Cara Membuat Puding Vla Coklat Praktis dan Super Lumer

cara membuat puding vla coklat

Hai hai sobat semuanya! Pada kesempatan kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat puding vla coklat yang pastinya mudah dan lumer banget. Sajian berupa vla yang memiliki tekstur lumer ini sudah cukup dikenal dan populer dikalangan masyarakat. Hidangan penutup seperti vla ini sangat disukai oleh anak-anak maupun orang tua, karena memiliki rasa yang manis, lezat dan cukup ramah di lidah semua orang selain itu juga memiliki tekstur yang lumer.

Sobat pasti seringkali menemukan vla coklat ini pada hidangan penutup lainnya seperti kue sus, roti kukus, kue, churos, donat, gabin, dan lainnya. Oh iya, mungkin bila sobat ingin membuat donat juga sobat dapat menggunakan bentuan mesin pembuat donat karena sangat efektif dan efisien, selain itu mesin ini sangat direkomendasikan bagi sobat yang memiliki bisnis kuliner khususnya donat. Oke sobat jadi langsung aja kita simak resepnya yuk!

Cara Membuat Puding Vla Coklat

Bahan bahan Puding:

  • Agar-agar yang rasa coklat sebanyak 1 bungkus sachet
  • Gula pasir dengan takaran 80 gram
  • Susu cair UHT dengan takaran 600 ml
  • Santan kelapa instan atau kara dengan takaran 100 ml
  • Tepung maizena dengan takaran 20 gram
  • Coklat blok susu dengan takaran 100 gram
  • Whipped cream dengan takaran 100 ml

Bahan Vla Coklat:

  • Gula pasir dengan takaran 20 gram
  • Tepung maizena dengan takaran 2 gram, sobat larutkan dengan sedikit air terlebih dahulu
  • Susu cair UHT dengan takaran 200 ml
  • Coklat blok susu dengan takaran 15 gram

Langkah Cara Membuat Puding Vla Coklat:

  1. Langkah pertama yang sobat lakukan yaitu sobat harus memastikan bahan yang diperlukan sudah lengkap dan tidak ada yang terlewat. Siapkan sebuah panci dan ambil semua bahan puding masukkan ke dalam panci tersebut dan masak dengan nyala api yang kecil. Masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk terus menerus sampai adonan tidak ada yang menggumpal.
  2. Sobat siapkan sebuah loyang atau cetakan puding, tuangkan adonan puding yang sudah mendidih ke dalam cetakan atau loyang puding itu. Tunggu sampai adonan puding hilang uap panasnya, jika sudah hilang uap panasnya sobat masukkan loyang yang berisi adonan puding tersebut ke dalam kulkas atau freezer. Biarkan dan tunggu sampai adonan mengeras dan benar-benar set.
  3. Nah jadi sekarang kita akan membuat vla coklatnya nih sobat, pertama-tama sobat ambil semua bahan vla coklat dan masukkan ke dalam panci campur menjadi satu kecuali larutan tepung maizena. Masak adonan vla coklat di atas nyala api yang kecil.
  4. Masak adonan vla coklat sambil diaduk-aduk secara terus menerus. Apabila sudah muncul buih buih kecil pada pinggiran panci, tambahkan larutan tepung maizena ke dalam panci dan aduk aduk kembali.
  5. Tunggu sampai adonan coklat benar-benar mendidih dan agak mengental. Setelah itu sisihkan dan biarkan sampai vla coklat menjadi agak dingin.
  6. Keluarkan adonan puding yang sudah mengeras dan set dari dalam kulkas atau frezer, keluarkan dari loyang. Letakkan puding di atas piring saji dan sirami dengan vla coklat yang lumer. Sobat juga dapat menambahkan topping berupa taburan bisuit oreo yang sudah dihancurkan, buah-buahan, dan topping lainnya sesuai dengan selera sobat. Puding dengan siraman vla coklat yang super lumer siap dihidangkan, hmm yummy.

Manfaat Puding Bagi Kesehatan Tubuh

Jadi nih sobat ternyata oh ternyata, usut punya usut dibalik rasa manis dan tekstur lembut puding, puding ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Mungkin beberapa dari sobat belum tahu apa aja sih manfaatnya, yuk kita simak!

Melancarkan Sistem Pencernaan

Hidangan penutup ini ternyata sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme pada tubuh kita lho sob.  Hal ini dikarenakan pada puding memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme.

Mencegah Penyakit Kanker

Agar-agar instan yang dipakai sebagai bahan utama puding ini memiliki kandungan rumput laut yang tinggi akan anti-oksidan. Selain dapat mencegah peyakit kanker, puding juga dapat menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari kanker dan tumor.

Mencegah Osteoporosis dan Menguatkan Tulang

Puding agar-agar yang seringkali menggunakan lumuran vla yang terbuat dari susu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium yang terkandung di dalamnya dapat membantu mencegah osteoporosis bahkan anemia.

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Manfaat puding dalam menjaga kadar kolesterol tubuh mungkin masih jarang ada yang mengetahuinya. Kolesterol-kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh kita apabila tidak dibersihkan akan menyebabkan penghambatan pada salurah peredaran darah dan tentunya akan menyebabkan munculnya penyakit.

Mencegah Gangguan Kardiovaskular

Kandungan manfaat dalam puding agar-agar juga dapat melancarkan peredaran darah dan dapat mencegah gangguan kardiovaskular, khususnya penyakit stroke dan jantung. Puding juga sangat efektif dalam mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan pada puding agar-agar berupa rumput laut dapat mengendalikan tekanan darah pada tubuh dan menyerap kadar garam serta lemak jahat.

Selesai Sudah Resep Cara Membuat Puding Vla Coklat

Wahh…gimana nih sobat, mudah kan cara membuat puding vla coklat nya? Pastinya mudah dan sederhana cara pembuatannya, selain itu bahan yang diperlukan untuk membuat puding vla coklat sangat mudah untuk didapatkan. Jadi sobat jangan takut dan ragu mencoba resep yang sudah aku bagikan tadi. Oh iya, kalau sobat ingin membuat vla coklat dengan varian dan cara pembuatan yang lainnya, sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat vla coklat. Oke sobat mungkin sampai disini dulu ya, terimakasih sudah mengunjungi dan membaca artikel ini, sampai jumpa dan selamat mencoba. 😊