Cara Membuat Susu Kurma dan Manfaat Kurma

Artikel ini saya akan membarikan resep cara membuat susu kurma dan membahas tentang manfaat kuram. Kurma tidak hanya di makan langsung bisa juga di oleh menjadi apa sanya misanya susu kuram almond, kue kuram. Kurma enak jika bisa diolah dengan berbagai makana. Jika ingin membuat makanan dengan bahan kuram tidak perlu menunggu bulan Ramadhan, sekarang kurma ada di toko-toko. Saat bulan puasa keberadaan kurma menjadi lebih populer dan lebih banyak dicari orang. Tak kaget jika rasa kurma manis dan memanjakan lidah, kurma juga punya banyak manfaat. Jangan lupa cek artikel baru saya cara membuat kue susu kuram

Cara Membuat Susu Kurma dan Manfaat Kurma

Buah kurma merupakan buah yang identik dengan berbuka puasa dan banyak dicari di Indonesia sebagai makanan untuk berbuka. Selain enak, buah ini juga mengandung beragam manfaat sehingga cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Jika kamu bosan dengan kurma yang dimakan langsung, kurma juga bisa dibuat menjadi beragam minuman yang enak dan segar lho! Penasaran? Yuk kita cek resepnya!

Resep Susu Kurma Smoothie

Smoothie kurma ini dibuat dengan yogurt yang pastinya lebih menyehatkan dan memiliki banyak manfaat. Untuk membuat smoothie yang satu ini kamu memerlukan:

Bahan-bahan:

  • 10 buah kurma
  • 200 ml yogurt
  • 50 ml susu cair
  • 50 ml madu
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Susu Kurma:

  • Siapkan kurma yang telah dibuang bijinya
  • Blender dengan yogurt, susu dan madu.
  • Setelah rata, tambahkan es batu kemudian lanjutkan blender hingga es tercampur rata.
  • Smoothie kurma siap dihidangkan.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Buah kurma yang sangat identik dan mudah ditemukan saat Ramandhan, merupakan salah satu buah yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Kurma sendiri memiliki banyak jenisnya dan yang paling dikenal adalah kurma Nabi atau kurma Ajwa. Baik dari kurma muda hingga kurma matang, memiliki manfaat masing-masing untuk kesehatan.

Tidak hanya dikonsumsi begitu saja, kurma juga bisa diolah dan dikreasikan menjadi berbagai macam olahan dari sari kurma, madu kurma, susu kurma dan lain sebagainya. Jika artikel sebelumnya sudah diulas mengenai manfaat kuram pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai olahan kurma yaitu manfaat susu kurma. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat paling utama dari susu kurma adalah untuk meningkatkan stamina tubuh, yang biasanya akan menurun ketika tubuh kelelahan setelah beraktivitas. Dengan bertambahnya stamina ini juga akan bertambah pula daya tahan tubuh, sehingga tidak akan mudah loyo dan terserang penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kurma yang ditambahkan manfaat susu untuk kesehatan tubuh juga berkhasiat untuk menyehatkan mata. Di dalam susu kurma banyak mengandung nutrisi dan tinggi akan kandungan vitamin, yang bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah mata mengalami masalah kesehatan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu khasiat susu kurma yang lainnya adalah untuk menjaga kesehatan organ jantung, di mana jantung merupakan organ penting manusia. Di dalam buah kurma terkandung nutrisi yang sudah terbukti khasiatnya untuk membuat kesehatan jantung semakin meningkat, juga bisa membantu meredakan gangguan jantung secara alami.

4. Membantu Mengatasi Anemia

Buah kurma yang merupakan super food dan dikombinasikan dengan susu kaya akan kandungan zat besi. Di mana salah satu manfaat zat besi adalah untuk mengatasi anemia, yang tentunya sangat alami dan aman dikonsumsi jika dibandingkan dengan suplemen atau obat obatan.

5. Melancarkan Buang Air Kecil

Masalah seperti kesulitan untuk buang air kecil juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi susu kurma. Di mana khasiat susu kurma dapat membantu melancarkan fungsi saluran kemih, sehingga buang air kecil bisa lancar dan bisa mencegah gangguan kemih.

6. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Di dalam susu kurma juga terkandung mineral berupa kalsium, di mana manfaat kalsium bagi tubuh salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian. Tulang dan sendi yang sehat tentunya bisa melancarkan segala aktivitas, juga gangguan seperti tulang keropos dan lainnya bisa dicegah sejak dini.

7. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Pencernaan yang terganggu bisa menyebakan berbagai masalah seperti sakit perut, gangguan lambung, sembelit dan lain sebagainya. Susu kurma mengandung serat yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian, di mana serat merupakan zat yang sangat penting untuk menjaga dan melancarkan pencernaan.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari susu kurma di atas, tidak sulit untuk membuatnya sendiri di rumah lho. Nah, berikut ini adalah cara membuat susu kurma:

  • Pertama rendam daging kurma dengan air mineral secukupnya selama semalaman, di mana sebenarnya juga ada manfaat rendaman air kurma untuk kesehatan.
  • Kedua blender kurma beserta air rendamannya dengan tambahan susu UHT sesuai selera.
  • Setelah tercampur rata, susu kurma siap untuk dikonsumsi.

Demikian pembahasan mengenai beberapa khasiat susu kurma bagi kesehatan tubuh beserta dengan cara membuatnya. Semoga bermanfaat.