cara menyimpan kelapa parut di kulkas agar tidak basi

Cara menyimpan kelapa parut di kulkas agar tidak basi – Kelapa parut merupakan bahan yang sangat dibutuhkan keberadaanya, kelapa parut bisa dijadikan santan sebagai bahan masakan atau juga bisa langsung digunakan misalnya menaburi makanan tradisional. Dengan menambahkan kelapa parut di makanan bisa membuat cita rasa semakin enak dan lezat.

Asal mula kelapa parut sendiri berasal dari buah kelapa yang diolah, yaitu di buka serabutnya lalu dihilangkan batoknya dan di parut. Memarut kelapa sendiri ada dua cara, yaitu cara tradisional dengan menggunakan tangan dan cara modern dengan menggunakan mesin. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Untuk masa ketahanan kelapa parut tidak bisa bertahan jangka panjang maksimal sampai 6 bulan lamanya, itupun harus melalui penyimpanan yang baik dan benar. Berikut ini cara menyimpan kelapa parut agar tidak basi.

 

Cara Menyimpan Kelapa Parut di Kulkas

 

1. Dimasukkan Langsung ke Kulkas

Cara yang pertama ini sangat mudah dan gampang di lakukan. Siapkan kelapa parut yang akan dimasukkan, cari wadah atau plastik buat mewadahi kelapa parut. Kemudian masukkan kelapa parut terssebut langsung ke dalam kulkas, mudah bukan? Dengan cara ini kelapa parut yang ada di dalam kulkas bisa bertahan 2 sampai 5 bulan tergantung dari kualitas kelapa.

2. Bekukan di Freezer Kulkas

Kelapa parut yang akan dibekukan di freezer sebaiknya di kukus terlebih dahulu, setelah di kukus masukkan kelapa parut tersebut ke dalam wadah atau plastik kemudian baru masukkan ke dalam freezer kulkas. Dengan cara ini bisa bertahan sampai 6 bulan karena di kukus terlebih dahulu membuat tahan lebih lama.

3. Simpan Didalam Plastik Tertutup

Cara yang ketiga yaitu simpan ke dalam plastik dengan cara ambil plastik yang masih segel dan mudah diikat supaya tidak tercemar dengan udara, masukkan parutan kelapa ke dalam plastik perlahan lahan supaya tidak berceceran usahakan dibentuk pipih atau rata supaya mudah ditata.

Jika kita menyimpannya ke dalam ruangan terbuka biasanya awet hingga 5-7 hari tergantung dari kualitas kelapanya, apabila kita memasukkan ke dalam kulkas itu bisa lebih awet bahkan bisa sampai 6 bulan parutan kelapa masih terlihat segar.

Selain di simpan di kulkas ada cara yang tanpa menggunakan kulkas lho, simak kelanjutannya di bawah ini

4. Kukus

Cara yang selanjutnya yaitu mengukus kelapa parut sebelum dijadikan olahan makanan, cara ini sangat cocok jika Anda belum mempunyai kulkas. Biasanya cara ini digunakan untuk menyimpan kelapa parut yang masih muda dan untuk taburan makanan tradisional seperti klepon, ongol ongol, wingko babat, botok,urap urap dan lain sebagainya.

Caranya yaitu campuri kelapa parut dengan sedikit garam, setelah itu kukus dengan api kecil sampai matang. Cukup mudah kan. Cara ini bisa menghindari kelapa parut dari bau tengik maupun cepat basi. Untuk penyimpanannya yaitu cukup mudah juga Anda bisa menyimpan kelapa parut di suhu ruang dan dipakai saat itu pun juga bisa.

5. Keringkan

Cara yang satu ini membutuhkan suatu alat, Anda perlu menggunakan dehidrator untuk mengeringkan kelapa parut agar awet dan tidak mudah basi. Setelah kering Anda bisa menyimpanya ke dalam wadah yang kedap udara. Dehidrator bisa Anda dapatkan di toko toko kelapa atau di online juga ada.

6. Segera Bagi Bagi Parutan Kelapa ke Dalam Jumlah Tertentu

Maksud dari membagi parutan kelapa disini yaitu dijadikan beberapa porsi yang sama besar dan sesuai selera, saat membagi Anda perlu menggunakan tangan bersih supaya higienis. Tujuannya yaitu supaya memudahkan Anda seberapa banyak yang Anda butuhkan untuk memasak suatu hari nanti. Dengan membagi bagi menjadi beberapa bagian bisa meminimalisir rusaknya kualitas dadi parutan kelapa. Cara cara ini bisa mencegah kelapa parut agar tidak basi.

7. Segera Gunakan

Cara yang terakhir yaitu segera gunakan parutan kelapa untuk bahan makanan. Kelapa yang segar dan langsung di olah itu juga mempengaruhi kualitas masakan, menjadi semakin enak dan lezat. Contohnya seperti peluang usaha abon lele menggunakan kelapa yang segar bisa menambah kenikmatan rasa.

 

Sekian cara menyimpan kelapa parut di kulkas agar tidak basi, semoga bisa menambah wawasan Anda tentang menyimpan kelapa parut. Terima kasih semoga bermanfaat!

By budi

Dalam kapasitas saya sebagai penulis di poskan.com, saya selalu memantau perkembangan teknologi, terutama di bidang teknologi informasi. Saya juga senang untuk terus belajar dan dengan gairah berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terkini kepada para pembaca.