Cara Mengentalkan Mayonaise Buatan Sendiri

mayonaise lezat

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang cara mengentalkan mayonaise buatan sendiri. Ketika anda membuat mayonaise sendiri dan terlalu encer, anda bisa mengentalkan dengan cara berikut ini.

Cara Mengentalkan Mayonaise

Selain mayonaise, ada berbagai cairan yang perlu dikentalkan, seperti kuah kaldu kental (gravy) dan sup, custard dan puding, yoghurt dan es krim, selai dan setup buah, atau bahkan saus salad dan saus lain. Berikut adalah cara-cara mengentalkannya.

1. Mengentalkan dengan Kuning Telur

1. Pecahkan telur dan pisahkan kuning dan putihnya.

Menggunakan telur sebagai bahan pengental sangat baik digunakan untuk custard, puding, dan saus krim kental.

2. Kocoklah kuning telur dalam mangkuk terpisah.

Ketika mengocok telur, masukkan saus hangat sedikit demi sedikit menggunakan sendok sayur (seperti untuk saus Alfredo atau puding). Ini disebut dengan mengentalkan telur, yang berarti Anda memanaskannya secara bertahap.

3. Tambahkan sedikit cairan hingga mencapai satu cangkir penuh.

Jika sudah menambahkan cairan secukupnya, lanjutkan mengaduk selama beberapa detik hingga telur benar-benar tercampur ke dalam cairan.

4. Aduk campuran telur kembali ke dalam saus.

Masak saus hingga mendidih perlahan hingga mengental.

2. Menyusutkan Cairan agar Mengental

1. Masaklah saus hingga mendidih perlahan.

Jangan biarkan benar-benar mendidih. Cara ini sangat baik digunakan untuk hampir semua saus, karena ketika saus memanas, airnya akan menguap, menyisakan saus yang lebih kental dan lebih pekat.

Menyusutkan saus akan meningkatkan rasa manis, asam, dan asin, namun juga bisa menghilangkan rasa rempah daun dan rempah-rempah, jadi cicipi saus ketika menyusutkan dan bersiaplah untuk menyesuaikan bumbunya ketika saus benar-benar menyusut.

2. Aduk sekali-sekali agar tidak gosong.

Ketika airnya menguap dan saus menyusut, maka saus tersebut akan terus mengental. Resep yang Anda gunakan mungkin menginstruksikan untuk menyusutkan saus hingga setengah, sepertiga, atau bahkan seperempat dari volume sebelumnya, tergantung saus apa yang sedang dibuat.

3. Kurangi hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Jika Anda tidak memasak sesuai resep, maka aturannya adalah saus siap disajikan jika mencapai kekentalan yang bisa melapisi, yang berarti saus akan melapisi bagian belakang sendok tanpa menetes.

3. Menambahkan Serpihan Kentang sebagai Pengental

1. Ukurlah satu sendok makan serpihan kentang (potato flakes) untuk tiap 250 ml saus.

Serpihan kentang adalah kentang tumbuk dikeringkan dalam bentuk kemasan dan Anda bisa menambahkannya sebaga pengental untuk saus ala country serta kuah kaldu kental, stew (semacam semur), dan sup. Hindari cara ini untuk saus bening atau saus dengan rasa lembut.

Ini adalah cara pengentalan yang paling cepat, sehingga jumlah serpihan kentang lebih berperan sebagai perasa daripada ukuran persisnya.

2. Tambahkan serpihan kentang secara bertahap ke dalam saus.

Ketika saus mendidih perlahan, tambahkan serpihan kentang sedikit demi sedikit. Aduk agar tercampur dan mengental. Tambahkan lebih banyak serpihan kentang jika diperlukan hingga kekentalan yang diinginkan tercapai.

Menambahkan makanan seperti kentang, pasta, atau haver (oath) untuk saus kental dan asin juga akan mengentalkan saus secara alami karena adanya pati dalam makanan tersebut.

3. Sesuaikan bumbu jika diperlukan.

Sebelum disajikan, cicipi saus dan sesuaikan rempah daun dan rempah-rempah jika serpihan kentang telah mengubah rasa saus.