Cara Pembuatan nata de coco KW tanpa pengawet

 Pada Artikel kali ini akan Mengajarkan anda cara membuat nata de coco yang mudah tentunya tanpa ribet. Mau tau caranya? Sebelum Membaca Artikel ini baca artikel sebelumnya Cara Pembuatan Nata de Coco.

Cara Membuat Nata de Coco Kw

Bagaimana caranya mengubah air kelapa menjadi nata? Proses pembuatan nata de coco dibantu oleh sejenis bakteri bernama Acetobacter xylinum. Yaitu bakteri gula yang terkandung dalam air kelapa akan difrementasi oleh Acetobacter xylinum menjadi semacam gel atau jelly yang terapung di atas cairan. Gel yang bertekstur kenyal dan berwarna putih ini disebut nata atau sel bakteri atau selulosa. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya :

Resep Nata de Coco Kw

Ternyata lumayan buat menyegarkan tenggorokan di siang bolong. Dengan bahan yang cukup murah dan mudah di dapat, juga dengan bikin sendiri lebih bersih, hygenis dan tanpa penggunaan bahan pengawet.
Barokallah 🙏

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus nutrijell plain
  • 1 bungkus nutrijell rasa laycee/ rasa kelapa muda (jangan di masukan bungkusan kecil nya)
  • 2 bungkus SKM putih ( sekitar 6 sdm )
  • 1 bungkus agar agar plain / tanpa rasa
  • 3 – 5 sdm gula pasir ( sesuaikan selera )
  • 1500 ml air

Cara Membuat Nata De Coco:

  1. Campur semua bahan dan aduk rata sampe tidak ada gumpalan bubuk nutrijell nya
  2. Masak sampe mendidih sambil di aduk2, matikan api dan aduk terus sampai hilang busanya.
  3. Diamkan 2 – 3 menit. Tuang di wadah, dinginkan. Lalu masukan ke kulkas beberapa jam.
  4. NATA DE COCO siap di potong2 dan hidangkan dengan syirup atau campuran es buah.

Resep Nata de Coco Kw Spesial

Nata de Coco tidak hanya bisa dimakan langsung, bisa juga dicampur oleh minuman yang segar, skrg kita bikin NATA DE COCO KW.

Soalnya klo keseringan Nata de Coco, dipikir2 ngeri jg sm pengawetnya, jadi mending bikin kw yg Lebih Sehat. Dan yang penting enakkk n legittt juga.

Bahan-bahan:

  • 1 bks (15 gr) bubuk jelly rasa kelapa muda
  • 500 ml air
  • 1 sdm
  • 80 gr gula pasir
  • sejumput garam

Langkah Cara Membuatnya:

  1. Campur bubuk jelly, air, gula, garam.
  2. Masak sambil diaduk sampai mendidih.
  3. Tuang ke wadah, biarkan mengeras.
  4. Potong kotak2. Siap digunakan utk campuran minuman favorit 😋

Manfaat Nata de Coco

Nah, di balik kesegarannya, ternyata Nata de Coco juga mengandung segudang manfaat, lho! Penasaran apa saja manfaat Nata de Coco bagi kesehatan? Yuk, simak manfaat nata de coco

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat Nata de Coco bagi kesehatan yang pertama adalah memperlancar proses pembuangan kotoran (feses) dari tubuh Anda. Nata kaya akan serat yang dapat menyerap air ketika melewati saluran pencernaan, sehingga kotoran dapat keluar dengan lancar.

2. Memperkuat Imunitas Anak

Manfaat Nata de Coco bagi kesehatan yang kedua. Meski Nata merupakan panganan yang miskin vitamin dan mineral. Namun, beberapa produsen Nata melakukan tindakan pengayaan gizi dengan menambahkan vitamin B1, citamin C, niasin, serta riboflavin.

3. Mencegah Diabetes

Manfaat Nata de Coco bagi kesehatan ketiga adalah meminimalkan risiko Anda untuk terkena penyakit diabetes. Pasalnya, selain miskin gizi, Nata juga memiliki kandungan gula yang rendah. Karenanya, buah ini aman untuk dimakan dan dijadikan menu berbuka oleh Anda yang menderita diabetes atau yang sedang mengontrol kadar gula darah.

4. Baik untuk Diet

Manfaat Nata de Coco bagi kesehatan yang keempat.  Kandungan kalorinya yang rendah menjadikan Nata de Coco santapan manis terfavorit bagi para pediet masa kini.

Mengonsumsi Nata tak akan menbuat Anda bertambah gemuk, hanya saja perhatikan pula cara penyajiannya. Jangan menghidangkan Nata bersama sirup atau kuah yang terlalu manis.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat Nata de Coco bagi kesehatan yang terakhir adalah menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini dilakukan dengan berbagai caram di mana salah satunya adalah dengan menunda pengosongan lambung, sehingga Anda tak cepat merasa lapar.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa coba resepnya, jika ada yang mau membuat nata de coco kw tanpa pengawet. Selamat mencoba:))