Variasi Dari Batik Tulis Salah Satunya Ialah Gamis Batik Tulis

gamis batik tulis

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu variasi dari batik tulis yaitu gamis batik tulis, penasaran? simak berikut ini.

Pengertian

gamis batik tulis

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerapkan malam pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Sejarah batik di Indonesia terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Hingga awal abad ke-20,batik yang dihasilkan merupakan batik tulis. Batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I berakhir atau sekitar tahun 1920.

Batik Tulis

Adalah hasil dari proses produksi batik dengan teknis pembuatan motifnya ditulis langsung dan secara manual oleh pembatik. Untuk menulisnya, bisa menggunakan canting yang terbuat dari tembaga yang dilengkapi gagang dari bambu.

Ujung dari canting mempunyai  lubang yang bermacam-macam, jadi dapat mengatur ukuran motifnya. Selain itu, ada yang dinamakan dengan nyamplung yaitu bak penampung canting .

Isi dari alat ini ialah cairan malam atau pewarna, tergantung dari teknik batik yang nantinya akan digunakan. Batik tulis warna adalah teknik batik tulis dengan menorehkan cairan malam melalui canting tulis.

Cara pembuatan batik tulis malam hampir sama dengan batik cap. Perbedaanya dapat dilihat pada motifnya, batik cap motifnya berulang-ulang, sedangkan batik tulis malam motifnya unik seperti menggambar dengan bebas. Perlu diperhatikan cucuk canting harus berlubang dan harus ditiup supaya membran cairan muda terbuka.

Setelah itu, cairan malam baru dapat dioleskan sesuai motif yang telah digambar terlebih dahulu pada kain batik. Langkah selanjutnya yaitu proses pewarnaan. Batik tulis colet warna ialah teknik batik tulis dengan menorehkan warna melewati canting tulis langsung ke kain.

Cara pembuatan batik tulis colet ini sama dengan melukis di kanvas dan kemampuan serta kreatifitas tangan pembatik sangat dibutuhkan  untuk hasil yang indah.

Perlu juga diperhatikan cara-cara pembuatan batik tulis. Langkah awal, bentangkan kain mori, gambar sketsa yang akan dibuat menggunakan pensil. Selanjutnya, cairan warna ditorehkan menggunakan canting tulis secara teliti. Ketiga, kemudian setelah selasai ditorehkan cairan malam untuk satu pakaian selanjutnya ialah proses pewarnaan.

Kemudian bilas soda, jemur, dan di setrika dengan baik. Terakhir, jika yang ditorehkan merupakan zat pewarna dan sudah selesai semuanya untuk satu pakaian, kemudian selanjutnya ialah klerak yang berguna untuk mengkilapkan warna dan memperkuat bahanya.

Nah, supaya mudah dikenal Batik tulis mempunyai ciri-ciri yaitu motifnya tidak berulang, kombinasi warna dapat lebih banyak dan warna dasarnya bisa gelap atau cerah.

Contoh Gamis Batik Tulis

1. Kombinasi warna putih, hitam, dan sedikit motif batik ini cocok di gunakan saat ke kantor. Selain Elegan, gamis satu ini memiliki kesan semi formal

2. Bagian dress yang kaku di bagian luar menggambarkan pendapat yang kuat., bagian dalam dress yang lembut menggambarkan hidayah. Motif kawung sipat menggambarkan tuntunan akhlaq muslim kepada saudaranya.

3. Model gamis batik satu ini cukup simpel.Dengan satu jenis motif batik berwarna coklat, gamis batik ini cocok untuk keseharian kamu.

4. Batik cap hanacaraka yang bertuliskan aksara jawa ini menggambarkan bahwa nasehat tentang syukur ini sangat dihayati oleh masyarakat Islam di jawa (Nusantara) yang juga di sebutkan dalam Al-Quran

5. Gamis batik dengan warna merah dan kombinasi tiga jenis batik ini memperlihatkan sisi feminim kamu. Bisa digunakan saat acara berkumpul dengan sahabat lama, ke kantor, bahkan resepsi pernikahan

6. Gamis batik dengan kombinasi dominan warna putih ini cocok sekali untuk acara pesta pernikahan ataupun acara-acara formal lain

Demikian artikel kali ini saya buat apabila banyak kesalahan mohon dimaafkan.