Cara Membuat Siomay Bandung Yang Mantap Sekali

cara membuat siomay bandung

Cara membuat siomay bandung sangatlah gampang. Buat resep ini karena pengen buatnya tapi gak tau cari bikinnya dan sekarang saya mau berbagi ilmu. Kalau anda ingin lihat referensi lainnya dan juga anda bisa baca mesin pengisi cairan dan cara buat pentol pedas. Kami juga jual mesin pembuat bakso,kalian bisa cek dilink.

Cara Membuat Siomay Bandung

 

Cara Membuat Siomay Bandung Untuk Bahan :

  • 700 gr dada ayam fillet, potong kecil2
  • 200 gr daging ikan tenggiri
  • 300 gr labu siam, potong kecil2
  • 3 bh santan kara segitiga
  • 500 gr sagu tani
  • 2 btr telur
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt merica bubuk
  • 1 1/2 sdm gula pasir3 sdt kaldu ayam bubuk (aku pake Royco)
  • Secukupnya garam

Bahan saus kacang:

  • 300 gr kacang tanah kupas, goreng atau sangrai
  • 6 siung bawang putih, goreng
  • 5 bh cabe merah, buang bijinya, goreng
  • cabe rawit, goreng (kalo suka pedas, aku skip)
  • 8 lbr daun jeruk
  • 2 sdm gula merah serut
  • 4 sdm kecap manis (boleh tambah kalo suka agak pekat warnanya)
  • 2 sdt kaldu ayam bubuk (aku pake Royco)
  • 1 sdm gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya air

Bahan Tambahan:

  • 5 btr telur ayam, rebus, kupas
  • 2 bh pare, potong2, buang tengahnya
  • 300 gr Kentang uk kecil, kupas, kukus sampai matang
  • 10 bh jeruk sambel

Cara Membuat Siomay Bandung Untuk Langkah :

  1. Cara membuat siomay: Haluskan daging ayam, tenggiri, labu siam, bawang merah, bawang putih dengan food processor. Tuang di wadah, campur dengan santan, tepung sagu dan semua bumbu. Aduk sampe rata.
  2. Olesi alas kukusan dengan minyak, bentuk adonan sesuka hati, kukus sampe matang. Krn aku pas males bentuk2, akhirnya aku pake mangkok pyrex kotak yg agak gede, aku olesi minyak dulu, trus kutuang aja adonan disitu, langsung kukus, nanti tinggal potong2.
  3. Utk pare, masukkan adonan di tengah pare, kukus sampe matang. Aku kukusnya kurleb 25 menitan. Harus sampe bener2 mateng ya… Oya sebelumnya aku coba kukus sedikit adonan utk cek rasa.
  4. Cara membuat saus kacang: Haluskan semua bahan kecuali daun jeruk, boleh pake food processor atau blender. Boleh halus atau kasar2 aja kacangnya. Aku suka yg alus kayak bumbu sate.
  5. Panaskan sedikit minyak, masukkan gilingan kacang dan daun jeruk, aduk2, tambah air, semua bumbu, tes rasa. Masak sampe meletup2. Kekentalan bisa disesuaikan selera dengan menyesuaikan jumlah airnya.
  6. Utk menyajikan, potong2 siomay, kentang, telur, pare, siram saus kacang, beri kecap manis, saos tomat, saos sambal, kucuri dengan perasan jeruk sambel.

Manfaat Siomay bagi Tubuh

Siomay merupakan salah satu jajanan nostalgia yang sampai saat ini masih sering kita temui. Selain

enak, siomay ternyata juga mempunyai manfaat bagi tubuh.

1. Omega 3

  • Membantu perkembangan otak
  • Melindungi tubuh dari bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan
  • Menjaga kesehatan jantung

2. Vitamin C

  • Memperbaiki jaringan sel kulit yang bisa menunda proses penuaan
  • Mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh

3. Vitamin A

  • Menjaga dan memperbaiki penglihatan

4. Kandungan asam lemak

  • Menjaga dan memperbaiki penglihatan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah penyakit kardiovaskular

5. Zat besi

  • Membantu perkembangan otak

6. Forfor dan kalsium

  • Menjaga tulang dan gigi

Siomay yang kita kenal pada umumnya merupakan siomay yang di campur dengan bumbu kacang. Saat ini, Ndogmu hadir dengan memperkenalkan jajanan nostalgia yang di inovasikan dengan masa kini. Siomay yang di produksi oleh Ndogmu ini mempunyai 2 varian yaitu di goreng dann di bakar, di mana siomay ini dapat di bakar menggunakan bumbu barbeque.

Siomay ini juga tidak menggunakan bumbu kacang, melainkan meggunakan sambal khusus Ndogmu yang hampir menyerupai sambal bangkok. Bisa membayangkan gimana rasanya? Hmmm jangan hanya di bayangkan, karena siomay dari Ndogmu ini sangat recommended untuk dicoba. Dengan harga yang murah kalian bisa mendapatkan siomay lezat dan menyehatkan.