Es Serut Pelangi Jaman Dulu, Begini Cara Buatnya

es serut pelangi jaman dulu

Ketika kita sedang jalan-jalan dan ingin minum es pernah nggak sih kalian kepikiran es serut pelangi jaman dulu. Es balok yang diserut kemudian diberi sirup, uh rasanyaa uenak jadi ingin meminumnya lagi.

Nah kali ini kita akan memberikan resep gimana sih cara bikin es serut pelangi jadul alias jaman dulu ,kita bisa membuatnya  dirumah sendiri pastinya dan rasanya dijamen uwenak..

Untuk membuat es serut pelangi sebenarnya cukup mudah. Pada dasarnya, es serut ialah es yang dihaluskan dengan mesin serut es atau bisa juga secara manual. Kemudian untuk menjadi es serut Pelangi, maka kita tinggal tambahkan saja sirup berbagai macam rasa/warna.

Es Serut Viral

Rasanya yang menyegarkan dapat melepaskan dahaga. Anak-anak pun pasti suka karena warnanya yang menarik. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Sehingga sangat cocok dan pas untuk kita mencoba membuatnya di rumah ya .

Terlebih lagi jika ditambah sirup yang memiliki banyak varian rasa. Sekarang varian rasa dan inovasi dari es pun sudah beragam. Beberapa waktu yang lalu sempat viral es kepal milo yang banyak diminati dan disukai banyak orang dewasa maupun anak – anak.

Bentuk es kepal milo sendiri yaitu es yang di serut menggunakan mesin serut es atau bisa juga dengan serutan kemudian dikepal dan diberi cokelat yang kental dari milonya. Lalu ditambah dengan taburan sedikit toping di atasnya, sederhana bukan? namun dapat menjadi penggugah selera dan banyak diminati.

es serut pelangi jaman dulu

Cara Membuat Es Serut Pelangi Jaman Dulu

Bahan Bahan

  • 2 sdm Sirup pandan
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanili
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 120 ml air
  • Mangkuk/wadah cetakan sebagai wadah es serutnya
  • Tusuk Kayu untuk sebagai pegangan es serutnya.

Langkah Langkah

  1. Langkah pertama, Campurkan semua bahan gula, masaklah sambil diaduk, jika sudah meleleh, saringlah dan tuanglah kedalam mangkuk atau wadah, ini sebagai bahan pemanis es serut kita.
  2. Serut lah es batu menggunakan mesin serut es atau bisa secara manual.
  3. Setelah di es batu sudah diserut, masukan kedalam wadah.
  4. Taruh Tusuk Kayu sebagai pegangan es serutnya.
  5. Masukan lagi es serut kedalam wadah cetakan, kemudian taruh dan tempelkan ke es serut yang sudah dimasukan ke wadah tadi bersama tusuk kayunya, sehingga tusuk kayu berada di tengah tengah es serut.
  6. Tekan tekan wadah sehingga es serut menjadi menyatu dengan es serut lainnya bersama tusuk kayu.
  7. untuk membuat warna pelangi, tuangkan beberapa varian rasa agar menjadi pelangi.
  8. Es serut Pelangi Jadul siap disajikan.

Tips Bikin Es Serut Pelangi :

Selain menggunakan sirup, Anda juga bisa mengganti / menambahkan softdrink ke dalam es serut untuk menciptakan warna pelanginya . Caranya juga sama seperti menggunakan sirup.

Jika sirup terlalu kental, untuk mempermudah menuangkan kedalam serutan es, Anda dapat tambahkan sedikit air ke dalam sirup tersebut sebelum menuangkannya ke es serut. Hal ini dapat mempermudah penghiasan es serut karena tekstur sirup akan menjadi sedikit encer.

Anda bisa menggunakan wadah botol plastik dari mayonnaise / saus untuk digunakan sebagai tempat sirup sehingga  nantinya dapat mempermudah Anda ketika menuanggkannya ke es serut.

Sekian artikel Resep Es Serut Pelangi di Jaman Dulu, dari kami, kalian bisa mencobanya dirumah sendirian atau bisa juga bersama keluarga. Karena caranya yang simpel dan bahan-bahan yang mudah di cari.  Selamat mencoba dan semoga berhasil…