Cara Membuat Telur Gulung Sosis Tamagoyaki

cara-membuat-telur-gulung-sosis

Halo.. kali ini akan berbagi cara membuat telur gulung sosis. Namun yang akan kita buat kali ini adalah tamagoyaki atau telur gulung versi jepang. Bagi kamu penikmat seluruh hal-hal yang berhubungan dengan Jepang kamu pasti tidak asing lagi dengan telur dadar gulung Jepang yang nama aslinya adalah Tamagoyaki.

Nah pas banget nih pada artikel ini kita akan membahas cara membuat telur gulung ala Jepang yang rasanya mirip dan enak banget sama negeri asalnya. Cara membuatnya pun mirip dengan cara membuat telur dadar gulung seperti biasanya. Namun gak semua sudah tau tentang asal usul telur dadar gulung Jepang ini kan?yuk kita simak.

 Asal Usul Telur Gulung  Jepang atau Tamagoyaki

Tamagoyaki adalah hidangan yang cukup baru dibandingkan dengan sejarah sushi yang sudah berlangsung lama dalam sejarah memasak. Sejak Periode Edo 1603-1868 resep telur sangat jarang dan telur tidak biasa menjadi bagian dari makanan sehari-hari.

Karena hal ini ada kaitannya dengan larangan konsumsi telur selama abad ke-14 Jepang. Akibat kebangkitan agama Buddha dalam budaya Jepang yang terkait dengan dekrit anti konsumsi hewani. Jadi, konsumsi telur hanya diterima selama awal Zaman Edo.

Tetapi resep yang menggunakan telur dalam masakan Jepang baru muncul pada abad ke-18. Karena untuk membuat Tamagoyaki, juru masak membutuhkan gula dan Mirin agar lapisannya lembut dan empuk. Dan pada saat itu gula merupakan impor yang cukup mahal.

Bertentangan dengan teori umum, Japanese Rolled Omelet tidak berasal sebagai cara untuk mendorong orang tua agar memberi anak lebih banyak protein. Tetapi menjadi lebih populer karena perubahan yang menyenangkan dari omelet dari rasa asin / asam dari resep lain.

Dan telur dadar gulung memiliki rasa manis yang enak yang menjadikannya pembersih langit-langit yang bagus dari makanan lain dalam masakan. Selain itu, telur dadar sangat cepat dan mudah disiapkan dan hanya membutuhkan beberapa menit dari pagi Anda

Tamagoyaki ini sering ditemukan di rumah makan jepang atau warung makan jepang yang biasa kita lihat di jalanan atau di dalam mall. Namun biasanya harga yang dijual tidak murah teman-teman karena yang buat langsung dari ahlinya.

 Tapi teman-teman bisa lho membuatnya sendiri dirumah jika terlalu malas untuk pergi rumah karena kalau dirumah bisa membuat sesuai selera kita, dari segi isian dan rasa. Apalagi biaya membuat sendiri juga lebih murah serta bisa membuatnya sambil bersantai dirumah. Tertarik untuk membuatnya?

Cara Membuat Telur Gulung Sosis Tamagoyaki

cara-membuat-telur-gulung-sosis

 

Bahan dan cara membuat telur gulung sosis sangat sederhana yakni hanya telur dadar yang sudah di bumbui dan diisi dengan isian sesuai selera kemudian digulung sampai menghasilkan lapisan yang banyak, lalu di potong-potong menjadi beberapa bagian.

Tamagoyaki adalah lapisan tipis telur yang dimasak dan digulung menjadi balok menggunakan panci Tamagoyaki persegi panjang khusus. Cara membumbui berbeda di setiap rumah tangga. Beberapa Tamagoyaki sangat manis. Namun beberapa  keluarga menyukai telur yang kurang manis, pada resep ini yang akan dibagikan rasanya tidak manis seperti telur goreng yang digunakan dalam sushi.

Jika kalian tidak memiliki wajan Tamagoyaki, kalian dapat mencoba menggunakan wajan bulat biasa. Pada awalnya mungkin tidak sebagus yang dibuat di wajan khusus dan kalian mungkin perlu melakukan beberapa pemangkasan, tetapi kalian bisa mendapatkan hasil yang serupa setelah berlatih lebih banyak. Selain itu, jika lapisan telur menempel di wajan saat memasak, tambahkan sedikit minyak ke wajan di antara penggulungan.

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt kecap asin
  • 1 sdm mirin (atau 1/4 sdt gula). Jika tidak mempunya mirin tidak usah pakai
  • 1 sdt minyak
  • 1 buah wortel, potong kotak-kotak kecil
  • 1/2 buah tomat, buang bijinya dan potong kotak-kotak kecil
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Sosis 2 buah di iris2

Cara membuat Telur Gulung Sosis Tamagoyaki:

  1. Campur telur, garam, kecap, dan mirin dalam mangkuk.
  2. Panaskan wajan dengan suhu sedang dan tambahkan minyak. (Wajan Tamagoyaki persegi panjang adalah yang terbaik, tetapi wajan bundar juga bisa digunakan.)
  3. Tuang selapis tipis campuran telur ke dalam wajan, miringkan untuk menutupi bagian bawah wajan. Setelah telur tipis mengeras sedikit, gulingkan perlahan menjadi batang kayu. Mulailah menggulung ketika bagian bawah telur telah mengeras dan masih ada cairan di atasnya.
  4. Jika kalian membiarkan telur terlalu matang, telur tidak akan lengket saat kalian menggulung telur. Sekarang kalian memiliki telur di salah satu ujung panci.
  5. Tuang campuran telur lagi untuk menutupi bagian bawah wajan, dengan telur gulung di ujungnya. Setelah lapisan baru mengeras, gulung kembali telur ke atas telur tipis yang sudah matang dan gulung ke ujung wajan lainnya.
  6. Ulangi menambahkan telur ke dalam wajan dan menggulung maju mundur sampai telur habis.
    angkat dari wajan dan dinginkan selama 3-4 menit. Iris ujung telur dan kemudian iris lagi menjadi potongan-potongan 1/2 “.
  7. Kalian akan melihat pola spiral yang bagus di penampang telur.

Bagaimana? Mudah kan cara membuat telur gulung sosis Tamagoyaki ini? Selamat mencoba! Telur gulung ini sangat nikmat dihidangkan dengan nasi putih atau hanya telur saja. telur ini juga bisa dipotong tipis tipis dan dijadikan taburan sushi atau ditumpuk dengan nasi lalu diikat dengan rumput laut menjadi seperti sushi. Jangan lupa untuk mencoba juga cara membuat puding vla coklat yang cocok sebagai hidangan pencuci mulut setelah menikmati telur gulung tamagoyaki