Cara Menabung dirumah dengan Baik

cara-menabung-dirumah-dengan-baikPada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara menabung dirumah dengan baik. Menabung merupakan hal kecil yang mungkin dari sebagian kita orang yang suka beli barang apapun terasa susah dan sulit, karena banyak keinginan yang ingin kita beli dan terkadang juga menabung merupakan hal yang mudah.

Sebenernya modal yang paling penting dan pertama untuk menabung yaitu niat. Kemudian muncul dibenak kita bagaimana cara menabung dirumah dengan baik, apakah bisa? Jelas bisa, asalkan bisa bikin sistem sendiri. Banyak hal-hal kecil yang bisa kamu jadikan peluang menabung efektif untuk menyimpan dana tambahan, apalagi untuk keadaan mendesak. Mari simak cara menabung dirumah dengan baik:

1. Mengikuti Arisan

Arisan merupakan cara menabung yang sering dilakukan oleh ibu-ibu, tetapi dizaman sekarang tidak hanya ibu-ibu yang melakukan cara menabung dengan cara arisan. Banyak anak-anak sekolah yang melakukan arisan ini, jadi tidak dapat dipungkiri lagi bahwa arisan merupakan cara yang sangat simple dilakukan karena sistemnya yang sangat efektif. Jadi dengan melalui arisan kita dituntut untuk menabung dirumah secara rutin dan menyenangkan.

2. Menyisihkan sebagian dari pendapatan diawal bulan

Mungkin banyak dari kita masih salah kaprah dengan metode menabung. Beberapa dari kita  masih memilih untuk menyisakan uangnya di akhir bulan daripada menyisihkannya di awal bulan. Caranya, dengan menentukan nominal tertentu untuk disisihkan di awal bulan. Dengan begitu, niat nabungmu bisa terlaksana dengan konsisten dan tidak berhenti ditengah jalan.

Menabung dengan cara ini cocok bagi kamu yang sudah mendapatkan pendapatan, karena biasanya diawal bulan kamu medapatkan gaji dari pekerjaan kamu. Misalkan kamu bisa menyisihkan 15% – 30% dari pendapatan untuk ditabung, dengan begitu kamu dapat membatasi pengeluaran setiap bulannya agar terhindar dari hal kekurangan dana di akhir bulan dan menghindari hal-hal atau pengeluaran yang sekiranya tidak perlu maka diperlukan mengetahui berapa total penghasilan dan pengeluaran sehari-harinya.

3. Mementingkan barang yang dibutuhkan dari apa yang diinginkan.

Menabung merupakan cara seseorang untuk menyimpan uang, tetapi dengan cara mementingkan barang yang dibutuhkan dari apa yang diinginkan maka kamu sudah termasuk orang yang menabung karena kamu menyimpan uang itu untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan bukan hanya barang yang diinginkan. Karena keinginan bisa ditunda, atau bahkan digantikan dengan keinginan yang lebih besar (seperti tujuan keuangan kamu).

Namun, kebutuhan tidak bisa dihilangkan, hanya bisa diatur atau dibatasi. Karena tidak semua sesuatu yang diinginkan memiliki prioritas yang sama. Pastikan jujur pada diri sendiri dalam memberikan penilaian dan memilih sesuai dengan kebutuhan yang penting.

Selain itu, kamu juga bisa menyusun skala prioritas kebutuhan. Urutkan tujuan penggunaan uang kamu dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Karena tujuan kamu adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan kamu untuk ditabung.

4. Memindahkan uang tabungan dirumah ke Bank

Menabung dirumah merupakan jembatan sebelum uang masuk ke bank untuk ditabung lagi. Mungkin menabung dirumah sudah cukup tetapi bagi kamu yang uang tabungan semakin banyak maka lebih baik ditabung ke Bank, karena tentunya dengan menabung di bank uang tabungannya lebih aman. Terlebih jika kamu termasuk orang yang boros maka uang akan cepat habis, karena untuk menghindari permasalahan seperti itu maka perlunya uang yang sudah terkumpul banyak dirumah disetor ke bank untuk di tabung lagi disana.

5. Membeli aset

Bila kamu sudah mempunyai uang yang bisa ditabung, sisihkan juga sedikit demi sedikit untuk diinvestasikan. Mengapa harus investasi? Menabung memang membawa untung karena ia bisa dijadikan dana darurat, dimana begitu kamu butuh, kamu bisa menarik uang kapan saja dari tabungan.

Sebaliknya, bila hanya bergantung pada tabungan saja, yang ada uang kamu malah berkurang nilainya sedikit demi sedikit tanpa kita sadari jika dilakukan menabung di bank.

Itulah cara menabung dirumah dengan baik yang dapat kamu terapkan mulai dari sekarang. Apabila selama prosesnya kamu mengalami satu atau beberapa kendala (karena menabung itu memang susah), coba gunakan salah satu dari beberapa cara yang sudah saya paparkan diatas yang menurut kamu sesuai dengan kepribadian kamu. Dari menabung ini komitmenmu benar-benar diuji, jangan sampai kamu lengah di tengah jalan, selalu ingatlah tujuanmu yang akan diraih di masa depan kelak.

Selain itu, lakukanlah menabung dengan rutin dan disiplin. Tidak peduli seberapa besar setoran tabunganmu, jika tak disiplin akhirnya pun gak akan maksimal dan bisa jadi berhenti ditengah jalan. Intinya, selalu perhatikan arus pengeluaran dan pemasukan uang, kamu menghabiskan uang untuk apa saja, dan jangan lupa untuk investasi agar tetap memiliki aset di masa depan.