Kopi terbaik di Indonesia yang Mendunia yang Perlu Anda Ketahui

kopi terbaik

Kopi Terbaik-Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang populer di seluruh dunia. Di Indonesia, penikmat kopi semakin hari semakin meningkat.

Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan kedai kopi yang membuka pintunya di berbagai kota dan daerah. Padahal, belakangan ini sudah populer minuman kopi gula aren yang banyak dinikmati anak muda saat ini.

Indonesia sendiri termasuk sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia. Bahkan berdasarkan data Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), pada 2017-2018 Indonesia tercatat sebagai penghasil biji kopi terbesar keempat setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

Iklim tropis memberikan keunggulan tersendiri bagi negara Indonesia dalam hal produksi kopi. Hal ini dikarenakan tanaman kopi sangat cocok untuk dibudidayakan di daerah beriklim tropis khususnya di daerah tropis sebelah utara dan selatan khatulistiwa (23 ° LU dan 23 ° LS).

Produksi kopi di Indonesia tersebar di berbagai daerah, dari Sabang hingga Merauke. Kopi yang dihasilkan di daerah ini memiliki cita rasa yang khas yang membedakan masing-masing daerah penghasil. Banyak jenis kopi yang dihasilkan petani Indonesia sudah terkenal di dunia.

Merangkum beberapa sumber, berikut beberapa kopi terbaik dari Indonesia yang ditemukan di seluruh dunia.

1.Kopi Arabika Aceh Gayo

Aceh merupakan salah satu penghasil biji kopi terbaik di Indonesia, dan itu adalah Kopi Gayo. Disebut kopi Gayo, karena kopi ini tumbuh di Dataran Tinggi Gayo yang memiliki ketinggian 1200-1700 mil.

Kopi berbahan dasar Aceh ini memiliki tekstur yang encer dan tidak terlalu kental dengan sisa rasa pahit yang sesuai. Jenis kopi ini sangat cocok untuk pecinta kopi yang tidak suka kopi asam.

Kopi Gayo disajikan dengan cara tradisional yang menarik. Jika kopi jenis lain dibuat dengan cara fermentasi, maka kopi jenis ini direbus dalam panci hingga mendidih, lalu disajikan dalam cangkir yang diisi gula dan susu.

2.Kopi Arabika Kintamani

Seperti namanya, Kopi Arabika Kintamani berasal dari daerah Bali. Kopi ini memiliki cita rasa yang unik yaitu rasa asam dan segar dari buah-buahan dan menjadi ciri khasnya.

Kintamani Arabica adalah kopi kental sedang dengan rasa yang ringan dan lembut. Jepang, Arab dan Eropa saat ini menjadi tujuan ekspor utama kopi dari Bali.

3.Bin Arabika Toraja

Kopi Toraja merupakan salah satu jenis kopi yang terkenal di masyarakat dunia. Jepang dan Amerika merupakan dua negara yang menjadi konsumen utama ekspor kopi Toraja.

Ciri khas kopi Toraja adalah rasa pahitnya tidak terasa sampai Anda menyesap kopinya dan akan hilang setelah itu tanpa meninggalkan jejak rasanya. Kopi yang tumbuh di wilayah Sulawesi ini memiliki tekstur bersahaja, bersahaja atau berkayu dan memiliki rasa yang asam.

4.Kopi Arabika Jawa dari Asian Raung

Kopi arabika Aegean Raung Java tidak lain adalah kopi yang diproduksi oleh para petani di Jawa Timur. Kopi jenis ini memiliki khasiat yang unik yaitu rasa yang sedikit pedas dengan aroma bunga hutan.

Awalnya, kopi model kawasan Bondowoso pertama kali diekspor pada 2011, hanya satu kontainer. Namun seiring perkembangan zaman, jumlah pecinta kopi pedas sedikit meningkat. Bahkan pada 2016, Indonesia mengekspor 43 kontainer atau setara dengan lebih dari 800 ton biji kopi.

5.Kopi Liberika Rangsang Meranti

Kopi Liberika Rangsang Meranti adalah salah satu jenis kopi yang bersumber dari kota Riau. Jenis kopi ini sangat populer di Malaysia dan Singapura. Padahal, kedua negara ini merupakan pelanggan ekspor utama kopi jenis ini.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian Negara Riau, kopi ini telah lulus sertifikasi Indeks Grafik (GI). Kopi Liberika Rangsang Meranti telah dinyatakan sebagai salah satu produk pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional Republik Indonesia.

Untuk menghasilkan kopi yang enak tentunya membutuhkan proses yang baik juga dan pengolahan yang benar. Seperti menggunakan mesin roasting kopi yang bisa anda dapatkan di grosirmesin.