Cara Memperbaiki AC Inverter

Cara Memperbaiki AC Inverter

Cara Memperbaiki AC Inverter terpilih menjadi topik yang akan saya bahas pada artikel kali ini dan pastinya akan ada solusi dan tips and trick nya juga, yuk disimak baik-baik!

Sangat banyak orang yang masih bergantung pada air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan supaya mendapatkan kenyamanan di rumah. Tetapi dikarenakan penggunaan atau pengoperasian yang masih kurang tepat, AC bisa menjadi tidak berfungsi dengan baik seperti normal. Terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat AC cepat rusak. Salah satunya yaitu kebocoran yang terjadi pada freon.

Biasanya freon bocor dikarenakan pipa saluran yang mengalirkan udara dingin keluar tersumbat oleh debu, atau kendurnya sambungan instalasi pada pipa. Penyebab yang lainnya ialah kapasitor ataupun kondensator yang sedang bermasalah. Kondensator ini berfungsi sebagai penyimpan energi serta menjadi tempat pelepasan panas sistem pada AC. Kalau kondensator rusak, maka AC tidak bisa mengeluarkan udara dinginnya.

Kompresor yang hangus dan berkarat juga merupakan penyebab umum kerusakan AC. Biasanya sering terjadi kepada AC yang memang sudah lama dipakai, sekitar 5-1- tahunan. Jika sudah terdapat karat pada kompresor maka bisa berimbas pada sistem lainnya yang ada dalam AC.

Jika AC rusak, bocor atau bahkan tidak mengeluarkan udara dingin, terdapat beberapa hal yang mungkin bisa teman-teman lakukan sebagai pencegah kerusakan bertambah parah sebelum memanggil teknisi ke rumah. Atau, bahkan bisa teman-teman perbaiki sendiri jika memang memungkinkan.

Cara Memperbaiki Ac Inverter

1. Membersihkan AC

Hal pertama yang bisa teman-teman lakuka jika AC tidak menyala ataupun tidak mengeluarkan angin dingin ialah membersihkannya dari segala kotoran. Debu yang menumpuk bisa membuat freon tersumbat serta bocor, atau kipas tidak bisa berputar dengan baik. Tetapi jika AC masih juga rusak, sebaiknya panggil jasa teknisi karena kemungkinan masalahnya bisa lebih serius dan berkaitan dengan sistem pada AC.

2. Cek Kondisi Kipas

Setelah selesai dibersihkan, cobalah menyalakannya kembali dan jika bisa berfungsi normal, maka tidak perlu memanggil jasa teknisi. Jika AC sudah bersih tetapi tidak juga bisa menyejukkan ruangan, teman-teman bisa memeriksa kipas pada bagian luar.

Nyalakan AC, kemudian lihat apakah kipas pada AC berputar dengan normal, putarannya lemah atau bahkan tidak berputar sama sekali. Jika tak bisa berputar cobalah memeriksa kabel atau kompresor apakah ada yang putus atau terbakar. Sebelum memeriksanya, pastikan teman sudah mematikan AC sebagai pencegah korsleting atau bahkan tersengat listrik.

3.Periksa Keseluruhan

Jika saja kipas angin menyala tetapi kompresor tidak bekerja, cobalah periksa kabel serta soket listrik pada bagian luar AC. Cek apakah ada bagian kabel ataupun soket yang rusak. Cek juga remote controlnya untuk memastikan mode yang dipilih sudah benar. Kipas dan kompresor akan berfungsi jika remote control diatur dalam mode ‘Cool’ ataupun ‘Auto’.

Cara yang terakhir ini sangat simpel bahkan mungkin terkesan sepele, tetapi sangat perlu diperhatikan. Periksa juga sambungan pada kabel listrik diantara bagian dalam serta luar pada AC. Tidak menyala nya AC bisa disebabkan karena terdapat sambungan yang terlepas atau bahkan kendur.

Jika ke-tiga cara semuanya telah dilakukan tetapi AC tidak juga menyala, maka sudah saatnya teman-teman memerlukan bantuan kepada teknisi. Jangan biarkan AC rusak terlalu lama karena akibatnya perbaikan akan lebih sulit serta memakan lebih banyak biaya.

Itu lah beberapa pelajaran dari Cara Memperbaiki AC Inverter yang bisa kita ketahui. Jika teman-teman ingin mencari jasa service ac silahkan membaca artikel berikut Service AC Jogja teman-teman juga akan menemukan spesifikasi lengkapnya disana. Selain harganya murah pelayanannya juga maksimal loh!
Semoga mendapat manfaat dari semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!