Cara Memilih Degan yang Bagus

cara memilih degan yang bagus

Cara memilih degan yang bagus ini wajib Anda ketahui agar tidak lagi salah memilih. Kenali ciri-ciri khusus kelapa muda berikut ini.

Pohon Kelapa banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Hampir semua bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk menyokong kehidupan manusia. Salah satu yang banyak dimanfaatkan yakni buah kelapa.

Buah kelapa yang masih muda taau biasa disebut “degan” menjadi favorit masyarakat indonesia karena airnya yang segar serta daging buah yang lembut dan manis. Kelapa muda biasanya dijadikan sebagai minuman segar, bahan baku makanan penutup seperti puding, kue basah, dan lain sebagainya.

Diperlukan ketelitian dalam memilih buah kelapa muda. Hal ini dilakukan agar buah kelapa yang dipilih memiliki tekstur daging yang lembut dan tidak keras. Dalam memilih kelapa muda yang bagus, Anda dapat memperhatikan ciri-ciri berikut ini.

1. Tangkai buah kelapa

Lihatlah bagian tangkai buah kelapa, terdapat lingkaran terdapat lingkaran yang menyatu dengan tangkainya. Lingkaran tersebut biasanya dijadikan sebagai penanda usia kelapa. Buah kelapa yang masih muda biasanya memiliki diameter lingkaran yang masih kecil. Sementara itu, lingkaran dengan diameter yang sangat lebar ini menandakan bahwa kelapa itu sudah tua.

2. Warna kulit kelapa

Warna kulit kelapa muda tidak harus berwarna hijau merata. Faktanya, warna pada buah kelapa juga dipengaruhi oleh tempat tumbuhnya.

Kelapa yang di tanam di sekitar pantai biasanya berwarna kekuningan, sedangkan kelapa yang tumbuh di area pegunungan berwarna hijau muda. Meskipun demikian, hindari memilih buah kelapa dengan warna kuning kecoklatan.

Kelapa muda yang sering dijadikan sebagai minuman segar dan bahan utama dalam pembuatan dessert adalah jenis kelapa dari pegunungan karena memiliki kandungan air yang lebih banyak dan daging yang lembut.

3. Serat kelapa | Cara Memilih Degan yang Bagus

Pilihlah buah kelapa yang masih hijau, dengan serat berwarna kecoklatan pada bagian luarnya. Serat coklat pada kulit kelapa menandakan bahwa kelapa tersebut masih muda.

4. Kandungan air

Salah satu yang ciri-ciri buah kelapa muda yaitu memiliki kandungan air yang banyak. Hal ini bisa dilihat dengan cara menguncang-guncangkan buah kelapa.

Banyak dan tidaknya air di salam kelapa bisa diperkirakan melalui suara gemercik air yang terdengar. Kelapa yang masih muda akan menghasilkan bunyi yang sedikit pelan atau bahkan tidak terdengar suaranya jika dibandingkan dengan kelapa yang sudah tua.

Buah kelapa yang memiliki banyak kandungan air menandakan bahwa kelapa tersebut masih segar.

5. Daging buah

Bagian penting dalam kelapa muda yang akan dikonkumsi selain air kelapa yaitu daging buahnya. Kelapa yang diolah menjadi minuman segar maupun dessert adalah buah kelapa yang memiliki daging yang lembut dan empuk.

Untuk memilih kelapa muda yang tepat, Anda bisa mengidentifikasinya dengan cara menepuk-nepuk buah kelapa tersebut.

Jika terasa membal dan bergetar, maka daging kelapa masih tipis dan lembut sehingga mudah untuk disendoki. Namun sebaliknya, jika kelapa tidak terlalu membal dan getarannya kurang terasa, maka hal ini menandakan bahwa kelapa tersebut sudah tua dan dagingnya keras.

6. Cangkang Kelapa | Cara Memilih Degan yang Bagus

Pilih buah kelapa yang masih utuh, dalam artian cangkangnya tidak pecah. Cangkang kelapa yang pecah dapat berakibat bagian dalam kelapa sudah terkontaminasi jamur dan bakteri sehingga kelapa tidak lagi dapat dikonsumsi.

Dengan informasi ini, sekarang Anda tak perlu bingung dalam memilih kelapa muda dengan kualitas bagus.

Untuk memudahkan Anda dalam mengupas buah kelapa, Anda dapat menggunakan Mesin Pengupas Kelapa Muda. Mesin ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai berbisnis kelapa muda.

Baca juga informasi menarik lainnya hanya di sini.