jus wortel untuk mata

Sudah banyak yang tahu mengenai khasiat jus wortel untuk mata. Bahkan sejak dulu pun sudah sangat familiar bahwa wortel memiliki banyak khasiat untuk mata. Mengonsumsi wortel secara rutin dianggap bisa mengatasi beberapa kasus pada gangguan kesehatan mata.

Rasa manis alami yang dihasilkan dari wortel membuat sayuran ini sangat lezat untuk diolah. Seperti dibuat menjadi jus contohnya. Anda bisa mencampurkan bahan-bahan alami lainnya untuk menambah cita rasa pada jus wortel.

Jadi, selain mengonsumsi wortel secara langsung atau dijadikan olahan masakan, Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara menjadikan minuman yang lezat dan menyegarkan. Biasanya banyak kedai jus buah yang menjual jus wortel.

Ada yang dikemas dengan botol, ada juga yang dikemas menggunakan cup dan ditutup dengan mesin cup sealer.

Baca juga : Cara Jualan Jus Buah Berikut Mudah Dilakukan Oleh Pemula!

 

Kandungan dan Manfaat serta Resep Jus Wortel Untuk Mata

jus wortel untuk mata

Berikut ini penjelasan mengenai kandungan dan manfaat jus wortel serta resep jus wortel yang enak dan lezat untuk dikonsumsi.

A. Kandungan dan Manfaat Jus Wortel Untuk Mata dan Tubuh

jus wortel

Ada banyak kandungan dan beragam manfaat yang bisa kita dapat dari mengonsumsi jus wortel setiap harinya. Tidak hanya untuk kesehatan mata, namun untuk kesehatan bagian tubuh lainnya. Berikut diantaranya:

1. Mengandung Vitamin A

Wortel adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, manfaat wortel untuk mata minus yaitu dapat meningkatkan penglihatan yang baik dan penting untuk perkembangan, pertumbuhan, serta fungsi kekebalan tubuh.

Kadar kandungan air dalam wortel berkisar antara 86 – 95%, dan porsi yang dapat dimakan terdiri sekitar 10% karbohidrat. Selain itu, wortel mengandung sangat sedikit lemak dan protein yang membuat wortel bagus untuk menjaga kekebalan tubuh.

2. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mata

Wortel terkenal kaya akan kandungan vitamin A di mana kandungan ini dipercaya sangat mempengaruhi kondisi kesehatan mata kita. Oleh karena itu, wortel sering diandalkan dalam pemulihan penderita rabun senja atau buta malam.

Selain itu, wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Membiasakan mengonsumsi wortel sejak dini juga bisa menjadi langkah awal dalam mencegah rabun senja atau buta malam serta membantu mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia.

3. Mencegah Katarak

Manfaat wortel untuk mata yang terkena penyakit katarak yaitu kandungan senyawa lutein yang ada pada wortel dapat mencegah penyakit mata katarak. Lutein akan melindungi mata kita pada malam hari dan melindungi mata dari degenerasi makula.

Wortel juga kaya akan beta-karoten, pigmen karotenid yang berfungsi sebagai prekursor penting dalam vitamin A. Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama kebutaan pada anak-anak, menurut National Institutes of Health.

Oleh karena itu, mengonsumsi wortel dapat memberikan sedikit pemulihan untuk kesehatan mata kita.

4. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat wortel untuk mata yang selanjutnya yaitu wortel diyakini terbukti dapat menurunkan kolesterol pada tubuh untuk meningkatkan penglihatan. Wortel kaya akan beta-karoten yang digunakan tubuh kita untuk memproduksi vitamin A.

Vitamin A membantu mata dalam mengubah cahaya menjadi sinyal yang dikirim ke otak, memungkinkan untuk kemampuan melihat yang lebih baik dalam posisi cahaya yang redup.

5. Memiliki Kandungan Vitamin C

Antioksidan lainnya yang dimiliki oleh wortel yaitu vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada proses produksi kolagen. Kolagen merupakan komponen kunci jaringan ikat yang penting untuk proses penyembuhan luka serta menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa ahli meyakini bahwa manfaat dari kandungan vitamin C pada wortel untuk mata yaitu dapat meningkatkan fungsi dari sistem penglihatan serta kekebalan tubuh saat sedang mengalami stres.

Mengonsumsi vitamin C pada saat sakit juga bisa membantu tubuh menjadi terasa lebih baik, sehingga manfaatnya tidak hanya untuk mata namun juga untuk bagian tubuh kita yang lainnya.

6. Membantu Program Diet

Sudah dari lama, wortel sering dijadikan bahan menu program diet. Wortel bisa menciptakan rasa kenyang lebih lama disertai dengan kalori yang rendah. Hal itu membuat banyak orang yang mengonsumsi akan mampu mengontrol rasa lapar.

B. Resep Jus Wortel

jus wortel

Terdapat dua pilihan resep menu jus wortel yang sehat dengan campuran bahan alami lain yang menambah cita rasa dari jus wortel, antara lain:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat segelas ‘Jus Wortel Jeruk’:

  • 2 buah wortel dengan kualitas yang baik
  • 1 buah jeruk sunkist
  • 1 sdm perasan lemon
  • 2 sdm madu asli
  • Es batu secukupnya

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat segelas ‘Jus Wortel Tomat’:

  • 2 buah wortel dengan kualitas yang baik
  • 3 buah tomat segar
  • 1 sdm perasan lemon
  • 150 ml susu UHT low fat
  • Es batu secukupnya

Buah-buahan di atas seperti wortel, jeruk sunkist, dan tomat bisa dipotong-potong menjadi beberapa bagian agar mempermudah ketika dihancurkan dengan blender.

Cara Membuat Jus Wortel dengan Bahan di Atas:

  1. Siapkan blender. Bisa juga Anda menggunakan juicer bila Anda ingin mendapatkan sari wortel dan buah lainnya dengan lebih maksimal. Namun, lebih mudah menggunakan blender jika ada campuran lain selain wortel.
  2. Masukan semua bahan yang sudah disiapkan, sesuaikan dengan resep jus wortel yang Anda pilih. Anda bisa menambahkan es batu jika Anda ingin jus buah terasa lebih segar.
  3. Hindari proses menghancurkan buah dengan blender dalam waktu yang lama agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Cukup blender sampai semuanya tercampur rata.
  4. Sajikan selagi jus masih segar. Konsumsi rutin setiap harinya agar mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh.
  5. Bisa juga Anda mendapatkan sari wortel dengan cara memarut halus wortel lalu diperas sehingga menghasilkan air dari sari wortel.

Kedua resep jus berbahan dasar wortel tersebut bisa menjadi referensi Anda dalam menyajikan jus wortel dengan cita rasa yang lebih segar dan lezat. Cara membuat jus wortel di atas sangat mudah dan praktis. Semoga Anda bisa mengikuti resep tersebut.