cara mengemas sereal dengan bagus

Cara mengemas sereal dengan bagus kini perlu ditingkatkan lagi, mengingat banyaknya konsumen yang lebih mementingkan tampilan dan kualitas kemasan. Dengan itu maka para pebisnis sereal harus memainkan kreativitas yang ada pada diri, untuk di tuangkan dalam kemasan produknya.

Pembuatan kemasan dengan bagus bisa dimulai dengan permainan warna, desain, dan elemen elemen pendukung yang akan ada pada kemasan. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai ‘Cara Mengemas Sereal dengan Bagus Agar Menunjang Pasar’ silahkan disimak!!!

 

Cara Memilih Sereal

cara memilih sereal

Jika akan membeli sereal yang dikemas maka hal yang harus diperhatikan adalah integritas pakernya, tanggal kadaluwarsa, dan penampakan atau penampilan serealnya. Karena pada umumnya sereal yang baik adalah sereal yang tidak menggumpal dan saling menempel, serta tidak ada kotoran asing didalamnya.

 

Cara Mengemas Sereal dengan Bagus

kemasan sereal bagus

Pengemasan sereal perlu di upgrade dengan bagus dan tetap memperhatikan kualitasnya. Berikut cara mengemas sereal dengan bagus :

1. Perhatikan Udara yang Ada Pada Kemasan

Karena udara bisa menjadi media perkembangan bakteri yang dapat membuat produk mudah basi. Maka dari itu udara harus mendapat perhatian dan pertimbangan sendiri pada cara mengemas sereal dengan menarik ini

2. Menyegel Kemasan dengan Benar

Menyegel kemasan dengan benar akan memberikan pertahanan yang baik karena produk pasti bisa terlindungi secara maksimal. Untuk memberikan proteksi maksimal tersebut kamu perlu memperhatikan alat penyegel yang kamu gunakan.

Sebagai contoh, jika produk kamu memiliki bahan kemasan plastik yang cukup tebal maka hindari penggunaan mesin segel atau alat press yang memiliki segel tipis. Karena segel tipis tidak mampu memberikan perlindungan yang maksimal, bahkan segel bisa langsung terbuka dengan mudah.

3. Pemilihan Plastik yang Benar

Bahan plastik akan sangat menentukan ketahanan produk kamu. Setiap produk pasti memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing, karena komposisi pada setiap produk memberikan perbedaan dalam pengemasan nya.

Bahan plastik kemasan yang tepat, aman dan sesuai dengan produkmu akan memberikan keuntungan, karena nantinya produkmu akan lebih tahan lama.

4. Menjaga Kebersihan Selama Proses Packing

Mungkin kamu sudah menggunakan bahan baku yang tepat untuk produkmu, tapi saat dikirim produk rusak dan tidak tahan lama. Maka disini bahan baku tidak bisa menjamin produk kamu akan tahan lama jika kamu juga tidak memperhatikan proses pengemasan.

Kebersihan pabrik atau tempat produksi sangat lah penting, karena itu adalah hal yang menunjang efektivitas. Produk kamu bisa terkontaminasi atau bahkan ikut tercemar jika lingkungan produksi tidak mendukung.

 

Cara Mengemas Sereal dengan Bagus Harus Memperhatikan Desain

kemasan sereal yang bagus

Meskipun produk sereal yang kamu jual merupakan faktor terpenting dalam menentukan kesuksesan penjualan. Namun sebenarnya desain kemasan produklah yang memainkan peran besar dalam keberhasilan penjualan, bahkan juga dapat memengaruhi cara konsumen memandang produk itu sendiri.

Karena itu, para produsen harus meluangkan banyak waktu untuk membuat dan memilih desain yang paling mewakili merek dan produk sereal dengan cara yang sesuai dengan target pasar. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara memilih desain kemasan sereal yang bagus.

1. Pahami Target Pasar

Memahami kepada siapa kamu akan menjual produk merupakan langkah pertama dalam merancang desain kemasan yang bagus.

Ada berbagai pertanyaan yang perlu diingat untuk menentukannya, seperti apakah target pasar kamu, lebih didominasi pria atau wanita, dimana mereka akan membeli produk, informasi apa yang mereka pertimbangkan saat mencari produk, bagaimana pengemasan memengaruhi keputusan, dan masih banyak lagi.

Pertanyaan-pertanyaan ini yang akan memengaruhi palet warna, bentuk kemasan, dan elemen lainnya.

2. Pilih Kemasan yang Masuk Akal

Pemilihan kemasan yang sesuai dengan produk sereal sangat penting untuk diperhatikan. Supaya dapat dipastikan bahwa produk sereal tersebut sampai ke konsumen dengan aman dan kualitas yang masih sama. Ini mungkin lebih melibatkan paket atau bantalan yang lebih tahan lama pada kemasan.

3. Perjelas Apa yang Akan Dijual

Desain kemasan harus menyampaikan dengan jelas mengenai isi produk. Jika menggunakan gambar, gunakanlah gambar yang menggambarkan produk secara akurat. Yang pasti desain kemasan harus menyampaikan nilai dari apa yang ada di dalamnya.

4. Buat Kemasan yang Mudah Dibuka

Kemasan yang sulit dibuka dapat menyebabkan kebingungan kondumen dan dapat mengakibatkan kerusakan produk yang ada di dalamnya. Nantinya ini juga dapat merusak reputasi produk dan menurunkan kemungkinan pembelian kembali.

