5 Langkah Mudah Cara Menanam Tomat dari Biji

cara menanam tomat dari biji

Cara menanam tomat dari biji berikut sangat menarik untuk Anda simak terutama bagi Anda yang ingin memulai budidaya tomat.

Tomat adalah salah satu buah dan sayur-sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan. Dengan membudidayakan buah tomat sendiri di rumah, tentu akan lebih mudah dan praktis ketika Anda tiba-tiba menginginkan dan membutuhkan tomat untuk masakan Anda.

Kali ini kita akan bahas bagaimana cara untuk menanam tomat dari biji. Simaklah langkah-langkah bagaimana cara menanam tomat berikut ini.

Cara Menanam Tomat dari Biji

Sebelum memulai menanam, salah satu hal yang Anda butuhkan tentu saja adalah benih. Berikut ini cara menyiapkan biji atau benih tomat.

Menyiapkan Biji Tomat

  1. Pertama, pilihlah buah tomat yang ingin dijadikan benih. Hindari memilih tomat hibrida, sebab buahnya sudah mengandung banyak bahan kimia. Pilih buah tomat yang sudah tua dan berkulitas baik. Artinya buah tomat telah berwarna merah merata, kulit buahnya halus,  dan terhindar dari serangan hama dan penyakit.
  2. Setelah itu, pisahkan biji tomat dari dagingnya dengan cara membelah tomat menjadi dua bagian. Ambil bijinya menggunakan sendok dan letakkan dalam mangkuk bersih.
  3. Lakukan proses fermentasi dengan membiarkan biji tomat dalam mangkuk selama 2-3 hari.
  4. Kemudian cuci bersih biji tomat dengan air. Tambahkan garam dan beberapa tetes cuka saat mencuci. Buanglah biji tomat yang terapung, karena biji tersebut tidak akan bisa tumbuh. Keringkan biji tomat.
  5. Simpanlah biji tomat kering di dalam plastik kemudian letakkan dalam lemari es selama 1-2 minggu. Biji tomat siap ditanam

Jika Anda sedang memulai budidaya tomat dengan skala yang besar, dan ingin membuat benih tomat sendiri, Anda bisa menggunakan Mesin Pemisah Biji untuk memudahkan Anda dalam memisahkan biji tomat. Penggunaan mesin ini mampu menghemat waktu, tempat, maupun tenaga.

Cara Menanam Tomat

1. Menyiapkan Bahan dan Peralatan

Siapkan polybag dan media tanam. Campurlah tanah, sekam, dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:1. Buatlah media tanam ini beberapa hari sebelum menanam tomat, agar mineral yang ada di pupuk kompos sudah menyatu dengan tanah.

2. Menyemai Biji Tomat

Sebelum menanam biji tomat di media tanam, semailah terlebih dahulu biji tomat pada media semai. Semailah biji tomat pada media semai yang terbuat dari campuran tanah dan pupuk kompos.

Letakkan media semai di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari maupun hujan secara langsung. Biji tomat akan mulai tumbuh dan berkecambah setelah berumur sekitar 35-40 hari.

3. Memindahkan Biji yang Sudah Berkecambah

Setelah biji berkecambah, pindahkan tanaman tomat ke media tanam yang sudah Anda siapkan. Gunakan polybag atau pot sebagai wadah media tanam. Pindahkan bibit tomat dengan hati-hati, agar batang atau akarnya tidak terputus.

4. Perawatan Tomat

Jika bibit tomat dipindahan, sekarang tugas Anda adalah menjaga dan merawat tanaman tomat agar bisa tumbuh dengan optimal.

Letakkan tanaman tomat di bawah sinar matahari secara langsung. Beri pupuk kompos dan pastikan media tanam tetap lembab dengan menyiramnya secara rutin 2 kali sehari.

Bersihkan gulma atau rerumputan yang tumbuh disekitar tanaman tomat, agar pertumbuhannya tidak terganggu.

5. Panen

Tanaman tomat akan menghasilkan buah dan siap dipanen ketika berumur kurang lebih 2-3 bulan.

Buah tomat yang siap panen memiiki ciri fisik yaitu berwarna kekuningan dan memiliki batang yang mengering. Panenlah buah tomat di pagi atau sore hari agar buah yang dipetik tidak cepat layu.

Demikian tadi cara menanam tomat dari biji. Mudah kan? Yuk kita praktekkan cara-cara tadi di rumah. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di Poskan Konten.