Cara Mengurangi Sampah Plastik

Berbagai cara mengurangi sampah plastik sudah banyak dilakukan dalam kehidupan sehari – hari untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Barang – barang yang menggunakan bahan dasar plastik tentu sudah banyak kita pakai dalam kehidupan sehari – hari.

Cara mengurangi sampah plastik adalah metode yang paling banyak dimengerti oleh masyarakat.Setiap hal yang besar tentu dilakukan dengan hal-hal yang kecil pada awalnya. Begitu juga dengan cara mengurangi sampah plastik ini.

Jika penggunaan sampah plastik ini tidak dilakukan pengurangan maka lingkungan yang kita tempati saat ini akan menjadi lebih tercemar. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka kita lakukan cara mengurangi sampah plastik.

Cara Mengurangi Sampah Plastik :

Membawa Tas Belanjaan Sendiri

Diberbagai macam tempat pembelanjaan sekarang sudah banya yang menerapkan peraturan untuk membawa kantung/tas belanja sendiri. Saat berbelanja di toko tersebut. Jika masih ada dari kita yang menggunakan plastik sebagai kantung tembat barang belanjaan.

Mulailah untuk mengganti plastik dengan menggunakan tas sendiri. Jika kita belanja menggunakan kantung plastik maka plastik tersebut hanya sekali pakai. Nah lebih baik kita menggunakan tas belanjaan sendiri

Selain bisa digunakan berkali-kali pakai tas dari kain juga ramah lingkungan dan lebih hemat di dalam kantong karena bisa digunakan berkali-kali pakai.

Daur Ulang Sampah Plastik

Ya cara yang kedua adalah dengan cara mendaur ulang sampah plastik. Tetapi tidak semua sampah plastik bisa didaur ulang. Hanya sampah plastik tertentu yang bisa didaur ulang, seperti botol plastik misalnya. Kalian bisa memakai mesin pencacah plastik untuk mencacah sampah plastik.

Nah untuk Botol plastik yang sudah kalian kumpulkan untuk kalian jual pada perusaaan daur ulang sampah plastik. Kalian harus memilah botol plastik mana yang bisa didaur ulang. Untuk membedakan botol-botol tersebut.

 

Kita bisa melihatnya pada bagian bawah botol tersebut. jika terdapat logo daur ulang maka bisa untuk didaur ulang.

Mengurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Cara sederhana untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan mengurangi penggunaan sedotan plastik. Sudah hal biasa bagi kita dalam menggunakan sedotan plastik dalam meminum minuman sehari hari. Setelah kalian menggunakan sedotan tersebut lalu kalian kemanakan sedotan tersebut??

Tentu kalian akan membuang sedotan plastik tersebut. Karena sedotan plastik ini lazimnya hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Nah kalian pernah berfikir tidak bahwa  sedotan yang terbuat dari plastik tersebut sulit untuk diurai didalam tanah.

Untuk itu mari kita mengurangi penggunaan sedotan plastik, kita kurangi sampah plastik dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

Menggunkan Botol Air Minum Sendiri

Dengan menggunakan botol air minum sendiri kita bisa mengurangi penggunaan botol air minum kemasan. Memang lebih praktis dan instan tapi dampak yang dihasilkan oleh botol ataupun plastik dari es yang kita minum tidaklah baik untuk lingkungan.

Nah untuk hal tersebut kita harus mengurangi penggunaan botol plastik tersebut dengan cara menggunakan botol air minum sendiri. Nah dengan begitu anda sudah menjadi orang yang peduli akan bumi, dengan tidak menambah pecemaran lingkungan  yang dihasilkan oleh sampah plastik.

Menggunakan Wadah Minuman/Makanan Yang Terbuat Dari Kaca

Nah dengan menggunakan wadah minuman yang terbuat dari kaca membuat anda mengurangi sampah botol plastik yang banyak bertebaran di bumi kita ini. Bukan hanya minuman tapi juga wadah makanan terutama selai makanan.

Nah tentu saja kita bisa memilih milih mana yang ramah lingkungan atau pun yang sebalikknya malah mencemari lingkungan sekitar kita. oleh karena itu mari kita bersama-sama dalam menjaga lingkungan sekitar kita dengan mengurangi penggunaan botol plastik

Demikianlah artikel tentang cara mengurangi sampah plastik. Ada beberapa diatas yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik dibumi ini.