Cara Membuat Thai Tea Praktis untuk Jualan

Cara Membuat Thai Tea untuk Jualan

Cara Membuat Thai Tea untuk Jualan ini sebenarnya sangatlah mudah, jika kalian ingin membuka bisnis minuman kalian dapat membuka bisnis thai tea. Thai Tea sendiri memang populer saat saat ini. Bagaimana cara membuatnya?? Yuk simak artikel ini.

Sejarah pada Thai Tea

Thai Tea yang juga dikenal sebagai Teh Thailand ini ialah minuman yang terbuat dari teh, susu dan gula, disajikan secara dingin ataupun panas. Thai Tea ini sangat populer di Asia Tenggara dan sering disajikan di restoran-restoran yang menyajikan makanan Thailand. Tetapi sekarang ini Thai Tea tak hanya disajikan di restoran saja, tetapi juga telah dapat ditemukan di gerai gerai di mall-mall atau piggir jalan sekalipun. Cara membuat Thai Tea yang lain.

Tak sedikit para pengusaha yang melirik minuman khas Negeri Gajah ini, dikarenakan memang saat ini di Indonesia sendiri minuman ini cukup dilirik di masyarakat. Brand brand penyedia minuman teh Thailand yang berbentuk waralaba seperti Dum Dum Thai Tea, Rachacha Thai Tea, Nyot Nyot Thai Tea, dan Kako tengah berkembang dengan pesat di Indonesia. Pada umumnya gerai gerai ini menyajikan teh Thailand dalam keadaan dingin (Thai Iced Tea).

Dengan menguasai cara membuat thai tea ini untuk jualan kalian pun dapat menjalankan bisnis minuman ini. Nah Bagaimana caranya? Kali ini mimin akan bagikan bagaimana cara membuat Thai Tea versi dingin untuk jualan. Simak cara cara di bawah ini:

Cara Membuat Thai Tea untuk Jualan

 

 

Cara Membuat Thai Tea untuk Jualan

Bahan Bahan yang Diperlukan:

Di negeri Gajah Putih atau Thailand, bahan dasar minuman ini ialah teh Ceylon, atau Bai Miang. Tapi di sini kalian dapat menggantinya dengan teh lokal yang tersedia di wilayah kalian masing masing.

Lalu, bahan lainnya yang juga tak kalah penting ialah susu. Kalian dapat menggunakan susu segar, tapi di sini akan lebih tepat lagi jika kita menggunakan susu evaporasi. Pilihlah susu yang ada label Evaporated Milk, yang dimana dikemas dalam kemasan kaleng. Atau jika tidak ada, kalian dapat juga menggunakan kental manis yang tak terlalu manis seperti susu carnation, ataupun juga dapar menggunakan santan.

Sebagai pelengkapnya, kalian juga dapat menambahkan bahan tambahan lainya seperti air jeruk, bunga lawang, ataupun rempah-rempah lainnya. Berikut adalah rincian bahan baku Thai Tea:

  • Air (200 ml)
  • Daun teh hitam (3 sdm)
  • Susu segar/susu evaporasi/santan (5 sdm)
  • Susu kental manis (2 sdm)
  • Es batu konsumsi (secukupnya)
  • Krimer bubuk (2sdm) (opsional)
  • Gula (opsional)
  • Air jeruk, rempah-rempah (opsional)

Alat yang diperlukan:

  • Wadah untuk mengkocok minuman (shaker)
  • Gelas

Cara membuat Thai Tea:

  1. Pertama tama seduh teh hitam yang telah kalian persiapkan hingga air seduhan teh menjadi merah-kehitam hitaman, lalu tunggu hingga dingin.
  2. Kemudian saring teh ke dalam shaker bottle, tambahkan kental manis, krimer, es batu. (dapat juga ditambahkan lagi dengan gula, rempah, sesuai selera kalian tentunya).
  3. Langkah ketiga kocok shaker bottlenya.
  4. Setelah itu tuang teh ke dalam gelas, lalu masukkan es batu, dan tambahkan juga susu segar/susu evaporasi/santan
  5. Kelima tambakan perasan air jeruk untuk memperkaya rasanya, sedikit saja sekitar 1 sendok makan.
  6. Terakhir sajikan Thai Tea untuk dihidangkan

Di restoran restoran Thailand, teh ini biasanya disajikan dalam gelas yang tinggi, tetapi saat dijual di gerai gerai jalanan dan pasar di Thailand, teh ini biasanya dikemas dalam wadah/gelas plastik

Sekilas Pengetahuan Tentang Penyajian Thai Tea.

Thai Tea ini dikenal dengan minuman dingin yang menyegarkan, termasuk juga di Indonesia. Tetapu di negara asalnya, minuman ini disajikan dengan 2 cara tentunya, yaitu dingin dan panas. Selain membuat thai tea yang segar, kalian juga dapat membuat gulali kapas denga mesin arum manis berikut ini.

Dingin

Dark Thai iced tea atau dalam bahasa Thailand: znan tu cha dam yen. Teh Thailand yang disajikan dingin, namun tanpa menggunakan susu, hanya dengan gula manis. Konsep ini didasari pada teh tradisional India, yang digunakan sebagai bahan utamanya.

Panas

Di Thailand, teh panas Thailand sering diminum disaat pagi hari bersama dengan Yiu Ja Guoy (Cina: HXF) atau pathongko (Thailand: avautri), atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan jajanan Cakwe. Ada 2 varian Thai Tea panas tentunya.

Thai Hot Tea (Thai: 2 šau, cha rorn), Teh Thailand yang disajikan panas seperti ini yang ada di atas tersebut. Dark Thai Hot Tea (Thailand: nn šau, cha dam rorn) Teh Thailand yang disajikan panas tanpa kandungan susu, dan hanya menggunakan gula manis.