Macam Macam Jenis Tali Yang Bisa Sering Kita Jumpai

Assalamualaikum teman teman, kembali lagi disini, kali ini kita akan membahas mengenai Macam Macam Jenis Tali, kita tau bahwa jenis tali sangat bervariasi dan bisa kita temukan dimana mana. Yuk simak penjelasan berikut.

Pengertian Tali

Pengertian Tali

Tali adalah suatu benda yang terbuat dari untaian panjang yang terbuat dari berbagai bahan seperti sabut kelapa, ijuk, plastik, dll. Ada yang dipintal, ada yang tidak. Selain Dibuat tali, sabut kelapa juga bisa dibuat prakarya atau kerajinan, contoh prakarya dari sabut kelapa yaitu keset. Tujuannya untuk mengikat, menarik, lain sebagainya.

Sejarah Tali

Sejarah Tali

 

Pembuatan tali dimulai dengan penggunaan akar dan ijuk tanaman oleh manusia sebagai bahan pembuat tali. Seiring berjalannya waktu, manusia mulai mengembangkan tali sederhana ini dengan menggunakan beberapa helai serat pilihan yang disortir dan dirangkai menjadi satu tali.

Sekitar 28.000 tahun yang lalu diperkirakan manusia telah mengenal teknologi pembuatan tali. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya untaian tanah liat yang terbakar di benua Eropa. Tali tertua yang ditemukan di salah satu gua di Lascaux, Prancis, adalah tali fosil dengan diameter 7 milimeter.

Semakin Modern teknologi maka semakin modern juga cara membuat tali, yaitu menggunakan mesin yang canggih contohnya mesin pemintal tali sabut kelapa.

Macam Macam Jenis Tali

Macam Macam Jenis Tali

Jenis dan Macam Tali sangat banyak dan beragam. Berdasarkan material pembuatnya tali sendiri terbagi menjadi dua, Yuk ikuti penjelasan sebagai berikut.

Jenis Tali Yang Terbuat Dari Tumbuhan Dan Hewan

Tali ini terbuat dari serat tumbuhan alami yang bisa Anda temukan di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Contoh: tali yang terbuat dari tali manila, serat ganja, tali rami, dan lain lain.

Jenis tali dari bahan hewan yang terbuat dari bulu hewan yang diikat menjadi tali atau dari hasil produksi hewan tersebut. Tali jenis ini biasanya digunakan untuk hiasan, misalnya jenis tas dan juga untuk membuat pakaian, karena tali jenis ini bahkan tidak memiliki kekuatan tarik atau angkat.

Contoh jenis tali yang terbuat dari bulu hewan dan cara pembuatannya adalah: tali bulu ayam, benang wool, tali sutra, dll.

 Tali Dari Serat Sintetis

Jenis tali ini merupakan jenis tali fiber sintetik, atau bisa disebut juga serat kimia. Tali yang terbuat dari serat sintetis memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tali hewan dan tumbuhan lainnya.

Beberapa contoh serat sintetis buatan adalah sebagai berikut:

1. Tali Polypropylene

Tali ini memiliki kekuatan yang besar dan oleh karena itu sangat cocok untuk aplikasi menarik dan mengangkat. Juga cocok digunakan di dalam air karena tahan air sehingga tidak terjadi pembusukan pada tali.

2. Tali Nilon

Tali ini memiliki sifat kekuatan yang sangat kuat dan bahkan melebihi pita polypropylene. Oleh karena itu, sangat cocok untuk aplikasi menarik dan mengangkat dengan beban yang lebih berat.

3. Tali Poliester

Tali poliester ini dianggap cocok untuk keperluan rumah tangga, menarik, bel, dermaga, pemblokiran.

4. Tali Polietilen

Tali jenis ini mempunyai sifat lebih fleksibel (tidak kaku), memiliki nilai beban putus yang lebih rendah, tahan terhadap sinar matahari, tahan terhadap bahan kimia dan lebih ringan karena lebih kecil. Jenis tali polietilen ini banyak digunakan dalam pengikatan, pengemasan, jaring, dan aplikasi olahraga, dll.

Tali bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kita, karena jenis tali itu banyak dan bervariasi serta mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Demikian Penjelasan mengenai Macam Macam Jenis Tali, semoga bermanfaat terima kasih.