Mengenal Jenis Kopi Indonesia Terbaik yang Sudah Mendunia

jenis kopi indonesia

Dengan jumlah tinggi pasokan kopi tersebut, Indonesia, sebagai produsen jenis kopi keempat di dunia, banyak mengekspor kopi ke mancanegara.

Terdapat beberapa jenis kopi diproduksi dengan hasil terbaik dari ujung barat sampai timur Indonesia. Iklim berserta letak geografis Indonesia cocok untuk budidaya kopi.

Namun tidak asal pahit, masing-masing kopi memiliki rasa dan ciri khas yang berbeda. Nah, bagi kalian pencinta kopi, yuk cari tahu apa saja kopi khas Indonesia?

Jenis kopi indonesia

1. Kopi Aceh Gayo

jenis kopi indonesia

Kopi Aceh Gayo bertumbuh subur di daerah dataran tinggi Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, dan wilayah Gayo Lues.

Aceh menjadi salah 1 daerah terbesar yang menghasilkan biji kopi arabika sebanyak 40% dari total seluruh panen di Indonesia.

Salah satu kopi ciri khas dari Aceh yaitu kopi Ulee Kareng. Nama ini sendiri diambil dari suatu tempat di Banda Aceh yang terkenal akan kopinya. Ciri khasnya berwarna sangat pekat.

Biji kopi Aceh ini berasal dari hasil proses yang sangat panjang. Biji kopi dimasak dengan di oven selama -+ 4 jam penuh sampai mencapai kematangan 80 persen. Setelah itu, biji kopi ditambahkan gula serta mentega dengan takaran yang telah disesuaikan.

Berdasarkan review internasional kopi Gayo mempunyai rasa yang unik dibandingkan jenis kopi arabika yang lain. Di samping dikenal dengan rasanya yang unik, enak, dan tidak terlalu pahit, baunya pun sangat wangi. Kesempurnaan rasa dan aromanya itulah yang membuat kopi Gayo menjadi salah satu kopi terbaik dan termahal di dunia.

2. Kopi Toraja, jenis kopi indonesia

jenis kopi indonesia

Pada abad ke-18, komoditas kopi menjadi suatu hal yang penting bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Menikmati kopi tidak memandang kelas sosial, siapa pun berhak meminum dan menikmati kopi khas Sulawesi Selatan tersebut.

Sesuai dengan namanya, Toraja merupakan nama sebuah tempat menanamnya kopi ini yang berada di Sulawesi Selatan. Proses pengolahan kopi ini menggunakan metode giling basah.

Aroma yang khas membuat kopi Toraja terkenal di dalam negeri sampai mancanegara, bahkan sudah banyak tersebar di Jepang dan Amerika. Hebatnya, saat ini kopi Toraja dianggap sebagai minuman premium, bahkan sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang bernama Key Coffee sejak 2005.

Dianggap sebagai salah 1 jenis kopi terbaik, kopi Toraja mempunyai 2 varian, yaitu Toraja Arabika dan Toraja Robusta. Keduanya mempunyai rasa dan kualitas kopi yang khas Indonesia sekali, seperti kayu manis atau kapulaga. Rasanya ini tidak terlalu kuat dan aftertaste-nya pun terasa lembut dan halus di langit-langit mulut.

3. Kopi Papua Wamena

jenis kopi indonesia

Kopi yang ditanam di Lembah Baliem pegunungan Jayawijaya Wamena itu berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Suhu udara di Wamena berkisar antara 15- 20 derajat celcius yang menjadikannya dengan wilayah penanaman kopi yang sangat ideal.

Kampung Tagulik Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya adalah salah satu nama daerah yang didominasi oleh petani kopi. Istimewanya, kopi ini ditanam menggunakan alat tradisional.

Selain itu, tanahnya yang sangat subur membuat penanamannya tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Ini akan menjadikan kopi Wamena sebagai kopi organik sehingga baik untuk kesehatan. Aromanya pun unik seperti memiliki sensasi floral yang dimungkinkan karena penanaman tanpa bahan kimia apa pun.

Kopi Wamena memiliki aroma yang khas dan bertekstur lembut. Rasa dari kopi Wamena itu sendiri lembut dan tingkat keasaman yang sangat sedang.

 

semoga artikel ini bisa membantu anda. Demikian dari saya bila ada salah kata mohon di maafkan, Sekian dan Terimakasih.