Cara Membuat Seblak Kering Tidak Mengembang Anti Gagal!

Banyak dari kalian bertanya cara membuat seblak kering tidak mengembang. Karena Sebagian orang gagal membuat karena masalah sama. Kerupuk seblak yang mengembang ketika di goreng. Padahal sudah menggunakan api kecil.

Seblak adalah salah satu makanan yang saat ini sedang populer. Baik dikalangan para remaja maupun orang dewasa.  Pada dasarnya, seblak merupakan makanan berbahan dasar kerupuk. Kemudian direndam dengan air panas agar lembek.

Banyak orang yang berpendapat bahwa seblak adalah makanan asli dari Sumpiuh, Jawa Tengah. Karena kemiripan seblak dengan makanan khas Sumpiuh yaitu kerupuk godhog. Bedanya, jika kerupuk godhog sudah populer sejak tahun 1940-an. Namun, seblak baru populer pada tahun 2000-an.

Kini cara pengolahan seblak pun sudah berubah dan lebih beragam lagi. Tidak hanya diolah menjadi seblak basah saja.  Sekarang sudah ada seblak kering. Yang memiliki cita rasa yang tak kalah lezat dengan seblak basah .

Perbedaan lain seblak kering dengan seblak basah adalah tingkat ketahanannya. Seblak basah hanya dapat bertahan selama beberapa jam saja. Atau tidak lebih dari sehari. Sedangkan seblak kering  akan bertahan cukup lama.

Kita juga harus berhati – hati pada saat menggoreng kerupuk ini agar tidak gosong. Sehingga  akan menjadikan seblak ini terasa pahit. Kalian dapat menggunakan mesin vacuum frying. Agar kerupuk lebih renyah dan berwarna cantik.

Agar seblak kering kalian tidak mengembang. Kalian bisa melakukan beberapa cara. Ikuti tips di bawah ini ya! Perhatikan langkah – langkahnya dengan benar agar seblak kering kalian tidak gagal.

Cara Membuat Seblak Kering Tidak Mengembang

  • Letakkan wajan di atas kompor. Masukkan minyak secukupnya.
  • Rendam kerupuk seblak kering di minyak. Pastikan semua kerupuk terendam. Tunggu selama 20 menit.
  • Setelah dua puluh menit. Nyalakan komor dengan api kecil. Jangan sampai minyak terlalu panas. Jika minyak terlalu panas, maka kerupuk akan mengembang.
  • Agar lebih mudah. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Mesin vaacum frying akan membuat kerupuk seblak kering tidak mengembang.

Setelah tahu cara membuat seblak kering tidak mengembang. Kita coba membuat salah satu varian seblak kering yuk! Kita akan mencoba membuat seblak kering makaroni. Ikuti langkahnya dengan urut ya!

Cara Membuat Seblak Kering Makaroni

cara membuat seblak kering tidak mengembang

Bahan – bahan :

  • 500 gr makaroni
  • Cabe rawit secukupnya
  • 2 sendok makan gula putih
  • 5 lembar daun jeruk lalu iris
  • 2 ruas kencur
  • 4 siung bawang putih
  • Cabe bubuk secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • 2 sendok makan kaldu bubuk
  • Minyak goreng

Cara Membuat Seblak Kering Makaroni :

  1. Rendam makaroni ke dalam minyak yang masih dingin selama beberapa menit.
  2. Setelah itu masak makaroni sampai mengembang dengan api kecil.
  3. Haluskan beberapa bumbu. Seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan kencur. Dapat menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk.
  4. Lalu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan daun jeruk.
  5. Masukkan makaroni, kaldu, gula, penyedap rasa dan cabe bubuk. Goreng sambil diaduk – aduk hingga bumbu menyatu sempurna dengan makaroni.
  6. Jika sudah merata, angkat dan sajikan. Anda juga dapat menyimpannya di wadah tertutup. Bisa juga di wadah kedap udara agar lebih tahan lama.

Selain enak, seblak juga kaya akan manfaat. Seperti menghilangkan stress, sumber vitamin C. Protein yang ada di seblak juga bermanfaat meningkatkan metabolisme. Sehingga kalian tidak akan mudah sakit.

Kalian bisa menjual seblak. Sehingga mendapat tambahan pemasukan saat pandemi seperti sekarang. Tinggal dikemas ke dalam plastik kecil. Lalu tempeli stiker nama produk kalian.

Seblak sangat cocok dimakan disegala suasana. Baik saat berkumpul bersama keluarga. Ataupun saat berkumpul dengan kawan – kawan. Makin seru deh acara berkumpulnya. Apalagi jika ditemani makanan ringan yang lain.

Gimana nih? Sudah banyak manfaat. Seblak juga memiliki rasa yang enak. Pasti membuat kalian ingin segera memasaknya. Selamat mencoba tips dan resepnya di rumah!