Menjadi seorang barista tidaklah mudah, karena seorang barista harus bisa menangani semua pekerjaannya dengan baik. Pekerjaan barista bukan hanya sekedar membuat kopi seorang barista harus bisa presisi dalam menakar dan mengatur suhu kopi yang sedang dia buat, selain itu seorang barista harus bisa melayani pelanggan dengan baik dan menjaga kebersihan kafe. Yuk simak cara menjadi barista yang baik supaya menjadi barista yang handal.

Baca juga: Cara menjadi barista pemula

Berikut Adalah Cara Menjadi Barista Yang Baik

1. Memahami Citarasa Berbagai Macam Kopi

Setiap kopi yang memiliki citarasa, aroma, dan tekstur yang unik hal ini dapat mempengaruhi citarasa dai kopi yang kamu buat. Dengan mempelajari kopi kamu bisa memilih kopi yang cocok untuk kamu gunakan dan bisa memberikan citarasa yang pas dalam setiap kopi yang akan kamu sembunyikan.

Untuk mempelajari jenis-jenis kopi sekarang sudah mudah ada banyak orang yang membagikan ilmu tentang kopi di internet.

2. Melatih Diri Untuk Menguasai Teknik Membuat Kopi

Dalam dunia barista, seorang barista harus memahami berbagai teknik dalam membuat kopi agar biasa menyajikan kopi yang bervariasi. Hal ini juga bertujuan agar pelanggan tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja dan juga ini menjadi poin penting untuk meningkatkan gaji kamu.

Dengan kamu bisa menguasai berbagi teknik dalam membuat kopi kamu bisa membuat menu-menu yang unik dan menjadi signature kedai kopi kamu. Dengan adanya menu signature kamu bisa mendapatkan pelanggan setia.

Baca juga: Cara membuat dalgona coffee dengan mixer

3. Ikuti Kelas Pembuatan Kopi

Melakukan kelas pembuatan kopi ini bertujuan untuk melatih berbagai hal yang belum kamu pelajari selama belajar otodidak. Dengan mengikuti kelas pembuatan kopi kamu bisa mengasah kemampuan yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Sebagai seorang barista kamu malah tidak boleh dalam mencari ilmu karena seorang barista harus selalu update tentang apa yang terbaru dan segera mempelajarinya. Hal ini bertujuan agar kamu tidak ketinggalan dengan barista lain dan membuat kedai kopi kamu menjadi sepi.

4. Cara Menjadi Barista Yang Baik, Mengikuti kontes barista

Dengan mengikuti kontes barista kamu bisa mendapatkan berbagai sertifikat yang mana ini akan mempermudah kamu dalam melamar pekerjaan di kafe idaman kamu. dengan ini juga kamu bisa mengetahui apa kelemahan kamu, supaya kamu bisa memperbaiki apa kelemahan kamu.

5. Melamar Pekerjaan Di Kafe Terbaik

Setelah banyak hal yang kamu pelajari dan Berbagai kegagalan yang sudah kamu lalui dan sekarang saat kamu membuktikan hasil kerja keras kamu. Cobalah untuk melamar di kafe terbaik dengan semua skill yang kamu kuasai dan dengan semua sertifikat yang kamu dapatkan dari hasil kerja keras mu selama ini. Jika kamu diterima kamu akan mendapatkan gaji yang setimpal dengan semua kerjakerasmu selama ini.

6. Cara Menjadi Barista Yang Baik, Carilah Senior Terbaik

Setelah kamu diterima di cafe yang bagus kamu harus mencari senior terbaik yang bisa kamu jadikan mentor untuk belajar. Dengan belajar dengan senior yang lebih berpengalaman kamu dapat lebih mengasah semua kemampuan mu agar bisa membuak kopi yang terbaik.

7. Berdiskusi Dengan Sesama Barista

Terkadang ada hal yang belum kamu pahami dan ada barista lain yang sudah paham dengan hal itu. Dengan Berdiskusi kamu bisa saling bertukar informasi yang bisa memperdalam skill kamu dalam meracik kopi.

8. Bisa Menggunakan Mesin Kopi Terbaru

Seiring berkembang nya zaman mesin kopi juga akan mengalami perubahan mulai dari bentuk, ukuran, fitur, dan kopi yang di hasilkan. dengan mempelajari mesin kopi terbaru kamu bisa membuat kopi dengan lebih baik lagi dan lebih enak dari sebelumnya.

Kunjungi juga: Tempat membeli mesin industri

 

By farid

Saya adalah seorang penulis di poskan.com yang selalu antusias mengikuti perkembangan teknologi, khususnya di dunia IT. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terkini kepada pembaca.