Macam Macam Beras Merah Di Indonesia

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang macam macam beras merah di Indonesia. Pasti kalian udah gak sabar untuk membahas beras ini.

Berikut Macam Macam Beras Merah Yang Ada Di Indonesia

Macam Macam Beras Merah

Beras adalah bagian bulir padi yang sudah dipisah dari kulitnya. Beras harganya gak terlalu mahal ini jenis beras dan harganya Beras merah Aek Sibundong memiliki indeks glikemik sedang dan bila dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat menghasilkan efek yang baik karena mempunyai kandungan pigmen antosianin.

Pigmen antosianin bisa mencegah komplikasi makanan diabetes dengan cara tidak kolagen abnormal bagi pembuluh darah akibat ikatan gula pada darah dengan protein.

melaporkan pula bahwa kebanyakan memakan antosianin dapat meningkatkan produksi insulin hingga 50%. Antosianin bekerja mengunakan menetralkan enzim yang bisa mendapatkan jaringan kolagen, sifat antioksidannya memberi jaringan kolagen dari radikal bebas serta bisa memperbaiki protein yang rusak dinding lambung.

Macam Macam Manfaat Beras Merah

Selain itu, beras merah varietas Aek Sibundong memiliki serat pangan yang tidak larut dan cukup tinggi. Serat pangan tidak larut bisa mendapatkan mencegah timbulnya berbagai penyakit yang sesama dan saluran pencernaan, antara lain wasir, divertikulosis, dan kanker usus besar.

Beberapa beras unggul padi rakitan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi mendapatkan indeks glikemik rendah hingga sedang. Dengan berbagai kegunakannya, varietas padi tersebut penting artinya bagi orang yang kena diabetes untuk menjalankan dietnya.

Selain diet yang juga tepat dengan tetap menjaga pelengkap nasi yang memiliki sifat hipoglikemik rendah, konsumsi obat, pola hidup sehat, dan olah raga yang sangat teratur.

Beras merah Aek Sibundong mempunyai indeks glikemik sedang dan bila dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat mengasih efek yang baik karena adanya kandungan pigmen antosianin yang melapisi endosperm beras merah.

Pigmen antosianin juga dapat mencegah komplikasi diabetes dengan cara mengurangi kolagen abnormal pada pembuluh darah akibat ikatan gula dalam darah dengan protein, mencegah kerusakan sistem limfa, mencegah proliferasi protein abnormal yang dapat menimbulkan penyakit kebutaan, menambahkan adipocytokine gene expression.

Antosianin bekerja bisa dengan cara menjadi enzim yang dapat mengperkecil jaringan kolagen, sifat antioksidannya bisa untuk mendapatakan jaringan kolagen dari radikal bebas serta memperbanyak protein yang rusak pada dinding pembuluh darah ini.

Bahaya Beras Merah Berlebihan

 

1. Terdapat Jamur Aspergillus Section Flavi

Macam Macam Beras Merah

 

Aspergillus section flavi adalah jenis jamur yang sangat berbahaya di bagian jamur dan bakteri yang tumbuh pada beras merah. Jamur ini juga dikenal sebagai aflatoksin, yang bisa menjadikan kanker jika dimakan.

Bahayanya, jamur ini bisa bertumbuh pada nasi yang sudah dimasak dan yang tidak dimasak, maka penting sekali bagi kita untuk mendapatkan nasi dengan benar dan harus mengonsumsinya sesegera mungkin setelah dimasak agar meminimalisir risiko mengonsumsi aflatoksin.

Meskipun, sebenarnya risiko keracunan aflatoksin relatif rendah. Tapi, tidak ada salahnya jika mencegahnya mengguanakan penyajian yang tepat.

2. Mengandung Arsenik

Macam Macam Beras Merah

 

Bahaya beras merah berikutnya adalah kandungan arseniknya. Selain efek memperusak pada lingkungan, arsenik juga dapat menimbulkan kerusakan jaringan, kegagalan organ bisa menjadi kematian pada manusia.

Sementara ini berlaku untuk macam macam jenis beras, tapi dalam laporan tersebut menjadi beras merah, terutama yang diproduksi di AS, sebagai jenis beras yang mempunyai konsentrasi arsenik tertinggi.

Makan makanan yang seimbang dan membatasi asupan beras, maka konsumsi arsenik dalam jangka yang panjang dapat dihindari.

itulah penjelasan tentang macam macam beras merah yang ada di indonesia.