Cara Membuat Serbuk Jahe Tanpa Gula Rasa Tetep Nikmat

Cara Membuat Serbuk Jahe Tanpa Gula Rasa Tetep Nikmat-Tanaman jahe (Zingiber officinale) telah lama dikenal dan tumbuh baik di Indonesia. Penggunaan jahe sangat luas untuk dimanfaatkan sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan sebagai minuman. Jahe juga digunakan pada industri Obat, Minyak Wangi dan industri jamu tradisional. Jahe muda biasanya dimakan sebagai lalap diolah menjadi asinan dan dibuat menjadi acar. Disamping itu, karena dapat memberikan Efek hangat pada perut, maka jahe digunakan sebagai bahan minuman seperti bandrek, sekoteng, dan sirup.

Sebagai tanaman herbal Jahe telah lama digunakan diberbagai negara seperti Cina, India, Arab dan Indonesia untuk mengobati penyakit seperti flu, sakit kepala, demam, mual dan rematik. Berdasarkan ukuran bentuk dan warna  ada tiga jenis jahe yang dikenal yaitu jahe gajah atau jahe besar, jahe putih atau jahe emprit dan jahe merah atau jahe sunti.

Jahe merah (Zingiber officinale) merupakan salah satu spesies jahe yang tersebar di wilayah Indonesia. Jahe merah cara morfologi mirip dengan jahe biasa, tetapi rimpang dari jenis ini lebih kecil dan rasanya lebih pedas, berwarna merah di luarnya dengan kuning hingga merah muda di bagian dalamnya. Banyak jahe tersebut yang digunakan sebagai makanan dan pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Ini jahe dapat dibuat menjadi berbagai produk olahan jahe seperti minyak atsiri dan Cara Membuat serbuk jahe Tanpa Gula Rasa Tetep Nikmat. Kandungan minyak atsiri jahe merah mencapai maksimal (0,82%) pada usia panen 7 bulan, dengan kandungan utama geranil asetat. Kecuali di usia panen 8 sampai 9 bulan, komponen minyak atsiri utama adalah citral.

Diantara ketiga jenis jahe, jahe merah lebih banyak digunakan sebagai obat karena mengandung minyak atsiri dan oleoresinya yang paling tinggi, sehingga lebih ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Jahe adalah irisan rimpang jahe yang telah dikeringkan. Cara pembuatannya sangat sederhana. Rimpang dicuci, kemudian diiris-iris dan dijemur atau dikeringkan dengan alat pengering. Jahe jering merupakan bahan baku untuk pengolahan tepung jahe, dan bumbu masak.

1.CARA MEMBUAT JAHE MERAH BUBUK

cara membuat serbuk jahe

Bahan-bahan:

-jahe merah 500 gram
-gula pasir 1500 gram
-gula merah atau gula aren 125 gram
-Lada hitam 1 gram
-habbatussauda secukupnya
-secang secukupnya
-air hangat 500-550 ml

Cara Membuat Jahe Merah Bubuk:

1. Jahe merah yang dibeli harus dalam keadaan segar, tidak busuk, berwarna merah di luar dan kuning di dalam.
2. Jahe merah yang telah diterima kemudian disimpan dalam ruang penyimpanan dan digunakan tidak lebih dari 3 hari.
3. Bahan lainnya seperti gula, habbatussauda atau jintan hitam, gula merah atau gula aren, lada hitam dan secang.

2.CARA PEMBUATAN JAHE KERING

cara membuat serbuk jahe

Bahan-bahan:

-Jahe kering berkulit: jahe yang akan dikeringkan tidak dibuang kulitnya.
-Jahe kering setengah berkulit: jahe yang akan dikeringkan dikupas permukaan datarnya.
-Jahe tanpa kulit: jahe yang akan dikeringkan dikupas seluruh kulitnya.
Cara Membuat Jahe Kering:
1.Pisau dan talenan. Alat ini digunakan untuk mengupas kulit umbi.
2.Pengupas kulit. Alat mekanis digunakan untuk mengupas kulit jahe pada usaha penolahan dalam jumlah besar. Untuk pengolahan jahe dalam jumlah kecil, pengupasan dapat dilakukan dengan pisau.
3.Pengering. Alat ini digunakan untuk mengeringkan irisan jahe. Pada saat langit cerah dan banyak sinar matahari, irisan jahe dapat dijemur di atas tampah. Jika hari hujan, atau langit tertutup awan, pengeringan dilakukan dengan alat pengering.
4.Pencuci umbi. Alat ini digunakan untuk memcuci rimpang. Untuk usaha dengan skala kecil, pencucian dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan sikat yang lunak dengan semprotan air

sekian dari kami apabila ada salah kata saya mohon maaf. Dan selamat untuk membuatnya dirumah dan semoga anda menyukainya!