Yuk Simak Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Mesin

Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Mesin dan Jenis jenis permen Kapas

Cara Membuat Permen Kapas dan Sejarah Permen Kapas

Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Mesin dan Asal Mula Arum Manis

 

Permen kapas yang pertama ada di dunia atau yang pertama kali dikenalkan ada pada tahun 1904 oleh John C. Wharton dan William Morrison pada sebuah acara atau festival yang bernama St. Louis World’f Fair dengan nama “Fairy Floss” atau jika di bahasa indonesiakan artinya “Benang Peri”. Pembuatan permen kapas ini ialah dengan memasukkan gula pasir dan pewarna makanan ke dalam mesin penghancur gula atau mesin pembuat permen kapas.

Cara Membuat Permen Kapas tanpa Mesin

Bahan-Bahan dalam Cara Membuat Arum Manis Tanpa Mesin:

–  5 cangkir gula pasir
–  2000ml air
–  Vanilli secukupnya
–  Pewarna makanan (pilih yang disukai)
–  Perasa makanan (pilih yang disukai)

Cara Membuat Arum Manis Tanpa Mesin :

  1. Pertama tama masukan vanilli, 2 liter air, gula pasir, dan perasa makanan ke dalam panci. Kemudian panaskan panci dengan kompor api yang sedang saja.
  2. Langhkah kedua, ketika campurannya sudah agak matang atau masak, tuangkanlah gula yang telah menjadi karamel itu kedalam sebuah wadah kaca lalu masukan ke dalam microwave.
  3. Kemudian, Tunggu 3 sampai 5 menit lalu keluarkan dan masukan pewarna makanan itu kedalam adonan kemudian aduk aduk dengan sebuah stik atau apa saja yang ada dirumah kalian.
  4. Setelah di aduk hingga merata, kocok karamel itu dengan pengocok bahan kue atau whisk.
  5. Kemudian, ketika karamel itu sudah mulai mengembang menjadi seperti gumpalan kapas, gulunglah dengan stik. Maka Jadi deh sebuah permen kapas gulung buatan sendiri tanpa mesin permen kapaspun jadi.
  6. Terakhir jikalau membuat permen kapas itu ingin tahan lama, maka masukanlah ke dalam wadah yang kedap udara seperti plastik yang besar.

Dan agar lebih aman lagi, hindarilah penggunaan pemanis buatan. Untuk pewarnanya gunakan saja pewarna makanan yang alami jika bisa. Selamat mempraktekkan dan mencoba cara membuat Permen kapas tanpa mesin ini. Semoga kalian semua sukses dengan permen kapas anda. Jika kaliang ingin membut gulali yang nikmat bisa cek post-an ini kok atau cara membuat permen gulali.

Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Mesin Sebagai Camilan Keluarga dan Peluang Usaha

Memang telah banyak camilan dari yang gurih hingga pedas, oleh karena itu permen kapas ini bisa menjadi alternatif dari makanan manis itu sendiri. Dari harganya yang juga cukup terjangkau, jajanan ini ternyata juga cukup laris. Cara membuat permen kapas yang lumayan menarik dan pengemasan yang memiliki daya tariknya sendiri.

Daripada kita membeli, sebenarnya membuat permen kapas sendiri sangatlah mudah dan dapat kita lakukan sendiri di rumah. Barangkali kalian pun ingin atau bisa memanfaatkan kepopuleran permen kapas dan menjadikannnya sebagai ladang rejeki bagi kalian.

Permen kapas merupakan jajanan yang kebanyakan digemari oleh anak-anak. Walaupun demikian, makanan yang satu ini sangat cocok untuk semua kalangan umur dan tentunya lembut membuatnya cukup menarik dan banyak digemari. Ditambah bahwa permen kapas ini cukup aman, karena permen kapas terbuat dari gula pasir muni. Namun kalian juga dapat mencoba membuat permen kapas dengan gula semut jika kalian ingin mencobanya. Selain rasanya yang manis, disamping itu permen kapas pun juga memiliki varian warna warna yang menarik tentunya. Tetapi sayang di negara kita banyak oknum jahat yang memanipulasi warna dari permen kapas ini dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya tentunya.

Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Mesin dan Jenis Jenis Permen Kapas

Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Mesin dan Jenis jenis permen Kapas

1. Permen Gulali Gula Jawa

Jenis permen gulali yang paling tradisional tentunya ialah permen gulali yang terbuat dari gula merah atau gula jawa. Kabarnya, permen gulali ini adalah nenek moyang atau cikal bakal dari kemunculan berbagai jenis permen gulali yang sering kita jumpai atau temukan saat ini. Permen Gulali jenis yang ini memiliki warna coklat agak kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu kecil yang biasanya terbuat dari bambu. Permen gulali dari gula merah ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah agar memiliki cita rasa tersendiri.

2. Permen Gulali Gula Pasir

Permen gulali ini lebih memiliki warna karena para penjual permen gulali ini biasanya menambahkannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan agar permen gulali yang satu ini lebih menarik pada saat dibentuk. Jenis ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi dari mulai binatang, seperti burung, sapi, ayam, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukai permen gulali ini.

3. Permen Gulali Rambut Nenek

Permen gulali  yang ketiga ini merupakan jenis yang dibuat dari gula pasir yang dicampuri dengan tepung. Kemudian para pedagangpun biasanya menarik-narik adonan dasar permen gulali ini dengan cara yang sedemikian rupa hingga gulali yang ini berbentuk mirip seperti mie atau benang sutra.

Banyak juga orang yang menyebut permen gulali ini dengan istilah rambut nenek dikarenakan bentuknya yang terlihat kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut pada nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya dengan nama Permen Gulali Rambut Nenek. Katanya, orang Cina sering menyebut permen gulali ini sebagai jenggot naga.

4. Permen Kapas

Jenis permen kapas yang terakhir ini dibuat dengan cara menggunakan mesin khusus yang berputar dan tentunya menghasilkan serat-serat gula yang halus, dan nama mesinnya adalah mesin pembuat permen kapas. Kemudian mesin ini dapat kalian pesan juga di Rumah Mesin. Lalu ketika serat-serat pada gula tersebut telah dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas dan oleh karena itu permen kapas ini disebut juga dengan nama Cotton Candy.

Itulah cara dan penjelasan yang lain lainnya, semoga kalian dapat mencobanya dirumah dan sukses untuk semuanya.