Cara Membuat Tas Bungkus Kopi Bermanfaat untuk Sehari – hari

cara membuat tas bungkus kopi

Cara Membuat Tas Bungkus Kopi – Di rumah kita pasti banyak limbah plastik, baik limbah plastik deterjen, sabun isi ulang, minyak goreng, bungkus kopi dan produk lainnya. Sebagian besar limbah plastik tersebut tebal dan kuat. Limbah plastik yang menumpuk pasti sangat memusingkan, karena sulit terurai dan sangat berbahaya untuk kesehatan maupun lingkungan.

Salah satu ide cermerlang yang banyak dilakukan oleh para pengrajin yaitu memanfaatkan limbah plastik untuk beraneka ragam kegunaan. Bisa dibuat tas, dompet atau yang lainnya. Tergantung kreatifitas dan keinginan setiap masing-masing orang. Dan yang paling penting memiliki konsep tentang setiap langkahnya. Masih banyk orang yang yang belum tau benar cara membuatnya. Padahal membuat kerajinan dari limbah plastik mudah dan pastinya nanti akan bermanfaat.

Nah, kalian bisa lihat dan mempraktikkan cara membuat tas bungkus kopi di bawah ini :

Cara Membuat Tas Bungkus Kopi

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Bungkus kopi
  • Penggaris
  • Kain furing
  • Risleting
  • Jarum dan benang
  • Gunting

Cara Membuat Tas Bungkus Kopi :

  1. Gunting bagian atas dan bawahnya dari bungkus kopi sachet.
  2. Bersihkan bungkus kopi yang sudah dipotong dengan air yang mengalir dan keringkan sampai kering. Setelah dibersihkan, bungkus kopi hanya dijemur atau dilap menggunakan kain bersih dan kering.
  3. Selanjutnya, gunting bungkus kopi menjadi 2 bagian sama rata. Satu sachet bungkus kopi menjadi 2 buah potongan.
  4. Lipat bungkus kopi yang sudah dipotong, lipat 1 cm ke dalam pada ujung atas dan bawah sehingga lebar potongan mmenjadi 2 cm. Anyam bungkus kopi menyerupai baling – baling.
  5. Setelah semua dianyam menjadi baling – baling, gabungkan anyaman – anyaman tersebut. Pastikan membuat sudut tegak vertikal.
  6. Jika semua anyaman sudah digabung, selanjutnya rapikan dengan cara menjahit pada bagian atas tas. Menjahit berguna agar anyaman tidak mudah terlepas.
  7. Tambahkan kain furing atau kain polos pada bagian dalam tas. Untuk menyatukan kain dengan tas jahit menggunakan jarum dan usahakan jahitan kuat dan rapi.
  8. Pasang risleting dan tali agar tas terlihat cantik.

 

Cara Membuat Tas Bungkus Kopi

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Bungkus kopi sesuai keinginan
  • Gunting
  • Jarum benang
  • Kain furing
  • Resleting
  • Penggaris

Cara Membuat Tas Bungkus Kopi :

  1. Agar tas tetap awet bersih dan tidak berjamur, maka dari itu, seluruh sampah plastik dari bungkus kopi terlebih dahulu dibersihkan. Bersihkan sampai seluruh bagian bungkus kopi tidak memiliki sisa kotoran atau kopi. Selanjutnya lakukan pengeringan, keringkan dengan dilap atau dijemur. Tunggu sampai bahan benar-benar kering.
  2. Setelah seluruh bungkus kopi bersih dan kering, gunting menjadi dua bagian. Hal tersebut untuk memudahkan pada proses pembentukan anyaman yang akan dilakukan. Sehingga satu bungkus kopi akan menjadi dua bungkus bagian setelah digunting.
  3. Lipat bungkus kopi dengan salah satu ujung dari sisi bungkus kopi bisa dilakukan pelipatan ke arah dalam. Panjang lipatan yang dibentuk kira-kira sekitar 1 cm.
  4. Selanjutnya, anyam setiap bungkus kopi yang telah dilipat dengan rapi. Anyam bungkus kopi tadi dengan membentuk seperti ketupat.
  5. Jika seluruh anyaman yang dibentuk dirasa cukup dan sudah pas untuk membuat tas, selanjutnya dapat dibentuk menjadi tas yang diinginkan. Tambahkan keindahan, pada bagian dalam tas lapisi dengan kain furing yang telah dipersiapkan.
  6. Berikan tali sebagai pegangan pada tas yang akan dibuat. Tali tersebut bisa dibuat sendiri dengan bahan plastik bekas kopi, atau juga bisa menggunakan tali bekas yang tas yang sudah tidak terpakai.
  7. Terakhir pasang risleting sebagai penutup bagian atas tas. Selain, risleting bisa menggunkan kancing baju. Risleting atau kancing berfungsi juga menambah nilai seni dan nilai keterhunaan dari tas yang dibuat.

Bungkus kopi merupakan sampah plastik bisa dibuat berbagai macam kerajinan yang mempunyai manfaat yang banyak. Selain, bungkus kopi sampah plastik lain juga bisa dibuat kerajinan yang sama – sama mempunyai manfaat sendiri.

Bingung cara membuatnya? kalian bisa lihat di artikel Kerajinan Tas dari Plastik, Mengurangi Limbah Plastik!!!. Jika kalian tidak bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Plastik – plastik yang terkumpul akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pencacah plastik dan hasil cacahannya biasanya juga dibuat kerajinan.