Membuat Bingka Jagung Dengan Cara Yang Mudah Dengan Hasil Yang Terbaik

cemilan dari jagung

Cemilan Dari JagungAda banyak jajanan khas Indonesia yang enak, salah satunya kue Bingke dari Kota Pontianak. Kue Bingke atau kue Bingka terbuat dari campuran telur, santan, tepung terigu dan gula pasir. Bahan-bahannya mudah ditemukan seperti jamur di musim hujan. Eits, tapi jangan salah, membuat kue Bingke jagung tidak semudah yang kamu kira lho!

Pembuatan kue Bingke dimulai dengan adonan yang dibentuk dari wadah berbentuk semanggi dengan enam kelopak bunga. Kemudian adonan tersebut dipanggang. Nah, inilah kerumitannya. Kue Bingke biasanya dipanggang dua kali. Ini dilakukan melalui sangkar kue dengan derajat kematangan yang pas.

Kue Bingke yang matang sempurna biasanya memiliki kombinasi warna coklat muda dan coklat tua. Oleh karena itu, diperlukan kesabaran yang tinggi saat melaporkan. Setidaknya butuh waktu satu jam agar kue Bingke siap disantap.

Saat berkunjung ke Kota Pontianak, Anda bisa dengan mudah menemukan penjual kue Bingke. Salah satunya dibuat oleh Hj. Zainah H.A. Kadir yang diberi nama Bingke Hijrah, seperti dilansir Pesenmakan.id. Bingke Hijrah memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan campuran lidah buaya yang juga menjadi ciri khas Kota Pontianak.

 

Cara Membuat Bingka Jagung.

cemilan dari jagung

Bahan:

  • 2 buah jagung muda sisir
  • 200 gram gula pasir
  • 3 telur
  • 500 ml udara
  • 250 ml santan ukuran sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • pewarna kuning secukupnya
  • segenggam jagung kupas untuk ditaburkan

 

Cara Penyajian Bingka Jagung

  1. Haluskan semua bahan di dalam mixer. Kemudian tuang ke atas loyang yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
  2. Taburkan jagung dan panggang selama 1,5 – 2 jam pada suhu 170 ° C.
  3. Terakhir, gunakan api atas sampai berwarna cokelat. Tunggu dingin lalu potong sesuai selera

 

Manfaat jagung bagi tubuh manusia

Meski cemilan dari jagung sering dianggap remeh, namun ternyata sangat berkhasiat bagi tubuh. Kandungan antioksidan, vitamin dan mineral telah terbukti efektif mencegah dan menangkal berbagai penyakit. Berikut manfaat jagung untuk fisik, mental, dan kesehatan ibu hamil:

Mengurangi risiko anemia

Anemia terjadi ketika sel darah merah tidak beregenerasi secara teratur. Ketika Anda kekurangan zat besi, tubuh Anda tidak dapat menghasilkan cukup hemoglobin, yang merupakan protein yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Jagung membantu mengurangi risiko anemia dengan memberikan nutrisi yang cukup seperti vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah segar.

Menurunkan gula darah dan kolesterol

Jagung manis dan minyak jagung dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan penyerapan kolesterol, dan mengatur insulin, menjadikannya pilihan yang bagus untuk penderita diabetes dan kolesterol.

Menurut Konsultan Nutrisi dan Kesehatan, jagung sangat kaya akan vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin C, yang membantu melawan penyakit dan membantu memproduksi sel-sel baru.

Serat yang tinggi pada jagung juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Tingkatkan energi

Jagung manis mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lambat dan memberikan energi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Satu cangkir jagung mengandung sekitar 29 gram karbohidrat, yang tidak hanya memberikan energi fisik, tetapi juga menjaga otak dan sistem saraf berjalan dengan baik.

Meningkatkan sistem kekebalan

Jagung diperkaya dengan vitamin C dan protein. Vitamin C memperkuat sistem kekebalan. Selain itu, vitamin ini mencegah demam, masuk angin dan flu.

Selain itu, protein dalam jagung manis baik untuk menyuplai energi bagi tubuh.

Kaya akan antioksidan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jagung kaya akan antioksidan berkat kombinasi fitonutrien dalam bijinya.

Pada jagung kuning, karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas, mencegah kerusakan sel dan organ, serta membantu menjaga kesehatan jantung.