Banyaknya paparan pestisida pada tubuh dapat menimbulkan bermacam masalah bagi tubuh seperti ADHD yang menyerang anak, terserang kanker, terganggunya sistem saraf serta pelemahan pada sistem kekebalan tubuh.

Ciri-ciri Sayur yang Mengandung Pestisida

1. Daun mulus tanpa lubang

Daun mulus tanpa berlubang merupakan salah satu ciri-ciri sayur yang mengandung pestisida, metode mudah untuk mengetahui sayur tersebut terdapat kandungan pestisida dengan memperhatikan kondisi fisik daun serta batang pada sayur. Hama seperti ulat kerap menyerang sayur organik karena bebas pestisida. Daun dapat berlubang karena gigitan dari ulat. Sementara itu, sayur yang mulus tanpa adanya lubang mengandung pestisida.

2. Ukuran Sayur Lebih Besar

Sayuran berukuran besar, nampak segar, dan bersih juga termasuk ciri-ciri sayur yang mengandung pestisida tentu akan menarik perhatian pembeli. Anda dapat menemukan sayur ini pada pasar tradisional dan diperjual belikan dengan terbuka oleh para penjual.

3. Warna sayur lebih hijau

Warna hijau yang tidak wajar juga merupakan ciri-ciri sayur yang mengandung pestisida. Anda perlu mengetahui cara untuk membedakan sayur dengan kandungan pestisida dengan yang bebas pestisida di pasaran. Sayur yang menggunakan pestisida biasanya bagus, tidak terdapat bagian yang berlubang sama sekali, dan warnanya lebih hijau dari kebanyakan sayur.

 

Sayur yang Banyak Mengandung Pestisida

Untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan pestisida yang sedikit dari kandungan bahan kimia berbahaya, misalnya pestisida. Hindari sayur yang banyak mengandung pestisida seperti:

1. Seledri

sayur yang banyak mengandung pestisida adalah seledri,  lebih dari 95 persen sampel residu pestisida ditemukan pada seledri. Pestisida yang berbeda terdeteksi Sebanyak 13 jenis pada sayuran ini.

2. Kentang

 

Dibandingkan dengan tanaman lainnya, kentang memiliki banyak kandungan pestisida daripada  sayur lain. Jenis pestisida yabg kerap ditemukan pada kentang yaitu Chlorpropham.

3. Paprika

Jika dibandingkan dengan sayur yang lain, paprika memiliki lebih sedikit kandungan pestisida. Namun meski kandungan pestisida lebih sedikit, justru paprika cenderung lebih beracun untuk kesehatan tubuh.

4. Mustard dan Collard Hijau

Pestisida yang berbeda ditemukan pada sayuran hijau sebanyak 94 , termasuk neonicotinoid, atau neonics. Satu sampel pada mustard hijau mengandung 20 pestisida yang berbeda, sementara beberapa sampel collard hijau mengandung 17 pestisida.

5. Bayam

Sayuran dengan daun hijau ini dalam penelitian tersebut  turun ranking dari sayuran ke tujuh paling banyak mengadung pestisida di tahun lalu, menjadi sayuran ke enam.

ciri sayur bebas pestisida

Umumnya sayur yang terbebas dari pestisida memiliki ukuran normal, dengan warna hijau yang biasa, serta terdapat lubang pada bagia daun tertetu karena gigitan hama. Umumnya sayur yang tumbuh sehat bebas pestisida.

Banyak sayur yang sudah terkemas rapi pada plastik yang kedap akan udara lalu disimpan pada ruangan yang memiliki suhu dingin. Biasanya kerap ditemukan di swalayan.

Penjualan sayur di pasar tradisional, konsumen dibebaskan dalam pemilihan kualitas sayur yang dijual. Pada saat sayur baru datang dari pengepul maupun petani dipagi hari. Diantara beragam sayur yang diperjual belikan, konsumen bisa memilih sayur dengan kualitas baik dan sehat.

Bahaya sayur yang mengandung pestisida dapat menimbulkan efek :

  1. parah, dapat menimbulkan rasa mual, muntah, gangguan saluran cerna, sakit kepala
  2. meneyebabkan gangguan seperti mudah lupa dan penyakit parkinson, pada jangka panjang
  3. mengganggu kesuburan pria
  4. penyebab kanker

baca juga : Cara Hilangkan Pestisida pada Sayuran Dengan Mudah

Ciri-ciri sayur yang mengandung pestisida dapat menjadi peringatan untuk lebih hati-hati dalam memilih produk-produk pertanian. Sebelum membeli sayur, selalu pastikan untuk mengetahui cara membedakan sayur yang memakai pestisida dan bebas pestisida di pasaran supaya terhindar dari bahaya pestisida.

Dengan meningkatkan kesadaran dan bijak dalam pemilihan dan konsumsi sayuran, kita dapat berkontribusi pada lingkungan yang lebih sehat dan kualitas hidup yang lebih baik. 

 

By nia

Sebagai penulis di poskan.com, saya memiliki minat yang besar dalam perkembangan teknologi, khususnya di dunia IT. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan dengan antusiasme berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terbaru kepada pembaca.