Cara Membuat Tas dari Barang Bekas Plastik yang Cantik dan Kreatif!!!

cara membuat tas dari barang bekas plastik

Cara Membuat Tas dari Barang Bekas Plastik – Limbah plastik menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh dunia. Limbah plastik tidak hanya ada di daratan saja, melainkan di lautan juga. Tidak semua yang berbahan plastik harus menjadi limbah.

Permasalahan sampah plastik memang tak pernah usai dari dahulu hingga sekarang. Sampah plastik merupakan masalah yang serius. Mengapa demikian? sebab plastik dipakai hanya jangka waktu yang sebentar, tapi sampah plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai oleh tanah.

Perlu kalian tau, bahwa sampah plastik khususnya dalam bentuk kantong, membutuhkan waktu 20 sampai 1.000 tahun untuk akhirnya dapat terurai.

Sebenarnya di beberapa tempat, sampah plastik bukan lagi menjadi masalah yang serius, bahkan dapat menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Banyak orang  yang sudah memulai usaha dengan memanfaatkan sampah plastik. Pasalnya ada yang menggunakan plastik untuk membuat kerajinan dan juga meningkatkan kreativitas.

Sampah plastik seperti bungkus kopi instant, detergen, botol plastik dan lain sebagainya sebenarnya masih bisa diolah menjadi barang-barang yang memiliki harga.

Kreasi sampah plastik yang dijadikan kerajinan tas.

1. Cara Membuat Tas dari Barang Bekas Plastik Bungkus Kopi

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Bungkus kopi
  • Gunting
  • Penggaris
  • Jarum dan benang
  • Kain furing
  • Risleting

Cara Membuat Tas dari Bekas Plastik Bungkus Kopi :

  1. Gunting bagian atas dan bawahnya dari bungkus kopi sachet.
  2. Bersihkan bungkus kopi yang sudah dipotong dengan air yang mengalir dan keringkan sampai kering. Setelah dibersihkan, bungkus kopi hanya dijemur atau dilap menggunakan kain bersih dan kering.
  3. Selanjutnya, gunting bungkus kopi menjadi 2 bagian sama rata. Satu sachet bungkus kopi menjadi 2 buah potongan.
  4. Lipat bungkus kopi yang sudah dipotong, lipat 1 cm ke dalam pada ujung atas dan bawah sehingga lebar potongan mmenjadi 2 cm. Anyam bungkus kopi menyerupai baling – baling.
  5. Setelah semua dianyam menjadi baling – baling, gabungkan anyaman – anyaman tersebut. Pastikan membuat sudut tegak vertikal.
  6. Jika semua anyaman sudah digabung, selanjutnya rapikan dengan cara menjahit pada bagian atas tas. Menjahit berguna agar anyaman tidak mudah terlepas.
  7. Tambahkan kain furing atau kain polos pada bagian dalam tas. Untuk menyatukan kain dengan tas jahit menggunakan jarum dan usahakan jahitan kuat dan rapi.
  8. Pasang risleting dan tali agar tas terlihat cantik.

 

2. Cara Membuat Tas dari Plastik Kresek Bekas

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Kantong plastik
  • Tali
  • Setrika
  • Kertas roti
  • Seal press
  • Gunting

Cara Membuat Tas dari Plastik Kresek Bekas :

  1. Potong kresek bagian paling atas dan bawah. Pastikan potongan rapi hingga plastik berbentuk persegi.
  2. Letakkan plastik yang sudah dipotong ke atas meja dan tutup menggunakan kertas roti, kemudian setrika secara perlahan – lahan. Setrika dengan hati – hati dan tidak terlalu lama, setrika plastik sampai berubah jadi lebih padat dan memiliki motif jeruk.
  3. Rapatkan bagian bawah plastik menggunakan seal press. Jika tidak mempunyai jahit plastik, sisakan sedikit ruang untuk memasukkan tali ke dalamnya.
  4. Setelah semua terpasang, maka tas siap digunakan.

 

Sampah plastik bisa dibuat menjadi bermacam – macam kerajinan yang bermanfaat untuk keseharian kita. Nah, kalian bingung cara membuatnya? kalian bisa lihat di artikel Kerajinan dari Plastik Bekas, Menyelamatkan Lingkungan Kita. Jika kalian tidak bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Disana, plastik akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pencacah plastik dan hasil cacahannya biasanya juga dibuat kerajinan.