Berikut Ini Adalah Gamis Kombinasi Batik Terbaru 2019

Gamis Kombinasi Batik

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai gamis kombinasi batik. Baju gamis batik ini sekarang ini sedang populer di kalangan remaja maupun dewasa.

Sebenarnya tidak ada sejarah yang pasti mengenai batik. Namun keindahan batik ini kabarnya sudah ditorehkan sejak 2000 tahun silam di Timur Tengah, Asia Tengah, dan India.

Di peradaban mesir kuno, teknik ini digunakan untuk membungkus mumi dengan kain linen. Kain linen ini dilapisi cairan lilin, setelah itu digores dengan benda tajam semacam jarum atau pisau untuk menorehkan motifnya.

Kemudian kain dicelup ke berbagai cairan pewarna seperti darah atau abu. Lalu, setelah warna tersebut meresap maka kain linen ini direbus untuk melunturkan lilinnya. Sehingga bagian yang tidak terlapisi oleh lilin akan berwarna sesuai pewarnaan, sedangkan bagian yang terlapisi lilin akan berwarna dasar kain.

Ketika Jaman Dinasti Tang (tahun 618-690) di Cina, teknik seperti ini juga sudah dijumpai. Bahkan pada jaman Dinasti Sui (tahun 581-618) teknik ini sudah dipraktekan lho. Karena Cina adalah bangsa pedagang yang berkeliling dunia, teknik ini kemudian menyebar ke banyak benua seperti Asia, Amerika, Afrika, bahkan sampai ke Eropa.

Medium yang digunakan untuk menahan warna berbeda-beda pada setiap negara. Ada yang menggunakan bubur kanji, bahkan ada yang menggunakan bubur nasi yang dikeringkan. Ternyata tidak semuanya menggunakan lilin. Terdapat dugaan bahwa asal muasal teknik membatik ini datang dari bangsa Sumeria (Sekarang Irak Selatan).

Pada perkembangannya, sejarah dari batik itu sendiri telah menarik ketertarikan dari pembesar Kerajaan Majapahit. Pada saat itu juga pembuatan batik telah berkembang. Bahan yang pertamanya dari kulit dan sebagainya sekarang berganti menjadi kain putih atau kain yang berwarna terang. Karena dirasa dari kain putih itu sendiri motif yang didapat lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk pemanfaatan yang lebih luas.

Gamis Kombinasi Batik

Gamis Kombinasi Batik

 

Motifnya juga bukan hanya berkisar pada hewan dan tumbuhan saja. Akan tetapi sekarang motif abstrak, motif candi, motif awan, motif wayang beber dan lain sebagainya, telah digunakan pada zaman itu, yaitu pada saat berdirinya Kerajaan Majapahit.

Model baju gamis batik merupakan salah satu jenis dari sekian banyak gaun yang populer dikalangan perempuan sampai sekarang terutama yang muslim. Jenis gaun yang dulunya hanya dikenakan oleh orang dewasa ini namun sekarang sudah menjadi salah satu busana yang sangat populer. Juga dikalangan remaja, jenis dan ciri khas gamis sangat mudah dikenali memang. Karena di desain lebar menutupi seluruh bagian tubuh dari mata kaki sampai dengan pundak. Di negara timur tengah sendiri dari asalnya jenis gamis ini biasa kita kenal dengan istilah chador dan burqa.

Perkembangan model gamis batik kombinasi polos di Indonesia sendiri tentu saja memiliki keunikan tersendiri pasalanya memang negara kita sangat terkenal dengan corak batiknya. Setelah itu, gamis juga menjadi gaun favorite wanita indonesia yang sangat menjaga penampilan tetap tertutup. Untuk memberikan sedikit warna yang berbeda maka keluarlah beberapa desain. Dari batik gamis ini yang lalu menjelma menjadi kostum pesta, kondangan hingga kerja dengan tambahan gaya hijab yang casual dan modern.

Desain motif gamis brokat yang tidak kalah populernya juga dari sisi pemilihan bahan kita ambil sampel. Dimana beberapa baju gamis dengan bahan katun dan brokat dengan kombinasi hijab yang pas dari sisi perpaduan. Warna juga sangat harus anda perhatikan karena akan mempengaruhi keselarasan dalam berpenampilan anda bisa lihat beberapa gaya yang ada dalam artikel ini.

Itulah ulasan mengenai gamis kombinasi batik yang dapat anda kenakan di acara acara.