Cara Membuat Telur Balado Padang Enak Dan Tidak Pedas

cara-membuat-telur-balado-padang

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Cara membuat Telur Balado Padang yang tidak pedas. Biasanya Masakan Minang terkenal pedas dengan bumbunya yang tajam. Kali ini kita akan membuat yang tidak pedas. Kuncinya ada di air asam jawa tomat serta gula..Simak terus ya

Cara Membuat Telur Balado Padang

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak telur balado padang juga mudah untuk didapatkan. Tomat, kemiri, cabai dan bawang yang menjadi tulang punggung makanan pedas ini bisa ditemukan di dapur setiap saat. Kalian bisa masak telur balado sebagai pilihan jika sedang darurat dan ingin sesuatu yang cepat tinggal tambahkan nasi saja sebagai pelengkap.

Agar tidak berlama lama kita lanjut yuk ke cara membuat telur balado, mari kita memulai dulu dengan memasaknya. Kalau kalian sudah paham dengan cara membuat telur balado dan sudah mengetahui trik membuat telur balado kalian tidak akan kesulitan lagi untuk membuatnya dan tidak kesulitan untuk memilih masakan pendampingnya.

Jika tidak suka telur rebus maka bisa diganti dengan telur yang lain misalkan seperti telur dadar gulung dan cara membuat telur dadar gulung gampang banget lhoo kalian bisa coba dirumah, hidangan ini juga sangat bisa dikombinasikan dengan sambal balado.

Yuk Kita simak cara membuat telur balado!

Cara Membuat Telur Balado Padang Enak dan Tidak Pedas

cara-membuat-telur-balado-padang

Bahan-bahan :

  • Telur ayam yang sudah digoreng mata sapi dan diberi sedikit garam dapur kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4-5 siung. Kupas kulitnya untuk dijadikan bumbu halus (untuk bumbu tumisan)
  • Air asam jawa sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Daun jeruk kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera masing masing.
  • Air bersih sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 50 ml saja.
  • Minyak goreng sedikit saja untuk menumis.

Bahan Bumbu Telur Balado Ceplok

  • Buah cabai merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5 sampai 6 pcs.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs
  • Bawang putih sebanyak 2 buah. Kupas kulitnya

Cara Membuat Telur Balado padang Enak dan Tidak Pedas:

  1. Rebus Telur sampai matang kemudian kupas kulitnya. Setelah dikupas beri sayatan agar bumbu mudah meresap.
  2. Sambil menunggu merebus telur bisa mulai menghaluskan bumbu, yaitu cabai dan bawang putih sampai halu(bisa menggunakan ulekan atau pakai blender)
  3. Siapkan wajan dengan sedikit minyak lalu masukkan irisan bawang merah lalu aduk sampai wangi.
  4. Jika sudah wangi tuang bumbu balado yang sudah dihaluskan dan masukkan daun jeruk. Aduk sebentar sampai wangi.
  5. Tambahin air biasa dan air asam jawa. Kemudian adukĀ  lagi sebentar dan masak sampai semua bahan mendidih dengan api kecil agar tidak gosong.
  6. Setelah mendidih masukkan telur rebusnya dan tunggu sampai bumbunya meresap ke telur atau sampai airnya berkurang/kering. Jika air sudah menyusut kemudian aduk sebentar dan matikan apinya.
  7. Telur balado padang siap disajikan bersama dengan taburan bawang merah goreng.

Mudah Sekali kan? Kalian juga bisa memasak rica kambing untuk dijadkan hidangan bersama telur balado lho kalian bisa mempelajari resep kambing rica rica dirumah, Selain itu telur juga memiliki banyak manfaat loh untuk kesehatan tubuh. Mengandung banyak vitamin.

Nah sekian artikel Cara membuat telur balado padang, serta tips dan ulasan-ulasan mengenai telur balado. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!