Fungsi Kardus Bekas Yang Tidak Terpakai Di Rumah

Fungsi Kardus Bekas

Pada kali ini saya akan membahas fungsi kardus bekas. Siapa yang tak kenal dengan makanan ini pasti semua orang menyukai makanan yang satu ini.

Macam Macam Fungsi Kardus Bekas

Kardus tidak hanya berguna sebagai tempat mengemas saja, tapi juga bisa menghasilkan berbagai macam fungsi. Kardus sering dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan seperti boneka, furniture unik, mainan, rumah-rumahan dan lain sebagainya.

Jika anda memiliki usah yang berhubungan dengan packing kardus anda harus punya mesin packing kardus akan membantu anda dalam packing kardus secara cepat dan rapi.

Anda ingin membuat es krim kunjunggi cara membuat es krim buah semoga bermanfaat untuk anda dan semoga berhasil.

1. Sebagai Bahan Karya Seni

Jika Anda menggunakan kemampuan seni Anda dalam membuat kerajinan ini, maka dapat menghasilkan kerajinan yang berkualitas hingga mendatangkan rezeki.

Anda dapat menggunakan berbagai jenis atau model kardus sesuai dengan kerajinan yang akan dibuat. Biasanya, bahan lain juga diperlukan dalam hal ini, seperti lem, gunting, penggaris, pensil, dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki kardus yang sudah tidak terpakai, maka jangan langsung membuangnya karena Anda masih bisa menggunakannya sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan yang cantik dan unik. Anda juga bisa jual kardus polos satuan ini dalam bentuk yang lebih menarik.

Kerajinan Dari Kardus

Fungsi Kardus Bekas

Bahan-Bahan Yang Kamu Perlukan:
  • Kardus bekas
  • Tali sepatu berwarna
  • Pensil
  • Penggaris
  • Paku
  • Cutter
Cara Membuat Celengan Dari Kardus:
  1. Tentukan seberapa besar celengan yang akan kamu ingin buat, lalu sesuaikan ukurannya, lalu gambar pola dikardus.
  2. Gambar pola menggunakan pensil supaya garisnya tigak miring dengan menggunakan penggaris di atas kardus. Pastikan garisnya tidak miring-miring agar menjadi bentuk celengan yang simetris.
  3. Potong pola kardus menggunakan cutter atau gunting kertas secara rapi.
  4.  Lubangi sisi samping kardus menggunakan paku agar mudah untuk membuat lubang untuk memasukan uang.
  5. Caranya, lipat dulu sampai celengan berbentuk kubus dan lihat sisi mana saja yang perlu dijahit menggunakan tali sepatu kelak.
  6. Pastikan semua lubangnya tidak terlalu berdempetan dan lubang itu jarak yang sama antara satu lubang dengan yang lainnya.
  7. Hal yang tinggal kamu lakukan hanyalah mengelem setiap sisi agar menjadi satu.
  8. Anda juga bisa mewarnai celengan dengan berbagai warna.

2. Menjadi media pembibitan

Mungkin Anda merasa heran dengan manfaat kardus bekas yang satu ini. Namun kardus yang bahan dasarnya terbuat dari pepohonan sebetulnya bisa dimanfaatkan sebagai media pembibitan. Caranya yaitu dengan meletakkan media tanah dan kapas yang lembab di dalam kardus kemudian isi langsung dengan bibit tanaman yang ingin Anda tanam. Jadi kardus dapat Anda manfaatkan sebagai pengganti pot. Bahkan beberapa jenis kardus bisa dibuat menjadi kompos.

Cara Membuat Pot Dari Kardus

Fungsi Kardus Bekas

Bahan Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Pot
  • Dua buah karton susu bekas ukuran satu liter
  • Kain perca
  • Pot kecil (bisa masuk ke karton susu)
  • Cutter
  • Lem tembak
  • Potongan lumut
Cara Membuat
  1. Siapkan karton susu, potong bagian tengahnya, lalu bersihkan bagian dalamnya menggunakan tisu atau lap.
  2. Rekatkan kain perca menggunakan lem tembak hingga menutupi seluruh bagian luar karton susu. Biarkan mengering.
  3. Setelah mengering sempurna, tempatkan pot berisi tanaman ke dalamnya. Jika ingin posisinya lebih tegak dan stabil, pada bagian dasar karton susu, Anda bisa menempatkan kertas koran yang telah diremas.
  4. Bila ingin, Anda bisa menaruh lumut setengah kering untuk menutupi bagian atas pot tersebut. Voila, pot dari karton susu sudah jadi. Agar lebih awet, bila ingin disiram, keluarkan pot kecil di dalam karton susu. Setelah kering, barulah Anda bisa menaruh pot kembali ke dalam karton susu.