cukup  banyak sama seperti menggoreng kerupuk.

Isi pangsit umumnya dibuat dari uadang, daging ayam, atau sayuran. Kalau di Indonesia, isi pangsit terutama dibuat dari bahan dasar udang atau campuran daging ayam dan udang dengan tambahan bawang bombay, jehe, dan bawang putih yang dicincang. Dan untuk bumbu isi pangsit bisa berupa kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen.

Berbagai makanan Indonesia yang memakai pangsit, semisal: pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit, dan cwie mie. Tentu pada hidangan mi pangsit kuah, pangsit sering dihidangkan terpisah dalam mangkuk kecil. Selain dari itu, pangsit ini biasanya juga disajikan bersama semangkuk bakso daging sapi. Akan tetapi kebanyakan yang menggunakan pangsit sebagai tambahan isi bakso yaitu bakso malang.

1. Cara Membuat Pangsit Ayam

cara membuat pangsit ayam

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

  • 2 ons daging ayam giling
  • 1 bungkus kulit pangsit siap pakai
  • 2 batang daun bawang, iris tipis-tipis
  • 2 sendok makan saos tiram
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok makan tepung sagu tani
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Daging ayam giling dicampurkan dengan daun bawang iris, saos tiram, kaldu bubuk, lada, dan tepung sagu. Aduk-aduk merata sampai tercampur semua.
  2. Kemudian ambil 1 sendok teh adonan dan taruh di selembar kulit pangsit, lalu lipat sesuai kreasi dan imajinasi anda. Lakukan sampai semua adonan habis.
  3. Panaskan minyak, setelah minyak panas, kecilkan api, masukan pangsit, dan goreng hingga kecokelatan.

2. Cara Membuat Pangsit Ayam Kuah

cara membuat pangsit ayam

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

  • 250 gr fillet dada ayam
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm tepung sagu tani
  • 1 butir telur (putihnya aja)
  • secukupnya Royco ayam
  • Kulit pangsit siap pakai

Bahan Kuah Sup :

  • 1 sdt isian pangsit
  • secukupnya Air
  • sesuai selera Daun bawang
  • secukupnya Garam, penyedap, gula, royco
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Daging ayam yang sudah dihalusakan kemudian masukkan bawang putih, telur, tepung sagu tani, royco ayam, lalu diaduk hingga semuanya tercampur rata dan koreksi rasa
  2. Siapkan kulit pangsit kemudian beri isian dan bentuk sesuai dengan selera. Didihkan air lalu masukkan pangsit tunggu sampai matang, angkat dan tiriskan. Sisakan adonan isi 1 sdt untuk membuat kuah.
  3. Dalam wadah terpisah panaskan minyak dan tumis sisa adonan isi sampai harum, lalu tambahkan air (jangan air bekas rebusan pangsit ya) sesuai selera, garam, penyedap, gula, royco ayam dan sedikit lada. Koreksi rasa. Tunggu sampai mendidih lalu masukan daun bawang.
  4. Tips : pangsit di simpan didalam wadah terpisah jangan sampai di campur dengan kuah, karena akan membuat pangsit cepat hancur. Jadi kalau mau makan baru ambil simpan dimangkok pangsitnya dan diguyur dengan kuah supnya.

Tiga Kandungan Manfaat Pangsit

cara membuat pan

  1. Menambah Nafsu Makan
    Manfaat yang pertama dapat membantu menambah nafsu makan. Apabila anda sering mengalami nafsu makan yang terus berkurang alangkah baiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini dengan rutin dan teratur. Karena senyawa yang terdapat pada makanan ini sangat efektif untuk menambah nafsu makan sehingga nafsu makan anda akan kembali normal seperti sebelumnya.
  2. Menunjang Aktifitas Tubuh
    Kandungan kalori sangat diperlukan untuk menunjang aktifitas tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi pangsit ini. Di dalam makanan ini mengandung kalori yang berperan penting untuk menunjang aktifitas tubuh sehingga anda bisa beraktifitas dengan kondisi tubuh tanpa kekurangan kalori.
  3. Menjaga Kesehatan Kulit
    Untuk menjaga kesehatan kulit anda bisa melakukannya dengan salah satu cara yang mudah yaitu dengan mengkonsumsi pangsit ini. Karena kandungan protein yang ada di dalamnya dapat menjaga untuk kesehatan kulit sehingga bisa mencegah dari resiko penyakit kulit.

Demikian tadi ulasan mengenai cara membuat pangsit ayam. Untuk tahu lebih lanjut dalam cara membuat pangsit ayam yang lainnya anda bisa membaca diartikel cara membuat pangsit. Selamat mencoba dirumah dan semoga dapat bermanfaat🙏