Maka dari itu, buatlah kemasan yang mudah dibuka, baik itu dengan tab ‘sobek di sini’ atau tutup yang mudah diputar.

5. Pertimbangkan Akan Terlihat Seperti Apa di Toko

Pikirkanlah di mana produk serealmu akan dijual dan ingat variabel yang bergantung pada lokasi ini. Pikirkanlah lebih matang mengenai berapa banyak kemasan yang akan terlihat, font apa yang paling jelas dari sudut pandang konsumen, warna dan desain apa yang akan menonjol dari persaingan, dan banyak lagi.

Jika kamu menjual produk sereal secara online dan di berbagai lokasi toko, pertimbangkan desain yang dapat disesuaikan antar saluran atau terlihat baik dalam setiap saluran.

6. Buat Desain Kemasan yang Serbaguna

Keserbagunaan penting dalam hal pengemasan karena hal ini memungkinkan desain diubah sedikit berdasarkan variasi produk sereal yang ditawarkan. Para konsumenpun akan lebih tertarik membeli produk yang kemasannya bisa digunakan dengan serba guna.

Misalnya dengan tampilan kemasan yang seperti mangkuk jadi konsumen tidak perlu mengonsumsi sereal dengan tempat atau mangkuk sendiri. Dengan pernyataan tersebut maka dapat dipastikan bahwa keserbagunaan kemasan dapat membantu saat menjual produk di berbagai saluran.

7. Pilih Bahan Kemasan yang Sesuai

Bahan pengemas harus bisa menjaga bentuk produk, kesegaran, dan kualitas produk secara keseluruhan. Dengan pemikiran kreatif  bisa juga mengeluarkan ide dengan pengemasan yang dapat digunakan kembali, pengemasan origami untuk membuat bentuk yang menarik, dan banyak lagi.

8. Berinvestasilah pada Elemen Desain yang Berkualitas

Kemasan umumnya merupakan kesan pertama dari suatu produk, jadi penting untuk menarik perhatian konsumen dengan cara yang positif dan mudah diingat. Hal utama yang pasti dapat langsung dipilih konsumen adalah kemasan sereal yang menarik.

Investasikan waktu dan anggaran yang cukup untuk desainer profesional, printer berkualitas, perangkat lunak pengeditan, dan elemen lainnya untuk menghasilkan desain yang tajam dan menakjubkan untuk menunjang pasaran pelanggan.

Baca Juga : Mengemas Lauk dengan Plastik tapi Tetap Awet? Simak Ini!

 

Manfaat Memiliki Kemasan yang Bagus

manfaat cara mengemas sereal dengan bagus

Meskipun banyak produsen berpikir bahwa produk dan kinerja adalah aspek terpenting dari merek mereka, banyak yang tidak tahu bahwa kemasan juga dapat memainkan peran penting dalam penjualan produk. Inilah beberapa hal dari kemasan yang dapat memberikan dampak pada penjualan.

1. Meningkatkan Visibilitas Merk dan Minat Pelanggan

Memiliki kemasan yang  bagus, menarik dan kreatif akan membuat produk cepat habis terjual. Karena dengan kemasan tersebut dapat mendorong pelanggan yang lewat untuk memilih produk sereal kamu daripada merk sereal lainnya.

Kemasan kamu juga dapat mengkomunikasikan informasi yang diperlukan tentang perusahaan. Dengan memberikan kesan pertama yang baik, kamu dapat memastikan bahwa target pasarmu telah menerima pesan merk dengan mudah dan jelas.

2. Membantu Menentukan Identitas Merk

Kemasan yang baik harus dapat menjelaskan merk yang dijual. Meskipun secara keseluruhan kemasan bertanggung jawab atas kesan pertama produkmu, namun pengemasan juga harus secara konsisten mencerminkan identitas merkmu.

3. Melindungi Produk Anda

Sangat penting bagi pelanggan untuk menerima produk yang dikemas dengan baik, karena produk yang tidak dikemas dengan baik dianggap murah, tidak layak konsumsi dan inferior. Jadi, kemasan produk yang bagus harus memenuhi persyaratan dasar untuk melindungi produk tanpa mengorbankan apa pun secara estetika.

 

Kesimpulan

Kemasan memiliki banyak fungsi penting. Yang mana kemasan adalah kebutuhan untuk berbagai macam produk sehari-hari. Dengan begitu diperlukan kemasan yang lebih inovatif dan atraktif, dapat digunakan kembali, dan berkelanjutan diciptakan setiap hari dalam artikel ini yaitu untuk produk sereal yang ditawarkan.

Kamu juga bisa menggunakan bahan kemasan yang ramah lingkungan agar memastikan bahwa kemasan produk yang kamu gunakan tidak tidak membahayakan bumi dan memberitahu konsumen bahwa merkmu ini turut mendukung gerakan Go Green dan meminimalisir penggunaan plastik

By Dhinda Anniza Cahyaningwidhi

Sebagai penulis di poskan.com, saya sangat tertarik pada perkembangan teknologi, khususnya di ranah teknologi informasi. Saya senang belajar berbagai hal dan dengan penuh semangat berbagi berbagai wawasan tentang bisnis serta tips terkini kepada pembaca.