kopi kapal api

Cara mengemas kopi kapal api yang baik dan benar bagi para konsumen tentu tidak diperhatikan, bagaimana proses pengemasannya, cara membuat kemasannya dan hal lain yang termasuk kedalam hal produksi. Konsumen benar benar hanya sebagai penikmat saja. Untuk itu supaya kopi kapal api yang kamu jual dapat laku keras, kamu harus memperhatikan cara produksinya.

Lazimnya konsumen akan membeli dengan melihat penampilan yang ditampilkan. Dalam hal ini tentu yang dimaksud adalah kemasannya. Maka, kemasan yang menarik tentu akan lebih cepat juga untuk menarik perhatian konsumen.

Berikut disajikan artikel ‘Cara Mengemas Kopi Kapal Api yang Baik dan Benar’ silahkan disimak!!!

 

Kopi Kapal Api

 kopi kapal api

Kopi Kapal Api merupakan kopi yang diproduksi oleh PT. Santos Jaya Abadi perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai kopi kemasan dan minuman kemasan. Kantor pusat PT. Santos Jaya Abadi terletak di Sepanjang, Sidoarjo.
Sejak mulai beroperasi, PT. Santos Jaya Abadi ini telah melakukan inovasi dan memproduksi berbagai kopi kemasan dengan kualitas terjamin dan memiliki cita rasa yang khas.

 

Tujuan Pengemasan Kopi

tujuan pengemasan kopi kapal api

Sebagai pebisnis kopi, kamu perlu memperhatikan kualitas kopi dalam pengemasan. Berikut beberapa tujuan mengapa kamu perlu mengemas kopi excelso, kopi kapal api dan kopi jenis lainnya dengan baik.

1. Melindungi Kopi dari Kerusakan

Kopi bubuk merupakan jenis produk yang mudah rusak. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh kelembaban air yang tinggi, oksigen (udara) atau juga suhu tinggi. Maka dari itu kemasan yang baik seharusnya dapat melindungi produk yang disebabkan dari faktor lingkungan tersebut.

2. Memudahkan Penyimpanan dan Distribusi

Kopi dalam kemasan akan lebih mudah disimpan dan distribusikan. Selain itu, selama proses distribusi, kopi pun tidak akan berceceran. Manfaat lain dari kemasan yaitu dapat mempermudah proses perhitungan jumlah produk. Jadi resiko produk hilang, rusak, tercecer, dapat diketahui dengan mudah.

3. Menjadi Ciri Khas Kopi

Kemasan produk ibarat baju bagi manusia. Kamu bisa menciptakan desain kemasan sehingga produkmu dapat dibedakan dengan produk lain secara lebih mudah oleh konsumen.

Desain kemasan kopi juga dapat dijadikan sebagai sarana branding. Kamu bisa mengirimkan pesan kepada customer melalui label kemasan, logo atau warna kemasan. Jika kemasan kamu unik dan menarik maka konsumen akan dengan mudah mengenali produk kopimu.

Baca Juga : Cara Mengemas Kerupuk Jengkol dan Analisa Usahanya

 

Bahan Kemasan Kopi

Banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengemas kopi, berikut ini adalah beberapa bahan yang paling umum digunakan dalam penggunaan kemasan kopi.

1. Plastik

Plastik merupakan bahan serbaguna yang paling umum digunakan untuk mengemas produk apapun. Begitupun dengan produk kopi bubuk, mulai dari kopi jadul hingga kopi kekinian. Karena harganya yang terjangkau membuat plastik sering kita jumpai sebagai kemasan kopi.

2. Alufoil (Aluminium Foil)

Ini juga bahan yang sangat cocok untuk kemasan kopi. Karena aluminium foil dapat tahan panas, jadi dapat memberikan pelindungan lebih pada kopi. Aluminium foil ini juga alan memberi kesan eksklusif pada produk kopi yang dikemas.

3. Metalize

Jenis ini sering dibilang mirip dengan aluminium foil, namun sebenarnya berbeda. Perbedaannya dapat dilihat dalam warna yang lebih terang dan mengkilap. Metalize serin g dipilih para pebisnis kopi karena harganya lebih murah dari aluminium foil.

4. Kertas

Kertas menjadi salah satu kemasan tertua, bahkan kertas ditemukan dan dipasarkan  sebelum plastik. Paper bag menjadi salah satu kemasan kopi yang terbuat dari kertas.

 

Cara Memilih Kemasan Produk Kopi Kapal Api

cara memilih kemasan kopi kapal api

Kemasan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan produk saat dipasarkan. Kamu dapat memilih kemasan yang tepat untuk produk kopimu. Karena jika salah memilih kemasan bisa saja produk yang sudah susah payah dibuat akan cepat kadaluarsa sebelum waktunya.

Berikut terdapat cara memilih kemasan yang bisa kamu terapkan pula untuk produk kopi mu.

1. Sesuaikan Ukuran Produk dengan Kemasan

Sebelum melakukan pengemasan alangkah baiknya kamu menyesuaikan ukuran produk kopimu dengan kemasan. Usahakan masih terdapat ruang kosong pada kemasan, untuk menghindari kerusakan kemasan akibat kepenuhan.

2. Pilih Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Kemasan yang tepat harus memperhatikan jenis kemasan dengan kebutuhan. Hal ini bisa disesuaikan dengan produkmu membutuhkan jenis kemasan transparan, kombinasi, atau full foil.

3. Fitur yang Tepat

Kemasan memiliki tiga fitur yang dapat kamu pilih, yaitu :

  • Fitur Vacuum, biasa digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa suatu produk. Namun ini tidak disaranka untuk kopi bubuk, karena nantinya bubuk kopi akan ikut terhirup oleh mesin vacuum
  • Fitur Zipper, mampu melindungi produk dari sinar matahari dan oksigen.
  • Fitur Valve, berperan mengeluarkan gas dari dalam kemasan, namun udara luar tidak dapat maasuk kedalam kemasan.

4. Tentukan Material Kemasan

Dalam memilih kemasan kopi, para pebisnis dapat memilihnya dengan memperhatikan material. Karena nantinya itu dapat mempengaruhi kualitas kopi. Berikut 2 macam kemasan yang baik digunakan untuk kopi bubuk :

a. Kemasan Gusset

Terbuat dari aluminium foil dan memiliki ketebalan 90 mikron yang dapat meminimalisir paparan sinar matahari dan oksigen dari luar. Kemasan ini memiliki sisi yang berbeda-beda.

Ada yang memiliki dua sisi tertutup dan ada yang menyediakan kemasan dengan satu sisi terbuka pada bagian atasnya. Pada bagian dalam, disertakan zipper atau klip dan pada bagian atasnya disegel menggunakan alat pres seperti mesin hand sealer atau continuous sealer.

b. Kemasan Standing Pouch One Way Valve

Kemasan ini menggunakan bahan aluminum foil dengan ketebalan 125 mikron yang tahan terhadap paparan sinar matahari dan sangat cocok untuk mengemas produk bubuk kopi. Selain itu dilengkapi juga filter one way valve atau katup satu arah yang berbahan nylon. Katup ini berfungsi untuk mengeluarkan karbondioksida pada kopi yang tertahan  di dalam kemasan.

 

Demikian artikel mengenai ‘Cara Mengemas Kopi Kapal Api yang Baik dan Benar’ semoga bermanfaat yaa!!! 🙂