Ide bisnis desain grafis – Menjadi seorang desainer grafis tidak berarti Anda harus membatasi diri hanya menjadi seorang desainer. Masih banyak usaha bisnis lain yang masih berhubungan dengan desain grafis. Di era kolaborasi bisnis ini, bisnis desain grafis bisa bergabung dengan perusahaan lain. Berikut adalah beberapa ide bisnis yang dapat dibuat oleh desainer grafis untuk menghasilkan keuntungan.

Membangun bisnis dari pengetahuan Anda sendiri tidaklah sulit. Misalnya, Anda memiliki pengalaman dalam desain grafis dan ingin mengubahnya menjadi sebuah bisnis. Apalagi saat ini jasa seorang desainer grafis banyak diminati oleh banyak kalangan, termasuk perusahaan.

 

Banyak juga yang mengatakan bahwa bisnis desain grafis tidak akan pernah mati dan mungkin akan terus bersinar di masa mendatang. Setiap hari, semakin banyak desainer grafis lepas menggunakan keterampilan mereka untuk menghasilkan uang.

berikut adalah contoh Ide bisnis desain grafis

Ide bisnis desain grafis

1. Model Penjualan Bisnis di Microstock

Situs microstock sudah ada sejak lama, situs pertama Getty Images didirikan pada tahun 1995 dan mengakuisisi Istockphoto (Wikipedia) pada tahun 2006. Hingga saat ini, situs microstock semakin banyak.

Situs microstock ini dapat digunakan sebagai platform tempat Anda dapat memperoleh uang dengan menjual desain yang Anda buat melalui skema bayar per unduhan dan bebas royalti. Ini bisa dijadikan ladang penghasilan pasif bagi para desainer grafis karena sekali rilis bisa dijual selamanya.

baca juga : definisi bisnis online

2. Bisnis program afiliasi

Ide bisnis selanjutnya yang bisa dimainkan oleh desainer grafis adalah mengembangkan kartun yang bisa ditayangkan di televisi. Tentu saja, jika Anda berhasil mengembangkan serial animasi untuk televisi, Anda akan menghasilkan uang darinya.

Selain berfokus pada serial animasi TV, Anda juga bisa menjual paperback cerita animasi tersebut di toko buku anak.

3. Buat desain situs web

Perusahaan desain web bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang berpengalaman di bidangnya untuk mendesain situs web secara profesional dan memiliki pengetahuan dasar tentang pengkodean HTML dan CSS.

Jika Anda seorang desainer grafis yang ingin meningkatkan keuntungan, Anda dapat memeriksa perusahaan ini.

4. Font untuk penjualan bisnis

Selanjutnya, ada ide bisnis yang berkembang di kalangan desainer grafis, yaitu menjual font. Karena setiap hari font baru lahir di tangan kreatif para desainer tipografi. Hasil font kemudian ditawarkan di website yang menawarkan jasa penjualan font.

Beberapa situs penjualan desainer font yang paling populer adalah Creative Market, The Hungryjpeg, Font Bundles dan masih banyak lagi.

5. Penjualan Jasa Desain

Desainer grafis juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual jasa desain online di website tertentu yang menawarkan kemampuan transaksi langsung atau live event seperti Fiverr, Freelancer, Upwork dan tentunya banyak lainnya.

Pilih situs online yang mudah jika Anda seorang pemula. Beberapa desainer grafis dapat menghasilkan hingga ribuan dolar sebulan. Mereka dapat menawarkan layanan desain logo dan ilustrasi untuk membuat desain web untuk situs web Ide bisnis desain grafis

6. Membuat program pelatihan desain grafis

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang desain grafis, Anda bisa membuka ide bisnis untuk program pelatihan desain grafis kepada orang lain yang tertarik belajar tentang dunia desain. Anda dapat menawarkan pelatihan pribadi atau pelatihan khusus kelas. Bisnis ini pasti bisa menghasilkan income dan kamu juga bisa tampil lebih keren karena bisa berbagi ilmu dengan orang lain.

7. Menjadi pengguna YouTube

Selain itu, Anda bisa melebarkan sayap melalui YouTube, media sosial penyedia layanan video terbesar di dunia. Beberapa desainer grafis mencoba menghasilkan keuntungan di platform ini.

Mereka biasanya berbagi tutorial dan informasi seputar evolusi dunia desain grafis. Anda dapat menggunakan Google Adsense dan pemirsa untuk mendapatkan hasil maksimal dari penghasilan YouTube Anda.

baca juga : kerja sampingan untuk mahasiswa

By Ahmad Fauzan Rifai

Sebagai penulis di poskan.com, saya sangat tertarik pada perkembangan teknologi, khususnya di ranah teknologi informasi. Saya senang belajar berbagai hal dan dengan penuh semangat berbagi berbagai wawasan tentang bisnis serta tips terkini kepada pembaca.