Cara Membuat Puding Susu Coklat Kental Manis Spesial

puding coklat

Pada artikel kali ini saya akan membahas artikel tentang Cara Membuat Puding Susu Coklat Kental Manis Spesial. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Apa Itu Puding?

Puding merupakan sebutan untuk hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding juga bisa dipakai untuk berbagai jenis pai yang berisi dengan campuran lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus, atau dikukus.

Pada umumnya, puding dengan bahan baku susu , tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini bisa memiliki rasa yang manis dengan menggunakan perisa coklat, karamel, vanila, atau dengan buah-buahan.

Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama dengan susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut dngan vla. Saat ini sudah banyak terdapat tepung puding instan untuk yang memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air lalu dipanaskan diatas kompor.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding dengan rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau marisa.

Selain rasanya yang enak, puding juga memiliki banyak beragam manfaat. Bagi anak-anak puding ini  bisa digunakan sebagai cara sehat untuk mendapatkan kalsium yang berasal dari susu, kandungan vitamin dan mineral, protein serta serat.

Resep Puding Susu Coklat Kental Manis

1. Resep Puding Susu Coklat Kental Manis

puding

Bahan Puding Susu Coklat Kental Manis:

• 100 ml susu kental manis putih

• 100 ml susu kental manis coklat

• 1 bungkus agar-agar putih

• 1 bungkus agar coklat

• 50 gr coklat bubuk

• 1600 ml air masak

• Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Puding Susu Coklat Kental Manis:

  1. Langkah pertama, buatlah lapisan puding coklat terlebih dahulu. Untuk itu anda siapkan panci dan masukkan susu kental manis coklat, agar-agar coklat, coklat bubuk, serta juga gula pasir yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Selanjutnya, tuangkan air sebanyak 4 gelas lalu aduk sehingga rata.
  2. Sambil terus mengaduk, tunggu campuran puding coklat hingga mendidih dan pastikan supaya seluruh bahan larut dan tidak ada sama gumpalan. Setelah agak berbuih, matikan api kemudian biarkan puding beberapa saat
  3. Ketika uap panasnya sudah hilang langkah selanjutnya ialah dengan menuang puding cokelat susu kental manismu ke dalam cetakan.
  4. Kmudian, sambil menunggu lapisan puding coklatnya menggumpal, anda bisa membuat  lapisan puding putihnya. Caranya, siapkan panci terlebih dahulu kemudian masukkan susu kental manis putih, danagar-agar putih, serta gula pasir sesuai selera. Isi panci dengan air sebanyak 4 gelas lalu aduk hingga merata.
  5. Sama seperti puding coklat, didihkan campuran puding putih dengan terus menerus mencampurnya. Jika sudah berbuih, matikan api dan tunggu sebentar hingga uap panasnya menghilang.
  6. Langkah selanjutnya, apabila puding coklat tadi sudah padat dan menggumpal, tuang puding berwarna putih  yang telah dingin ke atas lapisan puding coklat tadi.
  7. Terakhir, tunggu hingga kedua lapisan tersebut dingin. Jika sudah, masukkan ke dalam lemari pendingin atau freezer agar proses penggumpalannya bisa lebih cepat.
  8. Untuk penyajian puding coklat susu kental manis, kamu dapat menambahkannya topping dengan berbagai topping sesuai selera. Beberapa topping yang pas untuk kudapan ini antara lain whipped cream berbagai rasa, buah-buahan seperti cherry atau anggur, bahkan oreo.

Demikian tadi artikel tentang Cara Membuat Puding Susu Coklat Kental Manis Spesial. Makanan ini cocok disantap dengan Resep Kue Broenies Kukus. Selamat mencoba ya.