Keuntungan Online Marketing, Disadari atau tidak, perkembangan sistem informasi dan komunikasi telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam profesi tertentu, perkembangan sistem informasi ini juga sangat mempengaruhi gaya hidup berbagai kalangan masyarakat.

Di era digital ini, Anda mungkin sudah tahu apa itu internet marketing, bukan?

Keuntungan Marketing Online

Pada dasarnya, istilah pemasaran online mengacu pada semua upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau bisnis untuk menjangkau pelanggan melalui internet. Selain pelanggan, pemasaran online merupakan strategi yang tujuannya juga untuk menyampaikan pesan kepada konsumen terkait produk atau jasa yang ditawarkan.

Keuntungan Online Marketing

Keuntungan Marketing Online

Beberapa strategi pemasaran online yang digunakan oleh berbagai perusahaan menunjukkan bahwa ia memiliki banyak keunggulan dibandingkan pemasaran offline. Berikut adalah beberapa keuntungan  online marketing:

1. Akses luas

Anda bisa melakukan pemasaran produk dimanapun di dunia tanpa harus repot booking tiket pesawat dan langsung ke lokasi. Kalau bisa keliling dunia, bagaimana dengan wilayah Indonesia?

Karena itu, pemasaran internet adalah salah satu strategi paling populer bagi pengusaha. Ya, karena Anda dapat mengakses pasar di mana saja tanpa khawatir akses.

2. Mendapatkan Feedback Instan

Pemasaran Internet adalah strategi yang memungkinkan Anda mendapatkan umpan balik instan dari pelanggan. Pelanggan dapat memberi tahu Anda tentang pengalaman mereka setelah menggunakan produk Anda dan Anda dapat mengetahui apakah layanan perlu ditingkatkan atau tidak.

Cukup gunakan Google Bisnisku, review bisnis Anda di Google. Jika Anda mendapatkan banyak ulasan positif, otomatis banyak orang yang akan yakin dan tertarik untuk mencoba produk yang Anda tawarkan!

3. Biaya rendah

Dibandingkan dengan media pemasaran lainnya, mengiklankan produk di Internet juga jauh lebih murah. Hal ini memudahkan perusahaan kecil dan menengah untuk mempresentasikan produknya. Anda dapat melakukan pemasaran internet tanpa mengeluarkan uang sepeser pun!

Oleh karena itu, content marketing merupakan profesi yang mengelola media sosial untuk melakukan transaksi.

4. Terhubung tanpa batas waktu

Sebelum strategi pemasaran ini, menjaga hubungan antara konsumen dan produsen membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Memaksimalkan media online menawarkan peluang bagi perusahaan untuk mengoptimalkan layanan bagi konsumen.

5. Commissioning dalam waktu singkat

Keunggulan internet marketing selanjutnya adalah dapat menjalankan fungsi operasional dalam waktu singkat. Dengan bantuan koneksi internet, Anda dapat mengurus semua kebutuhan fungsional dengan cepat dan dalam waktu singkat.

6. Iklan Digital

Menentukan konten iklan memang tidak mudah, sama halnya dengan menentukan tujuan iklan yang tepat. Namun, pemasaran internet memungkinkan Anda untuk bersantai dalam hal perencanaan.

Iklan digital dikenal dengan akurasi dan segmentasi pasarnya karena memudahkan Anda menentukan target pelanggan potensial. Dan yang aman adalah meminimalisir kemungkinan adanya iklan yang tidak berguna karena tidak tepat sasaran. Iklan digital juga memiliki rentang harga yang lebih murah dibandingkan dengan iklan tradisional seperti billboard atau papan reklame.

7. Tersedia 24 jam

Pemasaran internet adalah strategi yang memungkinkan bisnis Anda dapat diakses 24 jam sehari. Ini pasti dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.

8. Dapat menghemat banyak waktu

Pemasaran internet juga dapat menghemat waktu penulis. Pelanggan potensial bisa mendapatkan semua informasi tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan melalui internet.

Ini berlaku untuk penjual dan pembeli. Pembeli dapat mengakses informasi kapan saja, di mana saja, sedangkan penjual juga dapat bekerja kapan saja, di mana saja. Sangat efektif, bukan?

9. Dapat terus berkomunikasi dengan pelanggan

Dengan bantuan Internet, Anda selalu dapat tetap berhubungan dengan pembeli secara real time. Jika Anda menerapkan sistem diskon, Anda dapat dengan mudah mengirim email ke pembeli, dan mereka dapat mengirim banyak pesan sekaligus. Anda juga dapat mengirimkan katalog produk ke semua pelanggan.

 

By Siti Barokatun Nafiah

Saya, sebagai penulis di poskan.com, memiliki ketertarikan mendalam terhadap perkembangan teknologi, khususnya dalam ranah teknologi informasi. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan dengan senang hati berbagi wawasan tentang berbagai aspek bisnis serta tips terkini kepada para pembaca.