Jenis Plastik Beserta Penjelasannya

Jenis plastik beserta penjelasannya tentu beragam jenisnya tentu saja tidak semuanya aman bagi kesehatan kita, penggunaan plastik kemasan dalam kehidupan sehari – hari sebagai wadah makanan atau pun bungkus minuman tentu sudah tak asing lagi terdengar ditelinga kita.

Namun tidak semua jenis plastik bisa digunakan sebagai kemasan untuk makanan atau pun minuman. Berikut adalah beberapa jenis plastik beserta penjelasannya.

Berikut adalah beberapa jenis plastik :

Polyethylene terephthalate

Polyethylene terephthalate atau bisa disingkat dengan (PET atau PETE). Merupakan bahan plastik yang bisa dipakai untuk kemasan minuman plastik, minyak goreng, dan banyak contoh lainnya.

Yang pada umumnya plastik ini berbentuk tembus pandang atau bening. PET dianjurkan hanya menggunakannya satu kali pakai saja. Apabila plastik jenis ini digunakan berulang kali untuk menyimpan suatu makanan atau pun minuman.

Terutama untuk mengemas air panas maka lapisan polimer pada plastik akan menjadi meleleh, dan akan mengeluarkan zat yang bernama karsinogen. Zat karsinogen ini berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kanker.

High density poluethylene (HDPE)

Bahan plastik yang berjenis High density poluethylene (HDPE) memiliki sifat keras pada bahannya. Dan plastik jenis ini merupakan plastik yang aman dalam penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Plastik jenis ini mempunyai kelebihan, yaitu untuk mencegah reaksi kimia minuman ataupun makan dengan plastik yang digunakan sebagai tempatnya.

Penggunaan plastik jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan botol susu ataupun botol air mineral.

Namun dalam pemakainnya plastik jenis ini dianjurkan untuk dipakai hanya dalam satu kali pemakaian saja, dikarenakan pelepasan senyawa antimony trioksida yang semakin meningkat kandungannya seiring dengan berjalannya waktu pemakaiannya.

Polyvinyl chloride ( PVC atau V) PVC

Plastik jenis ini pada umumnya digunakan untuk bahan dalam pembuatan botol detergen, botol shampo, botol sabun, pipa saluran air, dan banyak contoh yang lain.

Bahan plastik jenis ini tidak diperbolehkan sebagai wadah makanan ataupun wadah minuman. Karena plastik jenis Polyvinyl chloride ( PVC atau V) PVC ini mengandung zat yang bernama Diethylhydroxylamine yang dapat mengakibatkan rusaknya ginjal dan hati.

Low density polyethylene (LDPE)

Plastik ini pada umumnya digunakan sebagai plastik kemasan, kantong belanja, botol-botol lembek dan sebagai pembungkus makanan segar. Jenis plastik yang seperti ini mempunyai daya resistensi atau mempunyai sistem perlindungan yang baik terhadap sebuah reaksi kimia.

Nah dikarenakan hal yang demikian, plastik jenis ini biasa digunakan sebagai bungkus minuman ataupun bungkus makanan.

Polypropylene (PP)

Jenis plastik yang seperti ini pada umunya digunakan dalam proses pembuatan botol minuman dan kotak makanan, atau sebagai wadah makan dan minum yang lainnya. Bahan plastik jenis ini merupakan jenis bahan yang terbaik yang digunakan sebagai kemasan minuman dan makanan.

Dikarenakan mampu mencegah terjadinya sebuah reaksi kimia yang dihasilkan oleh makanan atau pun minuman dengan kemasan plastik tersebut. Dan plastik jenis ini plastik yang tahan akan panas.

Polystyrene (PS)

Plastik jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan Styrofoam, piring, garpu, dan sendok plastik. Plastik jenis ini sangatlah dilarang sebagai pembungkus makan.

Other

Jenis plastik other ini terbagi menjadi 4, Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) Polycarbonate (PC), Styrene acrylonitrile (SAN), Nylon Plastik jenis SAN dan ABS.

Demikian artikel tentang jenis plastik,sebelum kita menggunakan plastik alangkah baiknya kita mengetahui mana plastik yang bisa digunakan untuk mengemas makanan dan mana yang tidak diberbolehkan, semoga bermanfaat.

Lebih baik lagi jika mendaur ulang sampah plastik menggunakan mesin pencacah plastik